13 Tips Menghemat Listrik Merek AC Terbaik Agar Tagihan Tidak Membengkak

13 Tips Menghemat Listrik Merek AC Terbaik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Tips Menghemat Listrik Merek AC Terbaik Agar Tagihan Tidak Membengkak-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik menjadi penyelamat untuk menjaga suhu di dalam rumah kamu tetap nyaman dari panasnya cuaca di luar rumah.

Tetapi, penggunaan merek AC terbaik yang berlebihan dapat membuat tagihan listrik jadi membengkak. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat listrik AC agar tagihan listrik di rumah kamu tidak membengkak.

Berikut 13 tips menghemat listrik merek AC terbaik agar tagihan tidak membengkak :

1. Gunakan AC Inverter

Merek AC terbaik inverter lebih efisien energi dibandingkan AC biasa. Meski menghasilkan dingin yang sama, konsumsi daya listrik pada AC inverter lebih rendah. Hal ini karena AC inverter dapat mengatur daya yang digunakan sesuai suhu yang diinginkan. Sehingga unit AC tidak perlu bekerja di kapasitas yang penuh sepanjang waktu.

2. Pilih PK AC yang Rendah

AC dengan PK terlalu besar untuk ruangan kecil akan membuat pemborosan energi. Karena semakin besar PK AC, makin besar juga kemampuannya dalam mendinginkan ruangan, dan makin besar juga konsumsi listriknya. Sebaliknya pilih PK AC yang sesuai kebutuhan. Jika ruangannya kecil seperti kamar tidur, pilihlah AC dengan PK yang rendah.

3. Jangan Buka Tutup Ruangan

Ketika pintu dan jendela rumah terbuka, udara dingin bisa keluar ruangan dan udara panas dari luar akan masuk serta akan membuat AC harus kerja lagi untuk menjaga suhu ruangan supaya tetap stabil.

Padahal, ketika AC bekerja dengan keras, konsumsi daya listriknya akan meningkat. Tutup pintu dan jendela yang rapat ketika AC sedang bekerja supaya suhu di ruangan tetap stabil dan hemat listrik.

4. Tunggu Sebentar Sebelum Menyalakan AC kembali

Jika kamu baru mematikan AC, tunggu beberapa menit sebelum menyalakan AC lagi. Karena AC perlu waktu untuk berhenti dahulu sepenuhnya dan baru memulai kembali. Suhu di ruangan juga masih tetap dingin beberapa menit setelah AC dimatikan. Dengan memberi jeda waktu untuk AC, kamu dapat menghindari pemakaian daya yang berlebihan saat AC dinyalakan lagi.

BACA JUGA : 9 Tips Merawat Merek AC Terbaik Lebih Awet, Simak Selengkapnya Disini

5. Pastikan Ruangan Bersih

Selain untuk mendinginkan ruangan, AC juga memiliki filter udara. Apabila ruangan kotor dan banyak debu, AC akan bekerja dengan lebih keras yang membuat konsumsi energi listrik lebih banyak. Dengan demikian, kamu harus rutin membersihkan ruangan supaya bebas dari debu dan kotoran.

6. Tutup Gorden ketika AC Menyala

Memakai gorden jendela saat merek AC terbaik menyala dapat membantu mengurangi hawa panas masuk ke dalam ruangan. Karena gorden cukup efektif untuk memblokir panas matahari. Menutup gorden membuat AC tidak harus bekerja terlalu keras untuk menjaga suhu di ruangan kamu supaya tetap segar.

7. Matikan AC Jika akan Ditinggal Lama

Jika kamu akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, matikan AC. Karena jika AC dibiarkan menyala hanya akan menghabiskan energi listrik dengan percuma.

8. Gunakan Mode Sleep saat Malam Hari

Gunakan mode sleep di malam hari saat tidur untuk menghemat energi listrik. Sehingga AC akan bekerja lebih efisien saat kamu sedang tidur.

9. Bersihkan dan Servis AC dengan Teratur

AC yang kotor dan tersumbat debu akan bekerja lebih keras dalam mencapai suhu yang diinginkan. Jadi kamu perlu membersihkan dan melakukan servis AC secara berkala. Ganti filter AC sesuai petunjuk pabrikan supaya aliran udaranya bisa lancar.

10. Gunakan Timer AC agar Mati Otomatis

Kamu dapat mengatur timer AC agar mati otomatis setelah beberapa jam. sehingga menghindari penggunaan AC yang berlebihan, apalagi bila kamu sering lupa mematikan AC.

11. Gunakan Blower AC

Blower merupakan bagian dari AC yang bertugas mengatur sirkulasi udara di dalam ruangan. Fungsinya hampir sama seperti kipas angin. Suhu AC hemat listrik berkisar 24-26 derajat Celsius, namun beberapa orang merasa suhu tersebut masih panas. Solusinya tanpa menurunkan suhu AC, coba untuk menaikkan kecepatan blowernya.

BACA JUGA : 10 Tips Menyimpan Sayur Dalam Merek Kulkas Terbaik Yang Tepat Agar Tahan Lama

12. Hindari menggunakan Mode Powerful

Hindari penggunaan mode powerful kecuali ketika sangat diperlukan. biasanya mode ini dipakai untuk mengatur suhu yang sangat rendah dengan penggunaan daya maksimum. Sehingga, AC dipaksa bekerja lebih keras dan membutuhkan konsumsi energi listrik yang lebih banyak. Sebaliknya, kamu gunakan mode biasa atau low energy supaya tagihan listrik kamu tidak membengkak.

13. Beli AC yang memiliki Sensor Gerak

Merek AC terbaik yang dilengkapi sensor gerak akan mendeteksi adanya orang di dalam ruangan dan mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan. Sehingga, konsumsi energi listrik AC lebih hemat tanpa harus melakukan pengaturan suhu dengan manual.

Itulah beberapa tips menghemat listrik merek AC terbaik agar tagihan tidak membengkak. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: