10 Tips Menyimpan Sayur Dalam Merek Kulkas Terbaik Yang Tepat Agar Tahan Lama

10 Tips Menyimpan Sayur Dalam Merek Kulkas Terbaik Yang Tepat Agar Tahan Lama

Tips Menyimpan Sayur Di Merek Kulkas Terbaik Yang Tepat Agar Tahan Lama-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Sayur yang tersimpan dalam merek kulkas terbaik merupakan bahan pangan nabati yang selalu ada di rumah. Kandungan gizi yang ada pada sayur menjadikannya kebutuhan pokok untuk dikonsumsi setiap harinya. Sayur terkenal dengan kadar airnya yang tinggi.

Bahan pangan tersebut dapat dikonsumsi setelah dimasak dan diolah dengan teknik tertentu, ataupun dalam keadaan segar. Banyak orang menyimpan sayur di dalam merek kulkas terbaik dengan harapan agar sayur bisa bertahan lama.

Namun, menyimpan sayur dalam merek kulkas terbaik juga dapat membuatnya cepat busuk jika cara penyimpanannya tidak benar. Proses pembusukan sayur akan dimulai setelah dipetik. Secara otomatis aliran air yang jadi sumber utama asupan dari sayur akan terputus.

Maka, penting untuk mengetahui cara menyimpan sayur di merek kulkas terbaik yang tepat agar tahan lama hingga berbulan-bulan. Karena sayur yang busuk bisa mempengaruhi cita rasa dan penampilan, serta kandungan gizinya bisa jadi berbahaya.

Berikut 10 tips menyimpan sayur di merek kulkas terbaik yang tepat agar tahan lama :

1. Sortir sayuran yang masih segar

Pilihlah sayur yang segar yaitu warnanya hijau segar tidak menguning, bertekstur keras dan tidak lembek, batangnya tidak layu yang mudah untuk dipatahkan. Jika ada ulat bisa menjadi tanda bahwa sayuran tidak mengandung pestisida. Untuk sayur umbi-umbian, pilih yang tidak ada lubang, karena sayuran umbi berlubang akan lebih mudah terkontaminasi dengan bakteri.

2. Atur suhu kulkas

Jangan simpan sayur di suhu yang terlalu tinggi karena akan membuat tingkat kematangan sayur jadi tidak merata seperti lunak dan berkerut. Suhu yang terlalu rendah juga bisa membuat sayur rusak saat dicairkan. Jadi, simpan sayur pada suhu ideal yaitu antara 1-4 derajat celcius.

3. Jangan cuci sayuran

Jangan mencuci sayuran sebelum disimpan didalam kulkas. Karena sayuran yang basah tidak bisa bertahan lama dan cepat rusak apabila langsung disimpan ke dalam kulkas. Pastikan sayur yang kamu simpan di kulkas dalam keadaan kering. Cuci sayuran saat akan diolah saja.

BACA JUGA : 7 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik, Dijamin Bebas Dari Bakteri

4. Buang batang sayuran

Kamu harus memotong tangkai sayuran seperti tangkai wortel sebelum di simpan ke dalam kulkas. Karena dedaunan yang tersisa di sayuran atau di antara sayuran lain bisa terus mengeluarkan uap air yang akan membuat sayuran jadi mudah busuk.

5. Pisahkan sayuran sesuai jenisnya

Pisahkan sayuran sesuai jenisnya dan simpan sayuran di wadah yang tepat. Seperti cabai sebaiknya disimpan di dalam kotak yang kedap udara. Sawi putih dan sayuran lain sebelum dimasukkan ke dalam wadah berlubang khusus untuk sayur atau kantong plastik yang sudah dilubangi bisa dibungkus tisu atau kertas koran dahulu agar kelembabannya terjaga dengan baik.

6. Simpan di bagian kulkas yang tepat

Bagian penyimpanan di kulkas memiliki fungsi yang berbeda-beda. Di bagian freezer biasanya diisi makanan beku, maka sayuran idealnya disimpan di dalam rak kulkas yang paling bawah. Rak bagian tersebut dapat mengontrol kelembaban sayur sehingga sayuran tidak mudah busuk.

7. Ketahui ketahanan sayur di dalam kulkas

Sayur memiliki ketahanan yang berbeda-beda tergantung jenis sayurnya. Seperti sayuran berdaun hijau bisa bertahan 3-5 hari, sayuran umbi dan akar bisa bertahan 3 minggu, sayuran hijau yang tidak memiliki daun daun bisa bertahan 5-7 hari, sayuran batang dan rempah bisa bertahan sampai 2 minggu. Kamu harus memahami hal ini agar sayur yang disimpan ke dalam kulkas tidak terbuang percuma.

8. Periksa kondisi sayuran secara rutin

Cek kondisi sayurdengan rutin. Jika menyimpan sayur lebih dari 3 hari, segera cek sayuran dan jangan lupa buang daun yang sudah menguning agar tidak merambat ke bagian sayur yang masih bagus.

BACA JUGA : Tips Efektif Merawat Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Box Dan Cara Menghilangkan Baunya

9. Jaga kulkas agar tetap bersih dan suhu tetap stabil

Pastikan merek kulkas terbaik bersih setiap hari, karena makanan basi atau sayuran yang busuk di dalam kulkas akan mempengaruhi sayuran lainnya yang tersimpan di dalamnya. Sehingga cek keadaan kulkas dan keluarkan sayuran ataupun makanan yang basi.

Hal tersebut untuk menjaga kualitas dan kesegaran sayuran yang tersimpan di dalam kulkas agar lebih tahan lama. Lakukan juga pengecekan suhu kulkas secara rutin dan pastikan suhu dalam derajat yang aman.

10. Ambil sayur sesuai kebutuhan

Saat ingin mengeluarkan dan mengolah sayuran di dalam kulkas, hati-hati dan ambil sesuai dengan kebutuhan. Hal ini berguna agar sayur tidak sering keluar masuk dalam kulkas, karena bisa membuat kualitasnya menurun dan mudah busuk sebab sering terkena suhu yang berbeda-beda.

Itulah beberapa tips menyimpan sayur dalam merek kulkas terbaik yang tepat agar tahan lama. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: