Tips Cara Memakai Merek AC Terbaik yang Benar Saat Cuaca Panas, Dijamin Anti Boros Listrik

Tips Cara Memakai Merek AC Terbaik yang Benar Saat Cuaca Panas, Dijamin Anti Boros Listrik

Ketahui Cara Memakai Mer AC Terbaik yang Benar Saat Cuaca Panas--iStockphoto

Jika ruangan kamu kotor dan kebersihannya tidak terjaga maka bisa mempengaruhi kondisi filter AC menjadi cepat kotor.

Dengan begitu, kompresor AC akan bekerja lebih ekstra sehingga bisa memakan daya listrik semakin banyak. Jadi, pastikan ruangan kamu kebersihannya selalu tetap terjaga, ya.

BACA JUGA : 10 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin, Begini Cara Mengatasinya

4. Gunakan Timer AC

Saat ini AC yang tersedia di pasaran sudah dilengkapi dengan timer atau pengatur waktu. Kamu bisa menyetel pengaturan waktu sebelum tidur atau di waktu lain selama dua sampai tiga jam.

Daripada menyalakan AC sepanjang malam, akan lebih baik jika menggunakan fitur tersebut. Jadi, ketika kamu menyetel timer, AC akan mati setelah waktu tertentu dari yang sudah di atur.

5. Jangan Terlalu Sering Mematikan dan Menyalakan AC

Tanpa disadari, mematikan dan menyalakan AC terlalu sering bisa membuat konsumsi daya listrik jadi semakin meningkat, lho.

Karena AC harus mengangkat beban kompresor ketika dinyalakan kembali. Untuk itu, jika kamu berencana pergi ke luar rumah, akan lebih baik jika suhu AC dinaikkan saja daripada mematikan AC.

6. Mematikan AC Jika Tidak Digunakan

Bukan hanya merek AC terbaik saja, tetapi alat elektronik lainnya juga kamu harus selalu mematikannya jika tidak digunakan. 

Mungkin sebagian orang ketika ingin mematikan AC cenderung dengan menggunakan remote, namun sebenarnya hal itu tidak boleh dilakukan.

Karena, jika kamu melakukan cara tersebut tanpa disadari ketika kompresor diatur ke ‘beban diam’ banyak listrik yang terbuang, sehingga pada akhirnya juga akan mempengaruhi tagihan listrik rumah kamu.

7. Servis AC Secara Rutin

Semua barang elektronik pasti membutuhkan servis jika terjadi kerusakan, begitu juga dengan pendingin ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: