10 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin, Begini Cara Mengatasinya

10 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin, Begini Cara Mengatasinya

Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Saat merek kulkas terbaik di rumah sudah mulai tidak dingin biasanya, kamu pasti segera mencari cara untuk memperbaiki kulkas agar bisa bekerja dengan baik. Karena kulkas yang tidak dingin bisa membuat makanan dan minuman di dalamnya basi dan rusak.

Oleh karena itu, kamu perlu menjaga merek kulkas terbaik dan freezer agar selalu berada di suhu yang tepat. Bila terlampau jauh, kulkas tidak akan bisa mengawetkan makanan dengan optimal.

Berkut 10 penyebab merek kulkas terbaik tidak dingin :

1. Menyimpan terlalu banyak makanan dan minuman dalam kulkas

Kamu harus memperhatikan jumlah makanan dan minuman yang dimasukkan ke dalam kulkas jangan sampai melebihi kapasitas kulkas. Karena bisa menyebabkan kulkas tidak dingin. Kulkas yang penuh membuat penyebaran suhu udara di dalam jadi tidak merata.

2. Sering membuka tutup pintu kulkas

Ketika pintu kulkas dibuka, udara dingin di dalamnya bisa tercampur dengan suhu dari luar dan mesin harus menyesuaikan agar suhu kulkas kembali dingin. Jika terjadi berulang kali akan membuat mesin kulkas harus bekerja keras, sehingga cepat rusak.

3. Memasukkan makanan yang masih panas

Makanan atau minuman yang masih panas bisa membuat suhu dingin di dalam kulkas meningkat. Jadi, sebelum memasukkanya, biarkan makanan mendingin hingga suhu ruangan.

BACA JUGA : 9 Tips Merawat Freezer Merek Kulkas Terbaik di Rumah, Agar Awet Hingga Bertahun-Tahun

4. Karet pintu kulkas bermasalah

Kulkas memiliki lapisan karet di bagian pintu. Karet pintu kulkas yang longgar atau lepas menjadi salah satu penyebab kulkas tidak dingin. Jika karet lepas atau longgar, udara dari luar bisa masuk dan membuat suhu di dalam kulkas jadi lebih panas.

5. Meletakkan kulkas dekat dengan perangkat yang mengeluarkan panas

Menempatkan merek kulkas terbaik di dekat peralatan yang menimbulkan panas dapat mempengaruhi suhu dingin di dalam kulkas yang menyebabkan kulkas jadi tidak dingin.

6. Bunga es menumpuk

Bunga es yang menumpuk dan memenuhi kulkas bisa menutup lubang udara yang membuat penyebaran udara jadi tidak maksimal. Sehingga kamu perlu membersihkan bunga es yang menumpuk pada kulkas.

7. Stop kontak tidak baik

Jika stop kontak kurang baik, performa kulkas dalam menjaga suhu dingin akan terganggu. Pastikan stop kontak selalu dalam kondisi prima.

8. Pengaturan suhu belum maksimal

Pengaturan suhu belum sesuai bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Cek tombol pengatur suhu di kulkas terlebih dahulu.

9. Freon habis

Merek kulkas terbaik menggunakan freon untuk mendinginkan suhu di dalamnya. Freon ini memiliki masa pakai dan perlu diganti jika habis. Apabila freon habis dan tidak diganti dapat menyebbkan kulkas tidak dingin.

10. Kompresor kulkas melemah

Kompresor merupakan otak yang jadi dapur pacu pada kulkas. Apabila kompresor kulkas melemah, maka kulkas tidak bisa bekerja dengan baik dan suhunya akan memanas.

BACA JUGA : Tips Efektif Merawat Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Box Dan Cara Menghilangkan Baunya

Cara mengatasi merek kulkas terbaik tidak dingin :

1. Pilah makanan yang akan disimpan dalam kulkas

Kamu bisa memilah makanan yang masuk ke dalam kulkas. Sebaiknya, simpan makanan yang benar-benar perlu didinginkan dan disimpan di dalam kulkas agar makanan tetap awet.

2. Bersihkan bunga es

Membersihkan bunga es secara rutin merupakan cara efektif mengatasi kulkas tidak dingin. Caranya, cabut kabel kulkas dan biarkan bunga es meleleh. Seambil menunggu bunga es meleleh, kamu bisa membersihkan bagian lain dari kulkas.

3. Bersihkan kondensor kulkas

Kulkas memiliki kondensor untuk melepas panas yang dihasilkan mesin ke udara. Kabel ini tidak bisa bekerja optimal jika tertutup kotoran dan debu. Untuk mengatasinya, cabut steker kulkas, temukan koil di bagian belakang atau bawah kulkas. Lalu bersihkan koil dengan menggunakan sikat yang lembut.

4. Hubungi jasa servis kulkas

Kamu juga bisa menghubungi jasa servis kulkas. Teknisi yang ahli dan berpengalaman akan menentukan penyebab kulkas tidak dingin secara tepat dan akan memberikan perbaikan yang sesuai.

Itulah beberapa penyebab merek kulkas terbaik tidak dingin dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: