7 Tips Menghemat Listrik Merek Kulkas Terbaik Kamu, Cek Infonya Disini

7 Tips Menghemat Listrik Merek Kulkas Terbaik Kamu, Cek Infonya Disini

Tips Menghemat Listrik Merek Kulkas Terbaik--google.com

3. Masukkan Makanan dan Minuman dalam Kondisi Dingin

Ketika kita memasukkan makanan dan minuman panas ke dalam merek kulkas terbaik, suhu kulkas akan meningkat secara tiba-tiba karena kulkas akan bekerja keras untuk mendinginkan makanan dan minuman tersebut. Hal ini menyebabkan konsumsi daya listrik yang lebih banyak dan menjadi boros.

Oleh karena itu, disarankan untuk membiarkan makanan dan minuman tersebut dingin terlebih dahulu. Simpanlah di dalam lemari sementara hingga benar-benar mencapai suhu ruangan.

Makanan dan minuman yang masih hangat pun dapat membuat mesin kulkas bekerja lebih keras. Jadi, sebaiknya biarkan dingin terlebih dahulu sebelum menyimpannya di dalam kulkas.

BACA JUGA : 7 Tips Menyimpan Daging Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Kualitasnya Tetap Terjaga

4. Pastikan Ada Jarak Antara Kulkas dan Dinding

Jika kulkas diletakkan terlalu dekat atau menempel dengan dinding, panas yang dikeluarkan oleh mesin kulkas akan terjebak dan sulit keluar. Akibatnya, mesin kulkas harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan suhu di dalamnya.

Seringkali, mesin kulkas harus melakukan pendinginan berulang kali dalam kondisi seperti ini. Energi yang dibutuhkan menjadi lebih besar, sehingga konsumsi daya listrik pun meningkat dan penggunaan listrik menjadi lebih boros.

5. Atur Suhu dengan Pas

Sebenarnya, pengaturan suhu bawaan pabrik sudah cukup untuk menjaga udara dingin dan sejuk di dalam kulkas. Namun, kamu juga bisa memeriksa dan menyesuaikannya secara berkala.

Gunakan termometer untuk mengatur suhu yang kamu inginkan. Sebagai rekomendasi, atur suhu kompartemen pendingin makanan menjadi 4˚C dan suhu freezer menjadi -15˚C.

6. Isi Kulkas Secukupnya

Isi kulkas secukupnya, jangan terlalu kosong atau terlalu penuh. Merek kulkas terbaik yang terlalu kosong akan membuat lebih banyak udara hangat masuk saat pintu dibuka, sehingga kulkas harus bekerja lebih keras.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaik, Sanken SKV 231 Perpaduan Kecanggihan dan Keandalan

Namun, jika kulkas terlalu penuh, sirkulasi udara di dalamnya akan terganggu. Ketika kulkas tidak memiliki ruang yang cukup untuk sirkulasi udara yang baik, efisiensi kerja mesin akan menurun, dan daya yang diperlukan akan lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: