Bunda Wajib Tahu, Berikut Cara Menyimpan ASI Dalam Kulkas

Bunda Wajib Tahu, Berikut Cara Menyimpan ASI Dalam Kulkas

Cara menyimpan ASI dalam kulkas--Instagram@ratiihps

Kenapa hal ini dilakukan? Agar ASI dapat bunda konsumsi sesuai dengan tanggalnya. Jadi tidak akan ada penggunaan ASI yang terlewat atau      melebihi tanggal. Bunda akan menggunakan ASI sesuai urutan tanggalnya, dari penyimpanan yang paling lama sehingga mencegah ASI menjadi basi. 

4. Atur penyimpanan dan suhu

Penting dilakukan mengatur penyimpanan. Jangan sesekali menyimpan ASI pada rak pintu kulkas ya karena sering dibuka tutup mengakibatkan suhu pada pintu kulkas tidak stabil dan berakibat pada ASI yang akan ikut basi. Jangan campur kulkas ASI dengan kulkas makanan lainnya, baiknya kamu pisah dan beli sendiri agar tidak tercampur dengan bau lainnya. 

BACA JUGA : Hanya Pakai Cuka, Berikut 8 Trik Merawat Freezer Merek Kulkas Terbaik Anti Bau Dan Bebas Bunga Es

Aturlah suhu di bawah 4°, suhu terbaik pada kulkas juga berdampak pada keawetan dan           keamanan ASI loh bund, jadi hati-hati ya. Pastikan juga suhu dingin dalam kulkas menyebar secara rata. 

Simpan hati-hati ASI dalam kulkas jangan sampai penuh, menghindari ASI berceceran dan bocor. 

ASI dapat tersimpan lama di dalam kulkas pada suhu di bawah 4° bisa tersimpan hingga 12 bulan. Namun jika suhu di atas 4° , ASI hanya akan bisa disimpan hingga 5 hari saja. 

Jangan lupa periksa ASI terlebih dahulu sebelum di konsumsi buah hati. Mencegah adanya kontaminasi dan basi pada ASI. 

Itu dia informasi mengenai cara menyimpan ASI dalam kulkas. Semoga bisa bermanfaat bagi bunda-bunda yang akan bersiap memberikan ASI ekslusif untuk buah hati. Jaga kesehatan ya bund, agar ASI lancar dan si kecil senang. Sekian informasi di atas dan terima kasih sudah membaca. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: