6 Tips Menyimpan Buah Dalam Merek Kulkas Terbaik yang Benar Agar Tetap Segar

6 Tips Menyimpan Buah Dalam Merek Kulkas Terbaik yang Benar Agar Tetap Segar

Tips Menyimpan Buah di Merek Kulkas Terbaik yang Benar Agar Tetap Segar-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik jadi salah satu peralatan elektronik yang harus ada di rumah karena memiliki fungsi untuk menjaga ketahanan makanan, minuman, atau bahan-bahan lainnya dengan lebih lama.

Namun, jika kamu menyimpan buah di merek kulkas terbaik, tapi malah jadi kurang segar atau busuk, mungkin cara menyimpan buah di merek kulkas terbaik yang kamu lakukan kurang tepat.

Perlu diingat bahwa buah merupakan bahan alami yang tidak mempunyai masa kadaluarsa dari pengawet. Sehingga, perlu mengetahui cara menyimpan buah di merek kulkas terbaik yang benar agar buah tetap segar.

Berikut 6 tips menyimpan buah di merek kulkas terbaik yang benar agar tetap segar :

1. Bersihkan Buah Dahulu

Buah yang dibeli di pasar atau supermarket biasanya sudah terkontaminasi debu atau kotoran lainnya. Sehingga kamu perlu membersihkannya agar kotoran dari luar tidak bercampur dengan buah-buahan lainnya yang ada di dalam kulkas.

Kamu tidak harus mencucinya dengan air mengalir, kamu hanya perlu mengelapnya menggunakan kain basah atau tisu kering untuk membersihkan kotorannya.

2. Pastikan Buah dalam Kondisi Kering

Kamu harus memastikan bahwa buah dalam keadaan kering sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Hal ini dikarenakan kulit buah tidak dapat menyerap air yang menempel secara  maksimal. Jika kamu mencucinya dan tidak mengeringkannya, dikhawatirkan masih ada air yang menempel. Jika hal itu terjadi, buah akan menjadi lembab dan proses pembusukkan akan lebih cepat.

3. Pisahkan Buah dengan Bahan Dapur dan makanan lainnya

Buah memiliki zat atau kandungan yang mungkin tidak baik untuk bahan dapur atau bahan makanan lainnya. Sehingga penting mengetahui cara menyimpan bumbu dapur di dalam kulkas dengan benar.

Sebaiknya, kamu tidak menyatukan buah dengan bahan makanan seperti daging, ikan, dan sayuran. Karena kandungan bakteri pada daging dan ikan dapat mengontaminasi buah yang diletakkan bersama dalam satu ruangan.

Kamu juga perlu memisahkan antara buah matang dengan buah yang belum matang, karena tidak semua buah dapat langsung dimasukkan ke kulkas dan tentu akan mempercepat proses pembusukkan buah.  Terdapat buah yang tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas secara langsung, seperti alpukat, pepaya, mangga, melon, dan sebagainya. Buah tersebut harus sudah matang terlebih dahulu sebelum disatukan dengan buah lainnya di dalam kulkas.

BACA JUGA : 5 Tips Ampuh Merawat Merek Kulkas Terbaik Agar Tidak Cepat Rusak

4. Simpan Buah di Wadah Tertutup

Tidak  semua buah mempunyai permukaan kulit yang kuat, seperti pisang, naga, dan sebagainya. Jika kamu menyatukannya dengan semangka atau melon, buah tersebut akan gampang rusak bahkan mengalami pembusukkan. Kamu harus memisahkannya dengan menyimpan di dalam wadah yang tertutup dan kedap udara. Kamu juga bisa memotongnya dahulu sebelum dimasukkan ke wadah.

Wadah yang tidak tertutup rapat akan mengakibatkan udara masuk ke dalam yang akan mempercepat proses pembusukkan sehingga buah jadi tidak segar dan tidak enak dikonsumsi.

5. Pastikan Suhu Kulkas

Setiap bahan makanan membutuhkan suhu berbeda. Suhu untuk buah tentu berbeda dengan suhu ikan atau daging. Suhu yang ideal untuk menyimpan buah yaitu 1–4 derajat celcius.

6. Jaga Kebersihan Kulkas

Bersihkan kulkas secara rutin dengan maksimal. Hal ini penting dilakukan karena kulkas digunakan untuk menyimpan banyak bahan-bahan yang mempunyai kandungan yang beragam.

Tentu ada banyak bakteri yang dikeluarkan dan noda yang menempel pada dinding kulkas. Banyaknya bahan makanan yang menumpuk akan mengakibatkan sirkulasi atau perputaran udara di dalam kulkas bisa terhambat.

Itulah beberapa tips menyimpan buah di merek kulkas terbaik yang benar agar tetap segar. Semoga bermanfaaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: