5 Tips Ampuh Merawat Merek Kulkas Terbaik Agar Tidak Cepat Rusak

5 Tips Ampuh Merawat Merek Kulkas Terbaik Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Ampuh Merawat Merk Kulkas Terbaik Agar Tidak Cepat Rusak-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Alat elektronik dapur yang wajib dimiliki oleh rumah tangga yaitu kulkas. Merek kulkas terbaik merupakan peralatan rumah tangga yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari.

Merek kulkas terbaik memiliki fungsi utama yaitu untuk menjaga makanan dan minuman di dalamnya setiap waktu agar tetap segar dan aman dikonsumsi.

Merek kulkas terbaik yang bekerja nonstop setiap hari akan membuat kulkas terjadi kerusakan. kulkas yang tidak dirawat bisa mengakibatkan penurunan efisiensi pendinginan, dan kerusakan lebih serius.

Sehingga, penting merawat merek kulkas terbaik agar dapat digunakan dalam janga waktu yang lama dan menghemat energi. Kamu bisa melakukan beberapa cara sendiri tanpa harus memanggil cleaning service.

Berikut 5 tips ampuh merawat merek kulkas terbaik agar tidak cepat rusak :

1. Jangan Menyimpan Makanan dan Minuman Dalam Keadaan Panas

Makanan atau minuman dalam keadaan memiliki suhu yang panas akan mengubah temperatur kulkas jadi lebih hangat, serta suhu kulkas yang telah diatur dengan stabil di suhu tertentu sebelumnya, akan berubah dan akan merusak temperatur suhu di dalam kulkas.

2. Jangan Mencampur Berbagai Jenis Makanan

Banyaknya ruang penyimpanan di dalam kulkas sesuai dengan jenis kulkas yang digunakan. Kulkas dengan jenis apa pun itu, jangan pernah mencampur berbagai jenis makanan jadi satu dalam kulkas tanpa memisahkannya.

Cara ini harus dilakukan agar makanan atau minuman yang tersimpan di dalam kulkas tidak terkontaminasi dengan virus atau bakteri dari makanan atau minuman lainnya.

Solusinya, bahan makanan atau minuman bisa dipisahkan sesuai dengan rak-raknya. Kamu juga bisa menggunakan wadah penyimpanan khusus supaya bahan makanan bisa lebih terorganisir dengan baik dan lebih awet untuk disimpan di dalam kulkas.

3. Hindari Mengisi Kulkas Terlalu Penuh

Jika mengisi kulkas terlalu penuh bisa membuat sirkulasi udara di dalam kulkas jadi tidak stabil, dan pengaturan pendingin yang telah diatur sebelumnya jadi tidak efektif serta bisa membuat kompresor bekerja ekstra untuk menjaga sirkulasi udara di dalam kulkas. Hal ini menjadi salah satu penyebab kulkas jadi lebih cepat rusak.

Sehingga, pastikan untuk mengisi kulkas secukupnya dan sisakan ruang untuk sirkulasi udara. Hal ini akan membuat makanan dan minuman jadi lebih awet dan bisa memudahkan pengaturan serta pencarian makanan kamu.

BACA JUGA : 7 Trik Memaksimalkan Kinerja Merek AC Terbaik Agar Hemat Listrik, Simak Info Lengkapnya

4. Jangan Sembarangan Menyimpan Makanan Atau Minuman Di Dalam Freezer

Freezer merupakan bagian dalam kulkas yang mempunyai suhu paling rendah hingga titik beku. Suhu yang sangat rendah ini akan menghasilkan tekanan sehingga kamu tidak bisa menyimpan sembarangan makanan ataupun minuman di dalamnya.

Pastikan kamu tidak menyimpan barang yang bisa merusak freezer seperti minuman soda, minuman beralkohol, dan makanan atau minuman lain yang memiliki kandungan gas di dalamnya, karena bisa menyebabkan ledakan yang disebabkan perubahan tekanan gas dan suhu pada saat pintu kulkas dibuka.

5. Bersihkan Kulkas Dengan Rutin

Membersihkan kulkas dengan rutin bisa membuat kulkas selalu bersih, terhindar dari penumpukan kotoran, menjaga kulkas dari bau tidak sedap, dan tentu akan menjaga kondisi kulkas agar tidak cepat rusak.

Bersihkan rak, laci, dan kantong penyimpanan dalam kulkas. Jika terdapat bau tidak sedap, kamu bisa menggunakan larutan air dan cuka untuk membersihkannya.

Jangan gunakan bahan kimia yang keras dan memiliki bau menyengat. Alasan kenapa kulkas harus dibersihkan adalah untuk mencegah kerusakan, mempertahankan efisiensi energi, mencegah tumbuhnya bakteri dan jamur, dan mencegah bau tidaak sedap.

Itulah beberapa tips ampuh merawat merek kulkas terbaik agar tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: