9 Cara Merawat Kulkas Agar Awet Tetap Dingin, Panduan Praktis Kulkas Lama dan Baru

9 Cara Merawat Kulkas Agar Awet Tetap Dingin, Panduan Praktis Kulkas Lama dan Baru

Cara merawat kulkas agar awet dan tetap dingin--

Jika terasa tidak stabil, tambahkan ganjal di bawah kaki kulkas untuk menjaga kestabilannya. Sehingga dengan menggunakan cara ini kulkas kamu tidak terjadi masalah pada komponen internalnya.

4. Bersihkan Kulkas Secara Berkala

Cara merawat kulkas selanjutnya adalah membersihkan kulkas secara berkala menggunakan air sabun. Bau amis pada kulkas bisa menjadi masalah yang mengganggu, terutama jika Anda sering menyimpan makanan berbau kuat seperti ikan atau yang lainya.

BACA JUGA : Wajib Tahu Cara Merawat Kulkas Terbaru, Bikin Kinerja Kulkas Tetap Maksimal Dalam Waktu Lama

5. Atur Temperatur Kontrol pada Posisi Normal

Kamu juga perlu atur temperatur di level normal, biar kulkasmu awet dan tahan lama. Karna jika setting ke tingkat yang lebih dingin, bikin konsumsi listrik makin mahal dan kompresornya juga bisa lelah.

6. Hindari Mengangkat Kulkas dalam Posisi Miring

Ketika kamu ingin memindahkan kulkas ketempat yang lain, jangan mengangkatnya dalam posisi miring. Karna bisa menyebabkan oli kompresor naik ke bagian lain kulkas, sehingga menjadi mampet dan berpotensi rusak.

7. Hindari Mencongkel Ruangan Freezer

Cara merawat kulkas selanjutnya dengan menghindari mencongkel ruangan freezer. Jadi, jika kamu menemukan  es yang menumpuk di dalam freezer, hindari untuk mencongkelnya.

Karna bisa menyebabkan masalah seperti kerusakan pada pipa evaporator. Selain itu, bisa mengakibatkan kebocoran freon yang membuat kulkas menjadi tidak dingin.

8. Stabilkan Tegangan Listrik untuk Kulkas yang Sehat

Cara selanjutnya kamu perlu gunakan stabilizer untuk jagain tegangan listrik tetap stabil. Karna listrik yang naik turun bikin kulkasmu cepat rusak dan mengakibatkan tidak dingin.

9. Jangan Mematikan Kulkas dalam Jangka Waktu yang Lama

Cara merawat kulkas yang terkahir adalah jangan mematikan kulkas dalam jangka waktu yang lama. Karna hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada komponen internal kulkas, seperti korosi atau kompresor yang macet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube/mas jes