9 Tips Merawat Freezer Merek Kulkas Terbaik di Rumah, Agar Awet Hingga Bertahun-Tahun

9 Tips Merawat Freezer Merek Kulkas Terbaik di Rumah, Agar Awet Hingga Bertahun-Tahun

Tips Merawat Freezer Pada Merk Kulkas Terbaik di Rumah Agar Awet Hingga Bertahun-Tahun-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Freezer pada merek kulkas terbaik sering disepelekan banyak orang. Padahal, freezer bisa membantu kamu untuk menjaga kesegaran bahan makanan seperti daging, makanan beku, sayur-sayuran dan buah-buahan agar lebih tahan lama untuk dikonsumsi keluarga.

Oleh karena itu, pentingnya merawat freezer pada merek kulkas terbaik di rumah, hal ini bertujuan agar freezer bisa awet hingga bertahun-tahun.

Berikut 9 tips merawat freezer pada merek kulkas terbaik di rumah agar awet hingga bertahun-tahun :

1. Pasang freezer di Suhu -18 Derajat Celcius

Menurut US Food and Drug Administration (FDA) : makanan yang akan disimpan di dalam freezer harus berada dalam kondisi di suhu -18 derajat celcius. Karena, kemungkinan sangat kecil bakteri akan berkembang biak. Tetapi, hal itu tidak akan berlaku jika makanan sebelum dimasukkan ke dalam freezer merek kulkas terbaik sudah terkena bakteri.

Karena, bakteri tersebut akan tetap dapat  hidup. Jangan lupa mengecek freezer 1 minggu sekali dengan termometer.

2. Isi Freezer Sesuai Kapasitas

Agar mampu membekukan berbagai jenis makanan dengan merata dan stabil jangan sampai mengisi freezer merek kulkas terbaik sampai penuh atau melebihi kapasitasnya, karena bisa membuat elemen pendingin di dalam kulkas harus menyesuaikan kondisi yang sesak.

Jangan juga membiarkan freezer tidak terisi sama sekali atau kosong. Karena akan membuat material-material yang terdapat di dalamnya ikut membeku dan membuat kulkas akan cepat rusak.

3. Rutin Membersihkan Bunga Es

Membersihkan bunga es secara berkala bisa membuat freezer awet hingga bertahun-tahun. Untuk menjaga performa freezer, hal ini harus dilakukan setiap minggunya.

Apabila freezer terlalu banyak bunga es, maka makanan dan minuman yang tersimpan di dalamnya akan sulit untuk membeku. Bunga es sebaiknya dibersihkan sebelum menumpuk terlalu banyak dengan menggunakan benda tumpul.

BACA JUGA : Tips Merawat Dan Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Agar Tidak Cepat Rusak

4. Hindarkan Freezer dari Sumber Panas

Apabila freezer diletakkan dekat dengan sumber panas seperti kompor atau oven akan membuat kinerja dalam membekukan makanan bisa terganggu. Freezer akan bekerja lebih ekstra dan mangakibatkan kerusakan dini.

5. Simpan Makanan dalam Wadah Tertutup

Masukkan makanan yang akan disimpan di dalam freezer merek kulkas terbaik dengan wadah tertutup. Sehingga, keawetan makanan akan lebih terjaga dan kondisi freezer bisa tertata lebih rapi.

6. Jangan Terlalu Dekat Dengan Tembok

Hindari menaruh freezer dekat dengan tembok, karena setiap freezer pasti memiliki grill. Grill befungsi sebagai aliran udara panas yang berasal dari kondensor. Apabila udara panas terjebak di dalam maka kinerja freezer akan ikut terganggu.

7. Pisahkan Jenis Makanan

Jangan menggabungkan satu jenis makanan dalam satu wadah agar tingkat kehigienisannya tetap terjaga dengan baik. Kamu bisa menyimpan daging sapi, unggas, dan ikan di wadah yang terpisah.

Apabila kamu ingin menyimpan sisa lauk, sebaiknya panaskan dahulu dan tunggu sampai dingin. Lalu, simpandi dalam kotak makanan dan baru kamu masukkan ke dalam freezer.

8. Cara merawatFreezer ketika Listrik Mati

Sebaiknya jangan membuka freezer saat mati lampu. Usahakan freezer agar selalu tertutup untuk menjaga makanan supaya tetap beku dalam waktu yang lama. Selama makanan masih beku, saat listrik hidup kembali, makanan tersebut akan aman dan bisa tetap berada di dalamnya.

Namun, apabila makanan mencair di dalam freezer saat listrik padam, sebaiknya segera kamu keluarkan untuk dikonsumsi.

BACA JUGA : 6 Cara Memaksimalkan Kinerja Merek Kulkas Terbaik, Dijamin Lebih Efisien Energi

9. Jangan Menyimpan Makanan Yang Masih Panas

Jangan menyimpan makanan dan minuman yang masih panas. Tunggu beberapa menit hingga makanan dan minuman jadi dingin. Karena, udara panas yang ada di dalam kabin freezer bisa mempercepat timbulnya bunga es.

Itulah beberapa tips merawat freezer pada merek kulkas terbaik di rumah agar awet hingga bertahu-tahun. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: