6 Tips Menggunakan Merek AC Terbaik Lebih Efisien Agar Hemat Tagihan Listrik

6 Tips Menggunakan Merek AC Terbaik Lebih Efisien Agar Hemat Tagihan Listrik

Tips Menggunakan Merk AC Terbaik dengan Efisien Agar Hemat Tagihan Listrik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - AC merupakan bagian penting untuk kenyamanan di rumah yang biayanya bisa juga mahal. Namun, terdapat beberapa cara untuk membuat merek AC terbaik kamu lebih efisien dan menurunkan tagihan listrik. Beberapa caranya membutuhkan waktu, tetapi dapat menghemat biaya energi dari masa ke masa.

Berikut 6 tips menggunakan merek AC terbaik dengan efisien agar hemat tagihan listrik :

1. Ganti Filter Udara tiap 6 Bulan

Periksa dan ganti filter merek AC terbaik, baik filter bawaan atau filter terpisah yang dipasang di saluran udara, kamu harus menggantinya tiap 6 bulan sekali. Menggunakan filter berkualitas tinggi yang tetap bersih dan bebas dari kotoran itu sangat penting. Kamu bisa gunakan kain kering untuk membersihkan filter lama dan jangan biarkan terkena air atau udara lembab.

Mengganti filter udara yang tersumbat dengan yang baru bisa menurunkan konsumsi energi AC hingga 5 -15%. Apabila kamu memiliki hewan peliharaan atau alergi, pantau filter lebih sering, lalu kamu bisa menggantinya dan jika merek AC terbaik kamu tidak mendinginkan dengan baik, periksa filter karena mungkin hanya kotor.

2. Gunakan Termostat Pintar / Pengontrol AC

Termostat merupakan perangkat elektronik yang mengontrol suhu ruangan. Termostat pintar adalah teknologi baru yang memungkinkan mengontrol jarak jauh sistem HVAC dari smartphone atau tablet. Mereka memiliki banyak fitur seperti sensor kehadiran, sensor kelembaban,i konektivitas Wi-Fi dan kemampuan geofencing (hidupkan di waktu ataupu hari tertentu).

3. Biarkan Pintu dan Jendela Terbuka dengan Parsial

Ketika suhu di luar naik seperti saat terjadi di musim panas, pasti kita membuka rumah agar kita bisa menikmati angin sepoi-sepoi atau mendapatkan sirkulasi udara silang sebanyak mungkin.

Namun, hal ini sebenarnya merugikan, karena begitu kamu membukanya, udara panas akan masuk ke dalam rumah dan kamu akan terus melakukannya, alih-alih membuka pintu atau jendela sepenuhnya selama cuaca panas atau membiarkannya terbuka, coba biarkan pintu dan jendela terbuka dengan parsial.

Hal ini membuat beberapa aliran udara akan lewat tanpa membuat terlalu banyak kekacauan di dalam rumah ketika suhu di luar sedang panas.

BACA JUGA : 6 Trik Pemakaian Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Tidak Boros Listrik

4. Gunakan AC dengan Ukuran yang Tepat

Untuk menjaga tagihan listrik tetap rendah, pastikan merek AC terbaik kamu tidak terlalu besar untuk ruangan. Kamu bisa menggunakan kalkulator ruangan untuk membantu menentukan ukuran AC yang terbaik untuk ruang kamu.

Jika kamu memiliki beberapa ruangan, hal ini akan bermanfaat untuk mempertimbangkan membeli beberapa unit ukuran AC yang lebih kecil dan besar. Hal ini akan memungkinkan kamu menggunakan model AC yang lebih efisien dan menurunkan biaya listrik keseluruhan.

5. Matikan AC ketika kamu tidak ada di rumah

Apabila kamu memiliki termostat yang bisa diprogram, pastikan diatur agar merek AC terbaik kamu menyala otomatis 30 menit sebelum waktu kembali pada malam hari dan 1 jam sebelum waktu kembali pada pagi hari. Sehingga, suhu rumah akan nyaman saat kamu pulang dari bekerja ataupun sekolah, dan bisa menghemat hingga 20% tagihan energi kamu.

Apabila memungkinkan, kamu bisa menggunakan saklar waktu untuk mematikan sepenuhnya saat meninggalkan rumah untuk waktu yang lama, hal ini bisa menghemat hingga 40% tagihan listrik.

AC TCL XA bisa membantu kamu mencapainya dengan mudah. Kamu bisa mengoperasikan fungsi dari jarak jauh lewat aplikasi TCL Home atau mengendalikannya lewat perintah suara sederhana.

6. Gunakan mode sleep saat malam hari

Suhu dan kecepatan kipas AC otomatis disesuaikan dalam mode tidur untuk membuat ruang lebih nyaman saat malam hari. Suhu yang ditentukan hingga 78 derajat, suhu akan meningkat otomatis tiap 30 - 60 menit dan akan mengubah maksimum 6x.

Itulah beberapa tips menggunakan merek AC terbaik dengan efisien agar hemat tagihan listrik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: