6 Trik Pemakaian Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Tidak Boros Listrik

6 Trik Pemakaian Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Tidak Boros Listrik

Trik Pemakaian Merk Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Tidak Boros Listrik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik 2 pintu seringkali diklaim dengan penggunaan listrik yang besar karena kapasitasnya yang besar dibandingkan dengan kulkas 1 pintu yang kapasitasnya lebih kecil.

Karena fungsi merek kulkas terbaik untuk menyimpan bahan makanan dan minuman agar awet lebih lama, kulkas harus bekerja 24 jam penuh setiap hari tanpa dimatikan, kecuali pada saat akan dibersihkan.

Hal tersebut menjadi salah satu alat elektronik rumah tangga yang menghabiskan cukup banyak listrik. Meskipun ada beberapa merek kulkas terbaik yang diklaim minim penggunaan listrik.

Selain memakai kulkas 2 pintu yang hemat listrik, ada 6 trik pemakaian merek kulkas terbaik 2 pintu supaya tidak boros listrik yang dapat kamu lakukan untuk menghemat tagihan listrik kamu.

1. Perhatikan penempatan kulkas

Usahakan tidak meletakkan kulkas dengan posisi menempel di dinding. Beri jarak minimal 10-15 cm dengan dinding dan 30 cm dengan langit-langit supaya kulkas memiliki ruang untuk mengeluarkan udara panas.

Apabila kulkas cepat panas, beban kerja kulkas akan lebih berat sehingga daya listrik yang diperlukan untuk beroperasi akan lebih banyak. Hindari meletakkan kulkas di ruangan sempit, di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung, dan di dekat barang yang menghasilkan panas, seperti rice cooker, microwave, kompor, dan oven.

2. Atur suhu kulkas sesuai kebutuhan dan isi di dalamnya

Setel kulkas pada suhu idealnya yaitu 1,5-3 derajat Celcius, sehingga tidak terlalu dingin untuk membekukan makanan dan tidak terlalu hangat agar makanan tidak cepat busuk. Sedangkan untuk freezer atur suhunya sekitar -15 derajat Celsius.

Jangan mengatur suhu terlalu rendah, kecuali jika kulkas sedang tidak terisi penuh dan jangan mengatur suhu terlalu dingin karena dapat memberatkan kinerja kompresor kulkas.

BACA JUGA : 8 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Yang Baik Dan Benar

3. Atur isi kulkas sebaik mungkin, jangan terlalu penuh dan kosong

Penyimpanan yang berlebih dapat menutup jalur aliran udara dingin dan akan mengganggu sirkulasi udara yang menyebabkan kompresor kulkas bekerja lebih berat dan menyedot banyak daya listrik untuk mencapai suhu yang sudah diatur.

Apabila kulkas kosong, maka akan lebih banyak ruang untuk udara hangat masuk dari luar ketika kulkas dibuka, sehingga energi yang dibutuhkan lebih banyak untuk mendinginkan udara hangat yang masuk.

Sebaiknya jika kulkas kosong, isi dengan botol-botol berisi air minum karena akan membantu mempertahankan suhu dingin di dalam kulkas, sehingga energi yang dikeluarkan jadi lebih kecil untuk mempertahankan suhunya.

4. Hindari makanan atau minuman yang dimasukkan dalam keadaan panas

Sebaiknya tunggu beberapa saat hingga makanan atau minuman agak dingin. Karena menyimpan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas dapat berdampak pada suhu kulkas yang membuat proses pendinginan mesin bertambah berat dan membutuhkan konsumsi listrik jadi lebih banyak.

5. Selalu tutup rapat pintu kulkas dan jangan terlalu sering dibuka tutup

Pintu kulkas yang tertutup rapat dapat membuat suhu dingin tercapai lebih cepat. Usahakan tidak membuka pintu kulkas terlalu sering ataupun terlalu lama. Karena setiap pintu kulkas dibuka akan menyebabkan lonjakan daya listrik. Kompresor akan bekerja ekstra untuk menurunkan udara hangat dari luar sampai mencapai suhu kulkas.

6. Bersihkan kulkas dengan rutin, terutama bunga es pada freezer

Membersihkan kulkas dengan rutin dapat menghindarkan kulkas dari kotoran dan bau yang tidak sedap, serta dapat menghemat listrik. Selain membersihkan rak dan bodi kulkas menggunakan air hangat dan baking soda, bunga es yang menumpuk di freezer juga perlu dicairkan secara rutin, baik menggunakan tombol defrost ataupun pendinginan manual.

Penumpukan bunga es bisa pada freezer dapat menutup jalur keluar pendistribusian udara dingin di dalam kulkas yang membuat kinerja kulkas lebih berat dan konsumsi energi lebih besar. Kamu dapat mencegah timbulnyan bunga es pada kulkas dengan cara mengurangi membuka-tutup kulkas apabila tidak dibutuhkan.

Itulah beberapa tips pemakaian merek kulkas terbaik 2 pintu supaya tidak boros listrik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: