Jangan Salah, Simak Tips Merawat Merek AC Terbaik Agar Tetap Dingin dan Awet

Jangan Salah, Simak Tips Merawat Merek AC Terbaik Agar Tetap Dingin dan Awet

Inilah Tips Merawat Merk AC Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui Agar Tetap Dingin dan Tahan Lama--iStockphoto

4. Service AC Secara Rutin

Untuk menjaga kinerja AC agar tetap dingin dan awet, jangan lupa untuk servis secara rutin. Kamu bisa melakukan service AC setidaknya sekitar 3 sampai 6 bulan sekali.

BACA JUGA : Berikut Merek AC Terbaik 2024, Sejuk Merata dan Cepat, Low Watt Tapi Tetap Hemat

5. Menutup Ventilasi Saat AC Dinyalakan

Ketika menyalakan AC, pastikan untuk menutup rapat celah yang ada di ruangan AC tersebut, karena agar AC bisa fokus untuk mendinginkan ruangan tersebut dan untuk meringankan kinerja AC dalam mencapai suhu yang diinginkan.

Dengan menutup ventilasi maka bisa meringankan kompresor supaya tidak terlalu lama bekerja dan bisa juga mencegah kerusakan pada kompresor AC.

6. Hindari Sinar Matahari Langsung ke Mesin AC

Tanpa disadari, paparan sinar matahari yang langsung terkena mesin AC bisa mengurangi kinerja AC bahkan bisa merusak mesinnya.

Untuk itu, usahakan dalam menempatkan AC sebisa mungkin pada bagian yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung supaya bisa memperpanjang usia mesin AC dan tentunya lebih tahan lama.

7. Atur Suhu dengan Tepat

Ketika menggunakan AC hindari untuk mengatur suhu teralu rendah. Karena selain bisa meningkatkan konsumsi energi bertambah, suhu yang terlalu rendah juga bisa membuat kerja AC berlebih. 

Sebaiknya, atur suhu pada tingkat yang sesuai, suhu biasanya antara 22-24 derajat celsius. 

8. Matikan AC Jika Tidak Diperlukan

Terakhir, jika kamu sedang pergi atau liburan meninggalkan rumah sekiranya dalam waktu yang cukup lama, pastikan AC sudah dimatikan.

Kamu juga bisa memutus sambungan listrik pada AC jika tidak diperlukan untuk mencegah konsumsi daya listrik yang meningkat saat AC tidak digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: