Bangunan Rumah di Nagan Kidul Kota Jogja Roboh, Seorang Tukang Meninggal Dunia

Bangunan Rumah di Nagan Kidul Kota Jogja Roboh, Seorang Tukang Meninggal Dunia

ROBOH – Sejumlah warga saat melihat dan menjelaskan kejadian bangunan Nagan Kidul, Kota Jogja roboh.-DOK.-

DISWAYJOGJA – Salah satu rumah yang terdampak proyek pembangunan benteng Kraton Yogyakarta roboh. Akibatnya, dua tukang bangunan yang sedang proses membongkar rumah itu mengalami kecelakaan. Satu orang meninggal dunia dan satunya luka-luka, Selasa, 7 Mei.

Salah seorang warga sekitar yang menyaksikan kejadian tersebut, Panggih mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 08.45. Saat itu, dirinya sedang lewat di TKP yang berlokasi di Nagan Kidul, Patehan, Kraton, Kota Jogja dan langsung ikut mengevakuasi korban.

BACA JUGA:Jogja Fashion Week 2024 Tampilkan Tren Fesyen Global, Memiliki Kekayaan Intelektualitas

”Sekitar jam 08.45 itu kejadian brek nya, karena pas saya lewat depan rumah ini,” ujarnya.

Menurut Panggih, saat kejadian terdapat empat orang di TKP. Dua tukang berada di dalam dan dua lainnya berada di luar rumah, yakni sopir truk dan kernet. ”Yang satu meninggal satu selamat tetapi luka-luka. Terus sopir truk dan kernet membantu evakuasi,” tuturnya.

Panggih mengaku saat melakukan evakuasi hanya berada di luar dan membantu mengangkat reruntuhan bangunan. Hal itu karena dirinya merasa tidak memakai baju safety. ”Saya langsung hubungi teman-teman relawan dan langsung datang kesini semua karena poskonya deket di Tamansari,” bebernya.

Panggih menilai robohnya semen bagian atap rumah tersebut disebabkan tumpukan genteng yang berat. Selain itu, tukang yang di bawah sedang memukuli tembok dengan palu besar, sehingga menyebabkan getaran.

”Dak itu kan berat, dan dibawah itu ada getaran dari tukange yang memukuli tembok dengan palu, cuma mereka kurang perhitungan. Harusnya genteng diturunin dulu baru mengerjakan yang lain," ujarnya.

BACA JUGA:Jogja Fashion Week 2024 Segera Digelar, Gandeng Desainer Muda Pilihan

Warga lainnya, Yuni mengatakan, insiden itu ada dua tukang yang bertugas membongkar bangunan. Bagian tersebut adalah gawangan pintu. ”Baru bongkar-bongkar, terus tiba-tiba bruk dan lanjut suara tolong-tolong,” jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: