Indonesia Ditunjuk Penyelenggara 11 Tahun WFD RSA, DPP Gerakin Putuskan DIY Jadi Tuan Rumah

Indonesia Ditunjuk Penyelenggara 11 Tahun WFD RSA, DPP Gerakin Putuskan DIY Jadi Tuan Rumah

Ketua DPP Gerkatin Bambang Prasetyo -DOK.-

DISWAYJOGJA - Indonesia ditunjuk sebagai pihak penyelenggara 11 tahun World Federation of the Deaf Regional Secretariat for Asia (WFD RSA) 2024. Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) memutuskan menyelenggarakan kegiatan internasional para penyandang tunarungu ini di Yogyakarta pada 11-18 Agustus 2024.

Hal itu disampaikan Gerkatin saat bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis, 2 Mei.

BACA JUGA:Peringatan Hardiknas di DIY, TNI hingga Pelajar Lakukan Ziarah ke TMP Wijaya Brata

Ketua DPP Gerkatin Bambang Prasetyo mengatakan, WFD RSA 2024 menjadi kesempatan yang kedua kalinya bagi Gerkatin menjadi penyelenggara kegiatan berskala internasional.

“Gerkatin ditunjuk sebagai penyelenggara bukan tanpa alasan. Gerkatin sudah mempunyai 31 perwakilan daerah dari 38 provinsi yang ada di Indonesia. Gerkatin juga sudah masuk dalam federasi tunarungu tingkat internasional dari tahun 1983. Kegiatan kali ini menjadi kegiatan yang kedua kalinya bertempat di Indonesia. Pertama kalinya dulu di Jakarta tahun 2004,” ungkapnya, usai pertemuan.

Bambang mengatakan, penyelenggaran 11 tahun WFD RSA 2024 di Yogyakarta akan dibagi menjadi dua kegiatan. Yakni, kegiatan perkemahan tunarungu dan kegiatan rapat perwakilan tunarungu. Kegiatan ini rencananya akan dihadiri oleh peserta dari 15 negara di Asia. Sampai saat ini, sudah ada tujuh negara yang mengonfirmasi kehadiran.

“Negara-negara peserta WFD RSA antara lain, Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Laos, Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Tiongkok, Pakistan, Bangladesh, dan Hongkong. Kemudian Ngarsa Dalem tadi berpesan kepada kami untuk terus meningkatkan hubungan antara Gerkatin pusat dengan yang ada di daerah. Beliau pun ingin Gerkatin pusat dan daerah bisa terus menjalin kerja sama,” paparnya.

BACA JUGA:Peringatan HKB, Sekda DIY; Penanggulangan Bencana Tanggung Jawab Bersama

Bambang menambahkan, dari Gerkatin berharap, penyeleggaraan 11 tahun WFD RSA ini nantinya dapat berjalan lancar. Pihaknya akan memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih mengenalkan budaya Indonesia, terutama Yogyakarta kepada para peserta kegiatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: