Pesona Waduk Cacaban Tegal Aestetik Cocok Dijadikan Wisata Terbaru 2024 Punya Ciri Khas Sendiri

Pesona Waduk Cacaban Tegal Aestetik Cocok Dijadikan Wisata Terbaru 2024 Punya Ciri Khas Sendiri

Pesona Waduk Cacaban Tegal Aestetik Cocok Dijadikan Wisata Terbaru 2024 Punya Ciri Khas Sendiri-Waduk Cacaban Tegal-

DISWAY JOGJA – Menjadi wisata terbaru 2024 yang gak kalah cantik dan menawan dengan alam yang ada. Waduk Cacaban Tegal berhasil memikat banyak orang dengan keunikan juga pesona yang dipunya.

Berdiri setelah kemerdekaan, waduk yang di resmikan Ir Soekarno ini dijadikan sebagai irigasi utama untuk pertanian. Selain itu, Waduk Cacaban Tegal bisa dinikmati sebagai wisata terbaru 2024 yang sejuk.

Jauh dari bisingnya kota, Waduk Cacaban Tegal cocok untuk healing libur wisata terbaru 2024. Melepas penat dan bersatu dengan alam menjadi pilihan tepat untuk recharge diri agar lebih semangat.

Banyak hal yang buat Waduk Cacaban Tegal terus Berjaya sebagai wisata terbaru 2024. Salah satunya adalah daya tarik, sejarah yang ada, sampai keindahan alam yang bisa dinikmati.

BACA JUGA : Pecinta Senja Wajib Tahu, Berikut 5 Wisata Terbaru 2024 Pantai di Tegal Dengan View Sunset Memukau

1. Operasional dan harga tiket masuk Waduk Cacaban Tegal

Berlokasi di jalan Penujah Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Waduk Cacaban jadi incaran wisata terbaru 2024. Panorama alam dan keunikannya buat Waduk Cacaban ramai pengunjung. Bisa dikunjungi mulai jam 6 pagi sampai jam 9 malam WIB. 

Pengunjung akan di kenakan harga tiket masuk 5 ribu per orang. Sudah bisa menikmati Waduk Cacaban Tegal dengan leluasa, keheningan yang ada bikin jiwa tenang. Udara sejuk nan segar buat diri lebih fresh dari segala beban yang teremban.

2. Sejarah Waduk Cacaban Tegal

Sudah ada dari masa Belanda di Indonesia, berawal banjir yang terus merusak pertanian warga setiap musim hujan. Selain itu, susahnya air sampai kekeringan di masa kemarau. Bikin Ir. Soekarno bertindak dan mulai pembangunan dari bebatuan.

Tahun 1952, sudah di beri tumpukan batu untuk menampung air di waktu hujan turun. Masuk je tahun 1963 pohon cemara mulai di tanamkan di sekitar waduk. Tujuannya agar air lebih bersih dan mengurangi lumpur yang tebawa.

Naun sayangnya, di tahun 1980an pohon cemara di tebang habis guna menjaga keamanan dan kestabilan infastruktur. Bendungan terus dijaga supaya tetap aman, dan berguna bagi penduduk setempat. 

Sampai di tahun 2020 Waduk Cacaban tutup karena di renovasi penuh untuk kualitas serta fungsi yang lebih baik. Dan baru di buka lagi di tahun 2022 sebagai destinasi wisata dengan semua hal yang sudah direnovasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: