Serunya Bermain Kano dan Berenang di Wisata Terbaru 2024 Lembah Oya Kedungjati Jogja

Serunya Bermain Kano dan Berenang di Wisata Terbaru 2024 Lembah Oya Kedungjati Jogja

wisata terbaru 2024 Lembah Oya Kedungjati--google

DISWAY JOGJA - Sedang mencari tempat wisata terbaru 2024 di Jogja? Lembah Oya Kedungjati ini bisa menjadi tempat tujuan berliburmu.

Berada di Kabupaten Bantul, wisata terbaru 2024 ini termasuk hidden gem dengan htm murah. Wisata alam aliran Sungai Oya ini menjadi tempat healing terbaik bagi para muda-mudi.

Tempat wisata terbaru 2024 ini menyajikan panorama alam yang memukau. Dengan airnya yang jernih, berwarna kehijauan dipadukan dengan bukit karts berbentuk unik.

Selain menawarkan panorama alam yang indah, wisata terbaru 2024 Lembah Oya ini juga menawarkan aktivitas seru. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung karena daya tarik yang dimiliki Lembah Oya Kedungjati ini.

Daya Tarik Lembah Oya Kedungjati

Tempat wisata alam ini resmi dibuka pada pertengahan tahun 2023 lalu. Banyak wisatawan yang menyebut tempat ini dengan nama Lembah Oyo Kedung Jati.

BACA JUGA : Spot Sunset Estetik, Simak Wisata Terbaru 2024 Bukit Jangkang Jogja, Cek HTM Serta Fasilitasnya Disini

1. Panorama Alam Lembah Oya Kedungjati

Meskipun kondisi jala menuju lokasi ini cukup menanjak dan menurun, tetapi sepadan dengan view yang akan didapatkan. Begitu sampai di lokasi wisatawan akan disambut dengan sungai yang tenang yang dikelilingi oleh tebing.

Sungai ini cukup luas sehingga menyerupai danau, memiliki panjang sekitar 106 km. Karena airnya yang jernih, jadi wisatawan dapat melihat bebatuan yang berada di dasar sungai.

Pada beberapa bagian tengah sungai, terdapat endapan tanah yang menyerupai pulau kecil. Sedangkan sekelilingnya dihiasi dengan tebing batu dan pepohonan yang tinggi menjulang.

2. Melakukan Berbagai Aktivitas di Sungai

BACA JUGA : Intip Daya Tarik Wisata Terbaru 2024 Waduk Sermo Jogja, Rekomendasi Liburan Menakjubkan Cek Lokasinya Disini

Salah satu aktivitas yang populer yaitu bermain kano. Kano tersebut dapat digunakan untuk 2 orang, sehingga kamu bisa menaikinya bareng pasangan.

Bahkan disebut-sebut wahana kano ini memiliki vibes seperti pada film my heart. Dengan membayar Rp 10.000 per orang, kamu dapat menikmati pengalaman yang tiada duanya.

Saat ramai, durasi naik kano akan dibatasi hanya 15 menit saja. Saat akan menaiki kano, wisatawan dibekali rompi pelampung yang telah disediakan.

Waktu terbaik untuk mencoba wahana ini yaitu saat pagoi hari. Karena saat siang maka akan semakin antre, bahkan pihak pengelola juga akan membatasi antrean wahana ini.

Selain menaiki kano, wisatawan juga bisa berenang di sungai ini. Namun tidak boleh asal menceburkan diri ya, tetap harus menggunakan rompi pelampung demi keamananmu.

Meskipun aliran air sungai ini terlihat tenang, untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu alirannya berubah. Untuk biaya sewa pelampung yaitu Rp 5.000 per orang, dan sewa ban sebesar Rp 10.000.

3. Hunting Foto

Tempat wisata favorit terpopuler ini juga cocok dikunjungi jika kamu peminat fotografi. Pasalnya banyak area yang bisa kamu abadikan dan sayang untuk dilewatkan.

Kamu bisa memotret keindahan bukit, batu dan aliran sungai yang dipadukan dengan langit biru cerah. Hasil fotomu tentu akan semakin sempurna.

4. Camping atau Piknik Singkat

Tersedia area camping yang bisa kamu gunakan untuk bermalam di sini bareng teman-teman. Lokasinya berada di tepi sungai, tentu akan memberikan pengalaman yang seru dengan biaya camping sekitar Rp 10.000. 

Kamu bisa membawa alat camping sendiri, maupun menyewa di tempat ini. Selain alat camping, juga tersedia penyewaan tikar dan beberapa tersedia gazebo untuk berisitirahat.

Jadi kamu juga bisa bersantai atau piknik singkat di tepi sungai tanpa harus bermalam di sini. Tersedia juga beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Fasilitas Lembah Oya Kedungjati

Fasilitas yang disediakan di tempat ini juga cukup memadai dan lengkap. Tersedia area parkir yang luas, toilet, mushola, warung, penyewaan pelampung, area camping, hingga perlengakapan camping.

Lokasi, HTM dan Jam Operasional

BACA JUGA : Taman Aviary Terbesar di Jogja, Berikut Wisata Terbaru 2024 Ibarbo Park Sekaligus Pusat Oleh-Oleh Terlengkap

Wisata Lembah Oya Kedungjati ini berada di Dusun Kedung Jati, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kamu dari pusat kota Yogyakarta, dapat melalui jalan Imogiri ke arah Selatan melewati pasar Imogiri, Sriharjo lalu lanjut ke Desa Selopamioro.

Tempati wisata alam ini tidak dipungut biaya untuk tiket masuknya, kamu cukup membayar parkir sesuai kendaraan yang digunakan. Bahkan tempat ini juga buka setiap hari 24 jam, jadi wisatawan bebas datang jam kapanpun.

Nah itulah informasi mengenai wisata terbaru 2024 Lembah Oya Kedungjati. Akan lebih baik jika kamu berkunjung menggunakan kendaraan bermotor. Meskipun akses menuju tempat wisata masih bisa dilalui mobil. Tetapi sepanjang jalan di tepi sungai ini hanya berupa jalan berpasir yang sempit dan bisa dilewati untuk roda dua. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: