Cobain Yuk Tradisi Masangin, Destinasi Wisata Terbaru 2024 Alun-Alun Kidul Yogyakarta Bikin Geregetan Loh

Cobain Yuk Tradisi Masangin, Destinasi Wisata Terbaru 2024 Alun-Alun Kidul Yogyakarta Bikin Geregetan Loh

Destinasi wisata terbaru 2024 Alun-Alun Kidul Yogyakarta. --Dokumentasi Pribadi Susi Lestari

DISWAY JOGJA - Berkunjung ke destinasi wisata terbaru 2024 Yogyakarta belum lengkap rasanya jika tak mampir ke Alun-Alun Kidul. 

Alun-Alun Kidul merupakan destinasi wisata terbaru 2024 Yogyakarta yang sangat populer. Alun-Alun Kidul terletak di Desa Patehan Kecamatan Kraton dan dekat dengan beberapa objek wisata lainnya. 

Dua destinasi wisata terbaru 2024 yang dekat dengan Alun-Alun Kidul adalah Keraton Yogyakarta dan Kawasan Malioboro.

Jika diperhatikan dengan seksama, destinasi wisata terbaru 2024 Alun-Alun Kidul atau yang kerap disingkat menjadi Alkid tidak pernah sepi pengunjung. 

Pada hari-hari biasa, Alkid dijadikan sebagai tempat untuk nongkrong para anak muda dan juga bersantai para turis yang telah berkeliling seantero Yogyakarta. 

Pada weekend atau libur panjang, Alkid akan semakin penuh sesak dengan orang baik lokal maupun turis. Turis yang datang akan mengambil tempat duduk di Alkid sembari bercengkerama dengan teman atau keluarganya. 

BACA JUGA : Menyicipi Suguhan Klasik Mie Lethek Khas Wisata Terbaru 2024 Yogyakarta Enak, Sehat, dan Kenyang Cek Ulasannya

Pengunjung tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat saat berkunjung, pasalnya ukuran Alkid sangat luas dan suasananya membuat betah untuk berlama-lama. 

Dikutip DISWAY JOGJA dari indonesia-tourism.com, banyak yang bertanya-tanya sebenarnya apa yang dimiliki Alun-Alun Kidul sehingga menjadi destinasi wisata terbaru 2024 Yogyakarta yang wajib dikunjungi. 

Ternyata Alkid memiliki banyak pesona dan daya tarik. Pesona tersebut muncul dari salah satu tradisi bernama Masangin. Bagi yang penasaran dengan tradisi Masangin di Alun-Alun Kidul Yogyakarta, berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Daya Tarik Alun-Alun Kidul Yogyakarta 

Dalam bahasa Jawa, kidul artinya adalah Selatan. Mengapa dinamakan kidul karena alun-alun ini terletak di bagian selatan Keraton Yogyakarta. Selain Alun-Alun Kidul, ada pula Alun-Alun Utara yang terletak di bagian utara. 

Pesona utama Alkid adalah suasananya yang membuat betah dan juga beragam aktivitas yang bisa dilakukan. Salah satu aktivitas yang sangat terkenal dan biasa dilakukan di Alkid adalah Tradisi Masangin. 

Tradisi Masangin adalah sebuah mitos yang sudah ada sejak zaman Kesultanan Yogyakarta. Tradisi ini awalnya dilakukan oleh para prajurit dan abdi dalem ketika ritual Topo Bisu pada malam Satu Suro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: www.indonesia-tourism.com