10 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Bernuansa Alam Di Bondowoso, Simak Alamat Lengkap Dan HTMnya Disini

10 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Bernuansa Alam Di Bondowoso, Simak Alamat Lengkap Dan HTMnya Disini

Kawah Ijen-instagram @ammar.salehan-

DISWAY JOGJA - Bondowoso merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Bondowoso memiliki banyak pilihan wisata terbaru 2024 bernuansa alam yang mempesona.

Berbagai kekayaan alam wisata terbaru 2024 bernuansa alam di Bondowoso mulai dari perbukitan, air terjun, hutan, dan lain-lain.

Kawasan wisata terbaru 2024 bernuansa alam di Bondowoso identik dengan pegunungan. Sehingga, udara di area ini cukup sejuk.

Keindahan pesona wisata terbaru 2024 bernuansa alam di Bondowoso ini  memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini membuat banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

Berikut 10 rekomendasi wisata favorit terpopuler bernuansa alam di Bondowoso :

1. Kawah Wurung

Kawah Wurung ini merupakan bukit yang memiliki cekungan di tanah dan diselimuti oleh padang rumput hijau dengan suasana sejuk, udara dingin, dan pemandangan alam penuh pepohonan hijau yang memukau. Terdapat berbagai aktivitas yang bisa dilakukan, antara lain bersepeda, paralayang, ATV, Camping, Outbond, Trail Adventure.

Alamat : Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bodowoso, Jawa Timur.

HTM : Rp5.000

2. Air Terjun Blawan

Air terjun ini memiliki air berwarna kekuningan, dan mengeluarkan asap, karena mengandung belerang Gunung Ijen, dengan ketinggian air terjun sekitar 30 meter. Konon, dulunya air terjun ini menjadi tempat semedi Damar Wulan sebelum melawan Minak Jinggo.Di sekitar air terjun ini terdapat pemandian air panas yang diyakini dapat melancarkan peredaran darah dan menyembuhkan segala jenis penyakit kulit. Pemandangan alam yang disuguhkan air terjun ini sangat indah dan eksotis. Tempat ini berada di area perkebunan kopi, sehingga kamu bisa menikmati aroma kopi saat musim panen tiba.

Alamat : Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

HTM : Rp2.000

3. Bukit Jabal Kirmit

Bukit ini mirip dengan pemandangan bukit di Selandia Baru. Pemandangan yang disuguhkan wisata paling trending bernuansa alam di Bondowoso ini berupa Gunung Ijen yang sangat indah dan hamparan rumput hijau yang menyegarkan mata. Di Bukit Jabal Krimit kamu dapat menemukan peternakan kuda dan peternakan kijang. Bukit ini berada di kawasan base camp pendakian ke Kawah Ijen.

Alamat : Desa Jampit, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso, Jawa Timur.

HTM : GRATIS

4. Bukit Mahadewa

Pemandangan yang disuguhkan dari bukit ini berupa hamparan hutan pinus yang luas, pohon teh dan berlatar belakang Gunung Raung dan Gunung Argopuro. Pemandangan perkotaan akan terlihat jelas jika kamu datang pada mala hari. Di sini juga ada wahana outbound seperti flying fox yang bisa kamu nikmati. Bukit ini cocok untuk bersantai, sambil melihat keindahan matahari terbenam yang menakjubkan.

Alamat : Desa Kupang, Kec.Curah Dami, Kab. Bondowoso, Jawa Timur.

HTM : Rp5.000

BACA JUGA : 6 Tempat Wisata Terbaru 2024 Air Terjun Terindah Di Blora, Simak Alamat Lengkap Dan HTMnya Disini

5. Batu Susun Solor

Wisata paling hits bernuansa alam di Bondowoso ini merupakan sebuah susunan batu dan perbukitan yang sangat mirip dengan Stonehenge yang ada di Inggris. Memiliki sisi eksotis yang tidak biasa dengan bebatuan alam yang tersusun di tengah kawasan perbukitan yang hijau. Selain pesona bebatuan yang menakjubkan, kamu bisa melepas penak dengan menikmati pemandangan alam yang sangat memukau, dan wisata ini dilengkapi fasilitas berupa gazebo untuk bersantai dan spot foto yang bagus.

Alamat : Desa Solor, Kecamatan Cerme, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

HTM : Rp5.000

6. Taman Galuh

Wisata terupdate kekinian bernuansa alam di Bondowoso ini merupakan taman bunga yang terletak di bawah kaki Gunung Crengih. Wisata ini menyuguhkan pemandangan berupa keindahan alam khas perbukitan yang menyegarkan mata. Suasana sejuk dan hamparan bunga beraneka ragam dan berwarna warni. Taman ini sangat dirawat dan dipelihara dengan baik, sehingga kamu tidak dapat seenaknya memetik bunga-bunga yang ada di sini.

Alamat : Afdeling Girimulyo, Desa Sumberrejo, Kecamatan ljen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

HTM : Rp5.000

7. Air Terjun Tancak Kembar Pakem

Air terjun ini memiliki dua aliran air dengan ketinggian yang sama yaitu 70 meter. Pemandangan sekitar dikelilingi pepohonan hijau yang alami, dan aliran air terjun yang deras membuat suasana menjadi sejuk dan menyegarkan. Konon, jika kita mandi di bawah air terjun, maka bisa membuat kita awet muda. Karena dulunya air terjun ini merupakan lokasi Dewi Rengganis mandi.

Alamat : Desa Andungsari, Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

HTM : Rp5.000

8. Hutan Pinus Tasnan Forest

Hutan ini merupakan hutan pohon Pinus yang sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti ayunan kayu, lampion-lampion yang bergantungan, hammock, dan kursi-kursi kayu, serta beberapa spot untuk berfot. Selain itu, di sini juga terdapat kolam renang yang airnya bersumber  langsung dari mata air alami.

Alamat : Desa Taman, Kec.Grujukan, Kab. Bondowoso, Jawa Timur.

HTM : Rp5.000 – Rp10.000

9. Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan danau yang memiliki air berwarna kebiruan dan tertutupi oleh kabut. Air danau di Kawah Ijen memiliki kandungan asam sangat tinggi dan sangat menyengat jika terhirup, jadi disarankan bagi pengunjung untuk membawa penutup hidung. Daya tarik utama dari wisata alam terbuka bernuansa alam di Bondowoso ini berupa blue fire atau api biru yang sangat fenomenal. Api tersebut berasal dari gas belerang yang tercampur dengan udara, sehingga menghasilkan reaksi kimia.

Alamat : Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

HTM : Hari biasa (wisatawan lokal Rp5.000 dan wisatawan mancanegara Rp100.000), hari libur (wisatawan lokal Rp7.500 dan wisatawan mancanegara Rp150.000).

BACA JUGA : 8 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Bernuansa Alam Blora Jawa Tengah, Simak Alamat Dan HTMnya Disini

10. Bosamba Rafting

Di wisata ini, kamu akan disuguhkan dengan berbagai aktifitas menguji adrenalin seperti rafting, flying fox, outbound, cycling dan lainnya.

Alamat : Desa Taman Krocok, Koanyar, Taman, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

HTM : - Wonderful Rafting: Fun Rafting Rp.175.000 min 2pax, Paket Pelajar Rp.125.000 min 5pax

- Screaming Flying Fox: Meluncur dari ketinggian Rp.30.000/px

- Creative Outbound: Kids Outbound Program 4-5 Jam Rp.50.000/pax min 50pax, Leadership Basic Training For Student Rp.150.000/pax min 30pax

- Skrimish Paint Ball: Combat Game Rp.150.000/pax min 20pax

- Cycling Adventure: Fun Adventure Rp.75.000/pax min 10pax

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 bernuansa alam di Bondowoso. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: