7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Gunungkidul? Cocok Buat Libur Lebaran, Simak Lokasi dan Ulasan Lengkapnya

7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Gunungkidul? Cocok Buat Libur Lebaran, Simak Lokasi dan Ulasan Lengkapnya

Wisata di Gunung Kidul--

DISWAY JOGJA- Gunungkidul memiliki pesona yang dapat dijadikan wisata. Ada beragam rekomendasi wisata terbaru 2024 di Gunung Kidul yang populer, cocok buat libur lebaran kamu dan keluarga.

Rekomendasi wisata terbaru 2024 di Gunung Kidul yang populer bisa kamu kunjungi bersama keluarga saat libur lebaran kali ini. Pasalnya banyak wisata keluarga yang menawarkan keseruan yang menyenangkan.

Beragam wisata terbaru 2024 di Gunung Kidul memiliki keindahan alam yang mempesona, sehingga banyak wisatawan yang hadir terutama saat momen libur lebaran tiba.

Artikel ini akan membahas terkait rekomendasi wisata terbaru 2024 di Gunung Kidul yang populer, cocok buat libur lebaran kamu bersama keluarga. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA : 6 Destinasi Hidden Gems Wisata Terbaru 2024 Lampung Utara? Sering Dikunjungi Khalayak, Kamu Kapan?

Berikut beberapa wisata alam bernuansa pesona bahari di Gunungkidul untuk kamu, simak ulasan lengkapnya di sini :

1. Pantai Ngobaran

Wisata pertama yang bisa kamu kunjungi yaitu Pantai Ngobaran. Pantai ini dijuluki Bali of Java serta Uluwatunya Yogyakarta. Kamu bisa memilih tempat ini sebagai lokasi wisata libur lebaran tahun ini.

Terdapat pura di tebing-tebing pantai Ngobaran yang indah. Selain pura, di sini juga ada masjid. Sehingga, pantai ini seolah menjadi simbol kerukunan umat beragama di Indonesia.

Lokasi pantai ngobaran berada di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul. Di sini kamu akan melihat pemandangan indah pantai yang sangat menawan dan eksotis, banyak biota laut di sepanjang pantainya.

2. Pantai Baron

Pantai Baron memiliki ciri khas utama yaitu adanya mercusuar tinggi bernama mercusuar Tanjung Baron yang berada di puncak bukit karang. Pantai ini menjadi tempat pertemuan air sungai dengan air laut.

Fasilitas wisata di pantai ini juga sudah lengkap seperti tempat parkir, tempat makan, sentra oleh-oleh, tempat bermain anak, dan lainnya. Sehingga sangat cocok jika dijadikan pilihan wisata libur lebaran.

Lokasi pantai baron ini berada di kelurahan Kemandang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta.

3. Pantai Jungwok

Nama pantai Jungwok berasal dari bahasa Jawa, yaitu Manjung dan Krowok. Manjung adalah gunung purba di area itu yang meledak sampai krowok (berlubang). Pantai ini juga merupakan wisata populer terfavorit di gunung kidul.

Pantai ini berlokasi di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta. Kamu cukup membayar tiket masuk 5 ribu rupiah saja.

Selain hamparan pasir pantai, terdapat pula area perbukitan untuk trekking santai sambil berfoto-foto. Ombak pantai yang tidak terlalu tinggi juga aman untuk kamu berenang di pantai Jungwok.

4. Pantai Gesing

Pantai Gesing ini juga cocok untuk dijadikan tempat libur lebaran kamu dan keluarga. Pasalnya pantai ini salah satu pantai populer di Gunung Kidul dan menjadi jujukan wisata dari berbagai daerah. Ombaknya juga tenang karena areanya diapit oleh dua perbukitan besar yang memecah ombak selatan.

Lokasi pantai ini berada di Dusun Panjolo Mulyo, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang. Sebagai oleh-oleh, kamu bisa membeli olahan ikan yang dijual di warung-warung dan toko-toko sebagai khas daerah sana.

BACA JUGA : Jelajahi Wisata Pantai di Lampung Selatan: Wisata Terbaru 2024 yang Cocok Untuk Liburan

5. Pantai Sepanjang

Wisata paling trending di Gunungkidul selanjutnya yaitu pantai Sepanjang, tempat ini juga cocok untuk libur lebaran kamu. Destinasi wisata pantai di Gunungkidul yang ini dinamakan sedemikian rupa karena pantai ini memiliki garis pantai terpanjang di Gunungkidul.

Kebersihan Pantai Sepanjang yang cukup terjaga, membuat tempat ini banyak diminati wisatawan. Ombak pantai ini juga cocok untuk melakukan surfing. Pantai Sepanjang ini juga dikatakan mirip dengan Pantai Kuta jaman dulu, karena keindahan alam dengan sedikit bangunan permanen di sekitarannya.  

Lokasi pantai sepanjang ini berada di Jl. Nglolang, Saglen, Ngalos, Kemadang Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta.

6. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng ini juga cukup populer sebagai tempat wisata. Jika kamu ingin mengetahui backstory dari pantai Sadeng ini cukup unik. Dahulu kala, Pantai Sadeng merupakan tempat bermuaranya Bengawan Solo.

Sampai akhirnya jutaan tahun yang lalu, lempengan Australia terbentur dengan bagian selatan Pulau Jawa, sehingga dataran bagian selatan Pulau Jawa terangkat. Bengawan Solo lalu mengalir ke utara.

Saat ini, Pantai Sadeng menjadi pusat perikanan di Yogyakarta yang paling maju dan penduduknya sebagian besar sebagai nelayan. Kamu bisa datang ke pantai ini sebagai tempat libur lebaran bersama keluarga.

Lokasi pantai sadeng ini yaitu berada di Desa Sadeng, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta.

7. Pantai Sedahan

Pantai Sedehan ini memang menjadi wisata baru karena tidak banyak yang tahu di kalangan wisatawan. Pantai ini diapit oleh dua pulau karang besar mengapit perairan biru di tengahnya, yang disempurnakan dengan hamparan pasir lembut.

Lokasi wisata ini berada di di Desa Jepitu, kecamatan Girisubo, Gunungkidul Jogjakarta. Untuk sampai di sana, butuh waktu sekitar dua jam dari pusat kota Jogja untuk sampai ke pantai ini. Meskipun lokasinya yang sedikit terpencil, namun semua akan terbayar dengan keindahan pantai ini.

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 di Gunungkidul yang cocok untuk Libur lebaran, dengan lokasinya. Selamat mencoba. (*).

BACA JUGA : Bak Surga: 7 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Lampung Selatan yang Wajib Dikunjungi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: