8 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Sumenep Jawa Timur, Simak Alamat Lengkap Dan HTMnya Disini

8 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Sumenep Jawa Timur, Simak Alamat Lengkap Dan HTMnya Disini

Pulau Gili Labak-instagram @rizahimawan-

DISWAY JOGJA - Sumenep merupakan salah satu kota besar di Madura, Jawa Timur. Sumenep memiliki banyak wisata terbaru 2024 yang menarik untuk dikunjungi, wilayah ini terdapat banyak pantai yang indah.

Tempat wisata terbaru 2024 di Sumenep sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, hingga bangunan arsitekturnya yang indah.

Banyak wisata terbaru 2024 di Sumenep yang menyuguhkan keindahan alam menakjubkan. Suasana yang asri membuat siapapun yang berkunjung betah berlama-lama di sini.

Masing-masing wisata terbaru 2024 di Sumenep ini memiliki pesona dan daya tariknya tersendiri. Hal ini membuat banyaknya wisatawan yang berkunjung, baik dari lokal maupun mancanegara.

Berikut 8 rekomendasi wisata populer terfavorit di Sumenep Jawa Timur :

1. Bukit Tinggi Daramista

Wisata populer trending di Sumenep ini menyuguhkan hamparan alam hijau yang luas membuat suasana menjadi asri dan pemandangan kota Sumenep dari atas bukit tinggi. Kamu juga menikmati pemandangan matahari terbenam yang cantik. Pada malam hari, pemandangan di sini tak kalah cantik, terdapat lampu kerlap kerlip berwarna-warni membuat suasana menjadi romantis.

Fasilitas di sini cukup memadai seperti gazebo, kolam ikan, dan beberapa spot foto yang menarik. Serta terdapat beberapa wahana permainan anak antara lain, jungkat-jungkit, ayunan,dll.

Alamat : Billa Tompok, Daramesta, Kec. Lenteng, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

HTM : Rp5.000

2. Bukit Batu Putih Sumenep

Bukit ini merupakan bekas galian tambang kapur, sehingga membuat cekungan dinding batu kapur berundak yang terlihat sangat indah, serta menyuguhkan pemandangan yang artistik. Karena bentuknya memiliki nilai estetika yang tinggi dan pemandangan alamnya juga indah, tak heran jika bukit ini sering dijadikan lokasi foto prewedding.

Alamat : Desa Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur.

HTM : Rp3.000

3. Museum Keraton Sumenep

Museum ini merupakan wisata sejarah di Sumenep yang menyimpan banyak koleksi benda-benda bersejarah peninggalan bangsawan Sumenep, seperti surat, kitab, pusaka, Al-Quran besar yang ditulis tangan, kereta kencana pada masa pemerintahan Sultan Abdurrachman, dan peninggalan-peninggalan lainnya.

Alamat : Jl. Dr. Sutomo No.6, Lingkungan Delama, Pajagalan, Kec. Kota Sumenep, Kab. Sumenep Jawa Timur.

HTM : Rp4.000

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 4 Destinasi Bersejarah Jombang, Simak Alamat Lengkap Dan HTMnya Disini

4. Wisata Mangrove Kedatim

Wisata terbaru 2024 di Jombang  ini terdapat berbagai jenis tumbuhan mangrove dan menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Tersedia lintasan jogging track dan spot foto yang menarik, serta beberapa gazebo. Udaranya sejuk bernuansa pedesaan membuat suasana tenang.

Pada saat malam hari, terdapat lampu-lampu yang menghiasi wisata ini dan memberikan suasana romantis. Para pengunjung juga dapat belajar tentang berbagai jenis tanaman mangrove yang dibudidayakan di sini.

Alamat : Jl. Pelabuhan, Dusun Ro’soro, Kebundadap Tim., Kec. Saronggi, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

HTM : Rp10.000

5. Asta Tinggi

Wisata bernuansa sejarah di Jombang ini merupakan wisata religi berupa makam raja-raja Sumenep. Pintu gerbang makam ini memiliki gaya arsitektur Eropa. Selain itu, desain Eropa ini juga bisa dilihat dari bentuk kubah makam sultan Abdurrahman. Bangunan makam ini juga dipengaruhi oleh budaya Islam, Tionghoa, dan Hindu. Beberapa masyarakat meyakini bahwa Pangeran Diponegoro dimakamkan di sini.

Alamat : Jl. Asta Tinggi, Temor Lorong, Kebunagung, Kota sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

HTM : GRATIS

6. Air Terjun Durbugan

Air terjun ini memiliki pemandangan yang asri dikelilingi pohon hijau, udara yang sejuk, airnya juga jernih dan bersih. Penduduk sekitar air terjunnya juga ramah, sehingga banyak wisatawan yang betah berlama-lama di sini. Kamu juga bisa berenang di sini, membuat badan kamu menjadi segar. Wisata bernuansa alam di Sumenep ini cocok untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari.

Alamat : Desa Kowel, Aeng Merah, Kec. Batu Putih, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

HTM: GRATIS

7. Pulau Gili Labak

Gili labak merupakan pulau dengan hamparan pasir putih yang panjang. Airnya jernih berwarna gradasi hijau toska dan warna biru. Ombaknya juga kecil dan tenang, sehingga kamu bisa melakukan snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut dan terdapat terumbu karang yang cantik. Jawangan khawatir, karena di sini sudah disediakan penyewaan alat untuk menyelam.

Untuk sampai ke Pulau Gili Labak, wisatwan harus menyebrang dari pelabuhan kalianget menggunakan perahu yang disewa dengan harga terjangkau.

Alamat : Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

HTM : GRATIS

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Jombang? 6 Destinasi Air Terjun Terindah, Simak Alamat Lengkap Dan HTMnya Disini

8. Pantai Lombang

Pantai ini memiliki pasir putih bersih, dikelilingi oleh bukit hijau yang membuat suasana pantai menjadi sejuk, dan terdapat pohon cemara udang. Ombaknya tidak besar  dan arusnya tenang, sehingga kamu dapat berenang ataupun bermain air dengan aman. Dipantai ini juga sudah dilengkapi fasilitas dan berbagai wahana yang menarik.

Alamat : Lombang, Kec. Batang - Batang, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

HTM : Rp5.000

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 di Sumenep Jawa Timur. Semoga bermanfaat menambah referensi tempat liburan bersama keluarga dan selamat berlibur! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: