Wisata Terbaru 2024 Gunung Ijen Berikut Informasi Tiket, Fasilitas dan Rutenya Cek Ulasan Lengkapnya Disini

Wisata Terbaru 2024 Gunung Ijen Berikut Informasi Tiket, Fasilitas dan Rutenya Cek Ulasan Lengkapnya Disini

wisata terbaru 2024 gunung ijen--traveloka.com

DISWAY JOGJA-Halo, sobat travelers! Apa resolusi wisata terbaru 2024 kalian di tahun ini? Jika belum ada, izinkan saya merekomendasikan satu destinasi yang wajib masuk ke dalam bucket list, yaitu Gunung Ijen di Jawa Timur. Gunung yang masih aktif ini menyimpan sejuta pesona alam yang siap memanjakan mata dan memori kalian!

Sudah banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang terpukau dengan keindahan wisata terbaru 2024 Gunung Ijen. Nah, biar perjalanan kalian ke sana nggak ada halangan, simak informasi lengkap tentang tiket masuk, rute, dan hal-hal menarik lainnya di bawah ini, ya!

Serba-Serbi Gunung Ijen

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita kenalan dulu dengan wisata terbaru 2024 Gunung Ijen yang menjadi primadona di Jawa Timur ini. Gunung Ijen merupakan gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian sekitar 2.799 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso.

Nah, di puncak wisata terbaru 2024 Gunung Ijen ini, terdapat sebuah kawah berupa danau asam berwarna hijau kebiruan yang sangat memesona. Danau ini memiliki diameter sekitar 700 meter dengan luas mencapai 5.466 hektar dan kedalaman hingga 200 meter. Volumenya pun sangat besar, bisa mencapai 36 juta meter kubik!

Pemandangan danau asam yang unik dan indah ini merupakan daya tarik utama dari Gunung Ijen. Apalagi, di sekitar kawah danau, sering kali terbentuk kabut tebal yang menyelimutinya akibat suhu yang sangat rendah, berkisar 2 derajat Celcius saja. Sudah bisa membayangkan pemandangan mistis yang akan kalian temui di sana?

Uniknya Kawah Ijen

Selain pemandangan danau asamnya yang menawan, Gunung Ijen juga menyimpan banyak keunikan yang siap membuat kalian terpana. Pertama, ternyata Kawah Ijen ini merupakan danau air asam terbesar yang ada di dunia, lho! Tingkat keasamannya bahkan bisa mendekati titik nol sehingga bisa melarutkan benda apa pun yang masuk ke dalamnya dengan cepat.

Keunikan lain yang nggak boleh dilewatkan adalah fenomena blue fire atau api biru yang hanya bisa dilihat pada dini hari menjelang pagi, tepatnya sebelum pukul 05.00. Api biru ini muncul secara alami dari tengah-tengah danau dan hanya ada dua di dunia, yaitu di Islandia dan di Kawah Ijen, Indonesia.

Pemandangan api biru yang berkobar dari dalam danau asam hijau kebiruan ini dijamin akan membuat kalian terpukau dan seolah berada di dunia lain. Sayang banget kalau keindahan alam sebagus ini terlewatkan, kan?

Selain itu, di kawasan Gunung Ijen, kalian juga bisa menikmati keindahan alam lainnya seperti hamparan pohon manisrejo yang tumbuh di jalanan menuju kawah, serta tanaman-tanaman yang hanya tumbuh di dataran tinggi seperti bunga edelweiss dan bunga cemara gunung. Sudah siap untuk menjelajahi surga tersembunyi di Jawa Timur ini?

BACA JUGA : Nikmati Libur Lebaran Bareng Keluarga Dengan Bekunjung ke Wisata Terbaru 2024 Pantai Kebumen yang Memikat Hati

Rute Menuju Gunung Ijen

Nah, setelah tahu keunikan dan keindahan yang ditawarkan Gunung Ijen, sekarang saatnya kita bahas rute dan cara untuk mencapai tempat wisata menakjubkan ini. Berhubung lokasinya yang berada di perbatasan dua kabupaten, jalur menuju Gunung Ijen pun terbagi menjadi dua rute.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: