Wisata Terbaru 2024: Tips Terbaru Untuk Menikmati Keindahan Candi Borobudur, No 3 Patut Dicoba

Wisata Terbaru 2024: Tips Terbaru Untuk Menikmati Keindahan Candi Borobudur, No 3 Patut Dicoba

wisata terbaru candi Borobudur --pexels.com

DISWAY JOGJA-Hai, sobat! Tahun ini, apakah kalian sudah merencanakan destinasi wisata terbaru 2024 favorit untuk dikunjungi? Kalau belum, izinkan saya merekomendasikan satu tempat yang nggak akan pernah kehilangan pesonanya sejak dulu, yaitu Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Sebagai salah satu keajaiban dunia dan Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Buddha terbesar di dunia ini memang selalu memikat untuk dijelajahi.

Nah, biar liburan kalian ke wisata terbaru 2024 Borobudur nggak itu-itu aja, kali ini saya akan membagikan beberapa aktivitas seru dan cara terbaru untuk menikmati keindahan candi megah ini. Yuk, simak tips di bawah ini dan no 3 patut banget untuk dicoba!

1. Berburu Sunrise Menakjubkan di Borobudur

Menikmati keindahan wisata terbaru 2024 Borobudur saat matahari terbit memang selalu jadi aktivitas wajib bagi para pengunjung. Bangunan candi yang megah dengan ukiran-ukiran indah di setiap sudutnya akan terlihat sangat memesona saat tertimpa sinar mentari pagi yang keemasan. Pastikan kalian datang lebih awal, sekitar pukul 5 pagi agar nggak ketinggalan momen instagrammable ini.

2. Kunjungi Desa-Desa Sekitar dan Rasakan Kehidupan Pedesaan

Nah, ini dia aktivitas yang patut banget kalian coba saat berkunjung ke Borobudur! Setelah puas menjelajahi candi, luangkan waktu untuk mengunjungi desa-desa di sekitar wisata terbaru 2024 Borobudur seperti Desa Wanurejo, Desa Tanjungsari, Desa Giritengah, Desa Majaksingi, dan Desa Candirejo.

Di desa-desa ini, kalian bisa menikmati suasana pedesaan yang asri dan damai. Kalian juga bisa berinteraksi dengan warga lokal sambil menikmati pertunjukan tari tradisional dan gamelan yang khas. Atau, kalian juga bisa menginap di homestay yang tersedia untuk merasakan kehidupan pedesaan lebih dekat lagi. Pengalaman seperti ini pasti akan membuat liburan kalian ke Borobudur jadi lebih berkesan dan nggak terlupakan!

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Wisata Terbaru 2024 Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Buat Menghabiskan Waktu Libur Lebaran

3. Jelajahi Tiga Museum Seru di Kawasan Borobudur

Kalau kalian memang pengen menggali lebih dalam sejarah dan budaya yang ada di balik kemegahan Candi Borobudur, kunjungi ketiga museum yang ada di kawasan tersebut, yaitu Museum Borobudur, Museum Kapal Samudraraksa, dan Museum MURI (Museum Rekor-Rekor Indonesia).

Di Museum Borobudur, kalian bisa melihat sejumlah artefak arkeologi dan hasil penggalian yang ada di candi megah itu. Sementara di Museum Kapal Samudraraksa, kalian akan menemukan sisa-sisa kapal Samudraraksa yang konon berlayar dari Afrika menuju Indonesia pada zaman dulu. Terakhir, kalian bisa mengunjungi Museum MURI yang menyimpan berbagai rekor dan koleksi langka dari Indonesia.

4. Berburu Spot Instagrammable di Svargabumi dan Gerbang Klangon

Setelah puas mengeksplorasi Borobudur dan desa-desa sekitarnya, kalian juga bisa mampir ke beberapa spot instagrammable yang nggak kalah kece di sekitar kawasan wisata tersebut. Pertama adalah Svargabumi, sebuah kawasan persawahan ala Ubud, Bali yang menawarkan 22 spot foto kekinian dan menggemaskan.

Selanjutnya, kalian juga bisa mengabadikan momen di Gerbang Klangon atau Gerbang Samudra Raksa yang terletak di perbatasan Kulon Progo dan Magelang. Gerbang unik ini berbentuk seperti kapal bercadik khas Nusantara yang sangat instagrammable untuk dilirik kamera kalian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: