Meriahnya Ramadan di Desa Laren Brebes, Adakan Festival Patrol Gugah Sahur

Meriahnya Ramadan di Desa Laren Brebes, Adakan Festival Patrol Gugah Sahur

ANTUSIAS - Peserta Festival Gugah Sahur memainkan musik penggugah sahur di Desa Laren, Bumiayu.-TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES -

BUMIAYU, DISWAYJOGJA - Kemeriahan tersaji saat kegiatan Festival Patrol Gugah Sahur yang diadakan Pemerintah Desa Laren, Kecamatan Bumiayu dan pengurus karang taruna setempat, kemarin.

Waktu bersantap sahur bagi warga Desa Laren saat itu terasa spesial dan semarak. Sebanyak 12 group, yang merupakan perwakilan dari setiap pedukuhan yang ada di Desa Laren ambil bagian untuk ikut membangunkan warga untuk bersahur.

BACA JUGA:Wisata Terbaru 2024 Kuliner? 6 Rekomendasi Restoran 24 Jam di Bandung Cocok Jadi Tempat Buka Puasa dan Sahur

Start SD Laren 04 serta finish Sapihire Regency, mereka keliling kampung. Masing-masing group menampilkan atraksi berupa kolaborasi antara penabuh alat musik, yang diiringi lantunan lagu penggugah sahur. Patrol merupakan seni memainkan alat musik dari bambu, serta alat lainnya yang sangat sederhana,biasanya dimainkan untuk membangunkan warga guna makan sahur setiap Ramadan, tradisi ini menjadi sebuah pertunjukan yang senantiasa ditunggu oleh warga menjelang sahur dan seiring waktu berjalan,alat musik yang dimainkan menjadi sangat beragam.

Ketua Karang Taruna Desa Laren Elisabeth mengatakan,semarak Ramadan diselenggarakan dan diinisiasi oleh pemuda-pemudi yang tergabung dalam Karang Taruna.

“Dengan dukungan penuh dari Pemdes Laren, rangkaian kegiatan semarak bulan Ramadan berjalan dengan lancar dan sukses,”tutur Elisabeth.

Menurut dia, ada 4 kegiatan yang diselenggarakan,ada lomba Pildacil, lomba Muslim Fashion Show dengan tema”Generasi Muslim”, dengan katagori usia dibawah 10 tahun kebawah,ada santunan anak yatim sekaligus buka puasa bersama dan puncaknya Festival Patrol Gugah Sahur.

BACA JUGA:Tebar Berkah Ramadan, Bank Mandiri Santuni 2.750 Anak Yatim dan Duafa di Jateng dan DIY

“Di bulan Ramadan ini,ada beberapa kegiatan yang kita laksanakan, dan harapan kedepannya kegiatan ini menjadi agenda tahunan Desa Laren,serta mengembalikan marwah desa seperti jaman dahulu, setiap bulan puasa kental sekali dengan unsur-unsur Ramadhan”jelas Elisabeth.

Sementara itu, Kepala Desa Laren Arief Setiawan, sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan-kegiatan semarak Ramadhan dan puncaknya digelar Festival Patrol Gugah Sahur.

“Pemdes Laren dari awal sangat mendukung program kegiatan, yang dilaksanakan oleh pemuda-pemudi Karang Taruna Desa Laren,” ungkap Arief Setiawan.

Lebih lanjut Arief Setiawan menyampaikan, melihat antusiasnya masyarakat menonton festival Patrol Gugah Sahur pada malam ini, acara ini selain menjadi media hiburan, tetapi sebagai media untuk melestarikan kebudayaan serta memperkuat identitas lokal ditengah arus globalisasi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: