Pantura Brebes Masih Minim Penerangan Jalan, Pemudik Diimbau Berhati-hati

Pantura Brebes Masih Minim Penerangan Jalan, Pemudik Diimbau Berhati-hati

MELINTAS - Kendaraan melintas di jalur Pantura Kabupaten Brebes yang minim penerangan. -EKO FIDIYANTO/ RADAR BREBES -

BREBES, DISWAYJOGJA - Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalur Pantura Brebes hingga saat ini masih minim. Kondisi gelap bakal dirasakan pemudik di jalur Pantura mulai dari pintu masuk Jawa Tengah atau di Kecamatan Losari hingga memasuki Kota Brebes. Karena itu, pemudik diimbau berhati-hati saat memasuki wilayah Brebes pada malam hari.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Brebes Budhi Darmawan mengakui, hingga saat ini memang masih banyak membutuhkan pemasangan PJU untuk jalur pantura. Kebutuhan PJU untuk sepanjang Jalur Pantura Losari hingga Brebes mencapai 501 titik, namun hingga saat ini baru terpenuhi 150 titik. Itupun baru difokuskan di ruas Kota Brebes hingga perbatasan Kota Tegal.

BACA JUGA:Pasar Tumpah Bulakamba Biang Kemacetan di Jalur Pantura Brebes saat Mudik Lebaran

Hingga saat ini baru terpasang sekitar 20 persen dari kebutuhan PJU, karena keterbatasan anggaran," kata Budhi Darmawan, Sabtu, 30 Maret 2024.

Masih minimnya penerangan jalan umum di Kabupaten Brebes, membuat pengendara harus lebih berhati-hati bila saat melintas. Apalagi jalur Pantura Brebes merupakan jalur cepat. Jalur ini juga merupakan jalur lelah bagi pemudik dari arah Jakarta dan sekitarnya. Kalau soal rambu-rambu jalan di Pantura Brebes, sudah memenuhi kebutuhan,ungkapnya.

Dia menyebut, idealnya pemasangan PJU sesuai standar kelayakan harus berjarak antara 35 meter hingga 50 meter. Namun saat ini penerangan jalan tersebut belum memenuhi standar. Lebih lanjut dia mengatakan, secara keseluruhan, kebutuhan PJU di wilayah Kabupaten Brebes mencapai 14.830 titik. Pemenuhan kebutuhan ini akan diselesaikan secara bertahap, sesuai kemampuan anggaran daerah. 

BACA JUGA:Pasar Tumpah Bulakamba Biang Kemacetan di Jalur Pantura Brebes saat Mudik Lebaran

"Kebutuhan PJU se Kabupaten Brebes masih banyak, dan kami akan selesaikan secara bertahap sesuai anggaran," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: