Wisata Terbaru 2024 Semarang? Pagoda Avalokitesvara Tampilkan Wisata Religi yang Sangat Unik dan Estetik

Wisata Terbaru 2024 Semarang? Pagoda Avalokitesvara Tampilkan Wisata Religi yang Sangat Unik dan Estetik

Wisata Terbaru Pagoda Avalokitesvara-disway.jogja-instagram.com/tonikriananto

DISWAY JOGJA - Jalan-jalan ke Semarang tidak hanya sekadar berkunjung untuk beli lumpia atau bandeng presto. Mampir juga ke wisata terbaru 2024 Pagoda Avalokitesvara.

Wisata terbaru 2024 ini juga dikenal dengan nama Pagoda Kwan Im. Pasalnya, di dalam vihara ini terdapat patung Dewi Kwan Im dengan tinggi sekitar lima meter.

Wisata terbaru 2024 ini merupakan tempat sembahyang agama Buddha dan termasuk salah satu tempat wisata religi di Semarang.

Wisata terbaru 2024 ini berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, persis di depan Markas Kodam IV Diponegoro, Watugong, Semarang. Posisinya berada di pinggir jalan jadi mudah ditemukan. Dari pusat kota Semarang, waktu tempuhnya hanya 20-30 menit. Lokasinya dekat cukup dekat dengan Lawang Sewu.

Kalau berangkat dari Tugu Muda Semarang, kamu bisa menuju Jl. Dr. Sutomo sampai tiba di Jl. Letnan Jenderal S. Parman. Lanjutkan perjalanan ke Jl. Setiabudi 2, dan belok kanan menuju Jl. Semarang – Surakarta.

Kamu bisa berkunjung dengan kendaraan pribadi, kendaraan umum, atau bus bersama rombongan. Parkirnya cukup luas sehingga aman untuk kunjungan besar.

BACA JUGA : Menarik? Dekat Dengan Stasiun Semarang Beberapa Tempat Ibadah Ini Bisa Jadi Rekomendasi Wisata Terbaru 2024

Sejarah Pagoda Avalokitesvara diawali dari seorang pemuda asal Bogor bernama Boang An yang kemudian menjadi Bhikkhu Asin Jinarakkita. Beliau memimpin upacara Waisak tahun 2549 di Candi Borobudur pada tahun 1955. Saat itu, ia bertemu dengan Goei Thwan Ling, seorang pemilik properti di Semarang.

Goei Thwan Ling terkesan dengan kepribadian terampil bhikkhu tersebut. Ia kemudian menyumbangkan sebagian tanahnya untuk dijadikan pusat pengembangan Buddha Dhamma. Belakangan tempat itu diberi nama Vihara Buddhagaya.

Mungkin Anda masih bingung membedakan pagoda dan vihara. Berdasarkan fungsinya, vihara dapat dikatakan sebagai tempat kegiatan keagamaan. Di sisi lain, pagoda berfungsi sebagai bangunan untuk mengabadikan jenazah pendiri agama Buddha.

Pagoda Avalokitesvara Semarang terletak di sebelah Klenteng Buddhagaya Semarang. Menara ini juga merupakan salah satu bangunan di kompleks Vihara ini. Vihara ini masih aktif digunakan sebagai tempat peribadahan umat Buddha.

Pagoda Avalokitesvara tercatat sebagai vihara tertinggi dalam daftar MURI pada tahun 2006. Menara legendaris ini memiliki tinggi 45 meter dan memiliki 7 lantai. Uniknya pihak pengelola mengimpor bahan bangunan langsung dari China, antara lain genteng, aksesoris interior, penerangan tangga batu, air mancur, dan patung burung Hongda Chiling.

BACA JUGA : Ingin Menikmati Libur Lebaran Ala Jepang? Yuk Simak Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru 2024 di Semarang

Klenteng Kwan Im dibangun pada bulan November dan diresmikan oleh Mardiyanto, Gubernur Jawa Tengah, pada tanggal 14 Juli 2005.

Sebenarnya, tempat wisata Semarang yang merupakan tempat ibadah tidak hanya sebatas Pagoda Avalokitesvara saja. Ada juga Klenteng Sam Poo Kong. Namun, tentu saja tiap tempat wisatanya memiliki keunikan masing-masing yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung.

Pagoda Avalokitesvara ini memiliki ketinggian mencapai 45 meter. Dengan ketinggian tersebut, tempat wisata Semarang ini mendapatkan gelar pagoda tertinggi di Indonesia oleh Museum Rekor Dunia Indonesia pada tahun 2006. Sebuah pencapaian yang tentu menambah daya tarik tempat ini.

Terdiri dari 7 tingkat, di dalam pagoda ini terdapat patung Im Pho Sat yang menghadap 4 penjuru. Patung Im Pho Sat yang menghadap ke empat penjuru ini dimaknai sebagai welas asih dari Im Pho Sat yang menyebar ke semua penjuru. Satu hal unik lainnya soal patung ini adalah ada di tiap tingkat dari pagodanya.

Saat kamu berkunjung ke sini, salah satu warna dominan yang akan kamu lihat di kebanyakan tempat di kompleks ini adalah warna merah. Hal ini karena dominasi unsur cina yang ada di Pagoda Avalokitesvara yang menyebabkan dominasi warna merah.

BACA JUGA : Jadikan Liburan Lebaran Anda Makin Seru Dengan 5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Semarang Cek Lengkapnya Disini

Tak hanya soal warna, elemen bangunannya semisal genteng, tangga, kolam teratai, dan masih banyak lainnya didatangkan secara khusus dari Tiongkok.

Warnanya yang mencolok dengan ketinggian pagodanya yang menjulang tentu menjadikan banyak orang penasaran hingga akhirnya datang ke sini. Saat berada di sini, kamu pun bisa berkeliling melihat-lihat bangunan yang ada di kompleks ini. Tak ketinggalan juga untuk berfoto atau membaca keberuntungan nasib selama wisata Semarang di sini.

Bagi kamu yang ingin mengujungi tempat wisata Semarang ini, pengurus Pagoda Avalokitesvara tidak mematok tarif tertentuk bagi pengunjung yang datang untuk sekadar berwisata di sini. Jadi, kamu bisa memberikan sumbangan seikhlasnya setelah jalan-jalan di tempat ini.

Jangan lupa untuk membayar parkir kendaraanmu jika kamu memang membawa kendaraan saat berwisata ke Pagoda Avalokitesvara. Untuk jam operasionalnya sendiri, tempat wisata Semarang satu ini mulai buka pada jam 7 pagi dan tutup pada jam 9 malam. Jadi, kamu bisa berwisata malam juga ke Pagoda Avalokitesvara.

Semarang tak hanya menyediakan tempat wisata alam dan edukasi yang unik dan menarik wisata terbaru 2024 Pagoda Avalokitesvara ini ada lah salah satu wisata religi yang unik juga di semarang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: