Ziarah Bulan Ramadhan ? Ini 4 Wisata Terbaru 2024 Religi Untuk Menyucikan Hati

Ziarah Bulan Ramadhan ? Ini 4 Wisata Terbaru 2024 Religi Untuk Menyucikan Hati

Wisata terbaru 2024 tempat religi di Jawa Tengah--google

DISWAY JOGJA - Bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh ampunan, saat Bulan Ramadhan tiba umat Muslin dianjurkan untuk lebih meningkatkan keimanan. Selain itu, di bulan suci ini juga menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi tempat religi wisata terbaru 2024.

Jawa Tengah menjadi tempat bermulanya penyebaran Agama Islam. Sehingga membuatnya memiliki banyak tempat religi wisata terbaru 2024 yang bisa dikunjungi saat bulan Ramadhan.

Jawa Tengah juga menjadi tempat yang kaya akan warisan budaya dan keagamaan. Dengan mengunjungi tempat religi wisata terbaru 2024, atau berziarah diharapkan mampu lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta juga wisatawan dapat belajar sejarah.

Lalu dimana saja tempat religi wisata terbaru 2024 di Jawa Tengah yang bisa dikunjungi saat Bulan Ramadhan ? Berikut adalah daftarnya.

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Berlokasi di Jl. Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Masjid ini mengusung konsep gaya arsitekrut Jawa, Roma dan Arab.

BACA JUGA : Mencari Ketenangan Batin? Yuk Berkunjung ke Tempat Wisata Terbaru 2024 Religi di Jogja, Ada Masjid Hingga Pura

Memiliki tiang bermotif batik yang menyimbolkan seni tradisional masyarakat Jawa. Dinding masjid ini juga dihiasi dengan ukiran kaligrafi khas Timur Tengah.

Dilengkapi dengan enam payung hidrolik raksasa yang diadaptasi dari Masjid Nabawi, Madinah, pada serambi depan yang bisa terbuka secara otomatis. Hampir setiap harinya masjid ini ramai akan jamaah untuk melaksanakan shalat tarawih dan kegiataan keagamaan lainnya.

2. Makam Sunan Kalijaga

Terletak di Jl. Raden Sahid, Kadilangu, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah. Kadilangu merupakan desa yang menjadi tempat dimakamkannya salah seorang Walisongo, Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga memiliki andil besar dalam menyebarkan Agama Islam di daerah kekuasaan Kerajaan Demak. Dan terkenal dengan cara yang unik dalam berdakwah, yaitu menggunakan media wayang kulit serta kesenian jawa lainnya.

Saat bulan Ramadhan tiba, banyak wisatawan yang hadir untuk berziarah dan mencari keberkahan di tempat ini.

3. Masjid Agung Demak

Masjid megah ini dibangun sejak pemerintahan Raden Patah di Kerajaan Demak. Lokasi tepatnya di Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

BACA JUGA : Menelusuri Pesona Bulan Ramadhan: Berkunjung ke Wisata Terbaru 2024 Religi Kendal, Membawa Kedamaian

Masjid ini menjadi cagar budaya oleh pemerintah dan masih dipertahankan keaslian arsitekturnya. Merenovasi hanya mengganti beberapa bagian yang lapuk oleh usia.

Dibelakang masjid ini ada kompleks pemakaman beberapa sultan yang pernah memerintah Kerajaan Demak, seperti Raden Patah dan Pangeran Sabrang Lor. 

4. Makam Sunan Muria dan Makam Sunan Kudus

Berada di kabupaten yang sama, yaitu Kabupaten Kudus. Tempat religi wisata terbaru 2024 ini sering dihadiri oleh para jamaah khususnya saat Bulan Ramadhan.

Makam Sunan Muria berada di puncak Gunung Muria, berada di wilayah Desa Colo, Kec. Dawe, Kab. Kudus. Semasa hidupnya Sunan Muria lebih senang hidup di atas gunung sebab lebih tenang dan jauh dari gangguan.

Sedangkan makam Sunan Kudus berada di dataran rendah, berada di kawasan Masjid Al-Aqsha Kudus Jl. Kauman, Kec. Kudus, Kab. Kudus. Masjid Al-Aqsha juga merupakan peninggalan Sunan Kudus dan wisatawan dapat sekalian mengunjungi masjid tersebut.

5. Makam Sunan Bonang

Berada di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Makam Sunan Bonang ini terlihat sangat sederhana, hanya terdapat bunga melati tanpa nisan.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 8 Wisata Religi Di Aceh Ramai Dikunjungi Saat Ramadhan

Sebenarnya ada yang menyebutkan bahwa makam Sunan Bonang ini berada di Tuban, Jawa Timur dan ini menjadi lokasi yang paling populer. Namun kebenarannya masih simpang siur, setidaknya ada empat makam yang dianggap menjadi pemakaman Sunan Bonang.

Terletak di Tuban, Kediri, Rembang dan Pulau Bawen.

Menjadi daerah yang kaya akan sejarah membuat Jawa Tengah memiliki beberapa tempat religi wisata terbaru 2024 yang bisa dikunjungi. Itulah beberapa daftar tempat religi di Jawa Tengah, semoga wisatawan yang berziarah dapat menemukan keberkahan dalam menjalani ibadah mereka. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: