Wisata Terbaru 2024? 8 Wisata Religi Di Aceh Ramai Dikunjungi Saat Ramadhan

Wisata Terbaru 2024? 8 Wisata Religi Di Aceh Ramai Dikunjungi Saat Ramadhan

Masjid Raya Baiturrahman-instagram @saragih_erick-

DISWAY JOGJA - Bulan suci Ramadan sangat baik untuk mencari momen perjalanan ke tempat wisata terbaru 2024 religi. Karena dengan berwisata religi di bulan Ramadan bisa meningkatkan keimanan dengan melihat kekuasaan Allah SWT sebagai sang pencipta.

Salah satunya wisata religi di Aceh ramai dikunjungi saat ramadhan. Aceh dijuluki Bumi Serambi Mekkah sekaligus menjadi daerah pertama masuknya Islam di Indonesia, hal ini menjadikan Aceh sebagai pusat wisata terbaru 2024 religi yang banyak dikunjungi wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Wisata terbaru 2024 religi adalah bentuk kegiatan pariwisata yang bertujuan untuk melakukan kegiatan keagamaan. Contohnya, umat muslim yang familiar dengan kegiatan ziarah ke tempat-tempat bersejarah Islam dan tadabur alam.

Wisata terbaru 2024 religi di aceh memiliki keindahan alam dan bangunan bersejarahnya yang menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi saat ramadhan.

Berikut 8 wisata religi di Aceh ramai dikunjungi saat ramadhan :

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh salah satu destinasi wisata religi favorit wisatawan di Kota Banda Aceh. Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu ikon pariwisata dari Provinsi Aceh karena tetap bertahan di tengah bencana tsunami Aceh tahun 2004 silam. Wisata religi di Aceh ramai dikunjungi saat ramadhan ini menjadi destinasi wisata spiritual dan budaya yang menarik, dan juga sebagai simbol perjuangan dan penyebaran Islam di Indonesia.

Masjid Raya Baiturrahman memiliki arsitektur yang megah dan indah. Bangunan masjid yang megah dengan kubah emasnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Selama bulan Ramadan, masjid ini dihiasi dengan lampu-lampu yang indah dan bersinar, menciptakan suasana yang mendamaikan dan sakral.

2. Masjid Giok Nagan Raya

Masjid ini milik Pemerintah Kabupaten Nagan Raya ramai dikunjungi wisatawan lokal mencapai di atas 100 orang setiap harinya. Sebagian masyarakat yang mengunjungi masjid tersebut dengan tujuan untuk melaksanakan ibadah shalat fardhu, atau shalat sunnah dua rakaat di dalam masjid.

Selain itu, sebagian besar pengunjung juga ikut menikmati keindahan dekorasi masjid, dan merasakan sejuknya suasana di dalam masjid, karena lantai dan bagian dindingnya dilapisi batu alam jenis Giok Aceh.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 7 Wisata Religi Di Cirebon Ramai Dikunjungi Saat Ramadhan

3. Masjid Keuchik Leumik

Masjid Keuchik Leumik berlokasi di Gampong Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh dan dibangun pada tahun 2016-2019. Masjid Keuchik Leumik juga dijuluki Masjid Emas ini menjadi destinasi wisata terbaru 2024 religi di Aceh yang ramai dikunjungi karena bentuknya megah mempesona. Arsitektur masjid ini bernuansa Timur Tengah, memiliki satu kubah besar yang diapit oleh empat menara. Di samping bangunan utama, ada miniatur Rumoh Aceh. Serta terdapat pohon kurma di pelataran masjidnya.

4. Makam Syiah Kuala

Tengku Syiah Kuala atau Tengku Syekh Abdurrauf merupakan seorang ulama kharismatik Aceh yang sangat berjasa dalam penyebaran dan dakwah agama Islam. Beliau meninggal tahun 1696 Masehi dalam usia 105 tahun. Makam Syiah Kuala juga salah satu dari bangunan yang tidak rusak akibat bencana tsunami 2004 silam, padahal letaknya di pinggir laut.

5. Kuburan Kerkhoff

Kuburan ini merupakan salah satu kuburan tertara yang paling luas di dunia. Di sini ada sekitar 2.200 tentara yang dimakamkan termasuk 4 jenderal. Perang yang terjadi di Aceh merupakan pengalaman yang terpahit bahkan jika dibandingkan pengalaman Belanda tatkala perang napoleon.

Pada saat itu, Belanda menyerang kesultanan Aceh dengan memakai meriam yang ditembakkan dari sebuah kapal perang bernama Citadel Van Antwerpen, dengan jumlah tentara mencapai 3.198 orang. Kuburan Kerkhoff menjadi bukti nyata betapa gigih masyarakat Aceh berjuang melawan penjajah, dan juga bukti betapa adil Sultan Iskandar Muda pada masa memerintah.

6. Masjid Teungku Di Anjong

Wisata religi di Aceh rami dikunjungi saat ramadhan yaitu Masjid Teungku Di Anjong, masjid ini didirikan oleh Sayyid Abu Bakar bin Husin Bafaqih pada abad ke-18 sekitar tahun 1769 M. Ia seorang ulama dari Arab yang mengembara untuk mendakwahkan ajaran Islam, sehingga dia dianggap sebagai orang keramat dan mendapatkan gelar Teungku di Anjong.

BACA JUGA : Menyusuri Jejak Budaya dan Wisata Terbau 2024 Aceh? Alam Kota Serambi Mekkah Dengan Pesona Estetik!

Selain itu, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat menasik haji bagi jemaah yang datang dari berbagai wilayah di Nusantara. Bangunan masjid ini dahulunya dibangun dengan menggunakan bahan kayu berbentuk segi tiga memanjang ke atas serta mempunyai tiga lantai.

7. Masjid Baitul Musyahadah

Masjid Baitul Musyahadah memiliki keunikan kubahnya yang berbentuk replika topi khas Aceh bernama kupiah meukeutop. Sehingga, Masjid Baitul Musyahadah dikenal dengan nama Masjid Meukeutop. Kupiah meukeutop menyimpan filosofi yang sangat tinggi bagi warga Aceh karenak warna warninya merupakan perlambang unsur agama islam, kepahlawanan, dan kerajaan. Untuk tingkatan kupiah sendiri, merupakan simbol hukum islam, reusam, adat istiadat, dan qanun

8. Makam Sultan Iskandar Muda

Sultan Iskandar Muda adalah seorang raja yang dikenal adil baik kepada keluarganya sendiri serta masyarakat. Makam ini letaknya tepat di samping Museum Aceh. Mereka yang datang bukan hanya untuk memanjatkan doa, akan tetapi juga ingin memberi penghormatan pada sultan yang terkenal adil tersebut. Sampai sekarang masih banyak dikunjungi para peziarah.

Itulah beberapa wisata religi di Aceh ramai dikunjungi saat ramadhan. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: