Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Sejarah di Nganjuk Cocok Untuk Liburan Sambil Belajar, Sajikan View Mempesona

Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Sejarah di Nganjuk Cocok Untuk Liburan Sambil Belajar, Sajikan View Mempesona

Wisata Terbaru 2024 Sejarah di Nganjuk--google

DISWAY JOGJA - Nganjuk, sebuah kabupaten di Jawa Timur yang menawarkan beragam destinasi wisata terbaru 2024 yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satu wisata terbaru 2024 yang paling istimewa adalah wisata sejarahnya. Di daerah ini menawarkan pilihan wisata sejarah yang menarik untuk kamu kunjungi.

Masyarakat Nganjuk sendiri masih lekat dengan tradisi, budaya, hingga sejarah. Oleh karena itu, menjadi hal yang lumrah jika Nganjuk memiliki potensi wisata terbaru 2024 terkait dengan nilai-nilai tersebut.

Berikut rekomendasi tempat wisata terbaru 2024 di Nganjuk yang bisa kamu kunjungi saat liburan.

BACA JUGA : 11 Destinasi Wisata Terbaru 2024 di Semarang Siap Menambah Keseruan Libur Lebaranmu, Simak Disini

1. Candi Ngetos

Wisata Candi Ngetos merupakan candi peninggalan dari zaman Majapahit yang lokasinya berada di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, atau sekitar 17 kilometer arah selatan Kota Nganjuk.

Candi ini dibangun dipercaya sebagai tempat pemakaman Hayam Wuruk. Hayam Wuruk sendiri ingin dimakamkan di kawasan ini pasalnya daerah Ngetos masih termasuk wilayah Majapahit yang menghadap Gunung Wilis.

Selain dengan kekayaan sejarahnya, Candi Ngetos juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona. Pemandangan di sekitar Candi yang bisa kamu nikmati yaitu hutan, sawah, dan bukit yang menambah keindahan tempat ini.

Meskipun bangunan candi ini sudah tidak sempurna, namun kokohnya bangunan dilengkapi dengan pemandangan alam Nganjuk yang indah, membuat lanskap pemandangan candi tampak lebih eksotis.

2. Candi Lor

Candi yang terletak di Desa Cadirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur ini dikenal juga dengan sebutan Candi Boto. Karena bangunan candi ini terbuat dari batu bata merah.

Candi Lor ini didirikan oleh Mpu Sindok pada tahun 859 Caka atau 937 Masehi dan dibangun sebagai tanda kemenangan Sindok atas Melayu serta sebagai tanda penghormatan kepada rakyat Anjung Ladang yang telah berjuang dalam peperangan tersebut.

Candi ini menjadi sangat berkaitan erat dengan proses berdirinya Kabupaten Nganjuk yang dulunya disebut Anjuk Ladang.

Awalnya, Candi ini memiliki struktur bertingkat dan berwujud Siwaisme yang menghadap ke arah barat. Di bagian barat candi, terdapat lingga, arca, dan yoni, tetapi semuanya sudah mengalami kerusakan yang cukup parah.

Dan Di sebelah barat candi juga terdapat dua makam yang diyakini sebagai makam abdi kinasih Mpu Sindok, yaitu Eyang Kerto dan Eyang Kerti.

Kawasan Candi Lor juga menjadi lokasi penemuan Prasasti Anjuk Ladang yang sekarang disimpan di Museum Nasional.

BACA JUGA : 10 Tempat Wisata Terbaru 2024 dan Biaya Masuk yang Cocok Untuk Libur Lebaran di Banyumas

3. Museum Anjuk Ladang

Wisata terbaru 2024 Museum Anjuk Ladang ini didalamnya menyimpan berbagai macam benda sejarah yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto, Kecamatan Nganjuk, Jawa Timur.

Tempat sejarah ini sangat cocok untuk belajar dan menambah ilmu, terutama yang berkaitan dengan sejarah Museum Anjuk Ladang.

Museum Anjuk Ladang dibangun pada tahun 1966. Dimana sejak tahun 2013 lalu difungsikan sebagai tempat penyimpanan peninggalan sejarah dan cagar budaya yang ditemukan di Nganjuk.

Di museum ini, wisatawan bisa menyaksikan prasasti, arca, dan lainnya. Yang bikin menarik, di Museum Anjuk Ladang ini tidak ada biaya tiket masuk alias gratis.

4. Setum Loceret

Wisata sejarah terakhir di Nganjuk yaitu Setum Loceret. Dimana, dulunya lokasi ini merupakan tempat pabrik gula yang ada pada zaman Belanda.

Namun, sekarang telah dijadikan sebagai objek wisata di daerah Loceret, Nganjuk. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur sambil mengambil foto-foto dengan pemandangan ciamik.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati ilalang-ilalang yang tumbuh di sekitar lokasi wisata Setum Loceret. Sehingga menjadikan pemandangan wisata ini menjadi semakin estetik untuk dijadikan latar belakang foto terbaikmu.

BACA JUGA : Menikmati Libur Lebaran di Semarang? Berikut Destinasi Wisata Terbaru 2024 Viral dan Hits Wajib Dikunjungi

Itulah tempat wisata terbaru 2024 sejarah di Nganjuk yang wajib kamu kunjungi saat liburan, sehingga bisa menikmati liburan sembari belajar sejarah budaya. Semoga bermanfaat!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: