5 Tempat Wisata Terbaru 2024 Dataran Tinggi di Jawa Tengah yang Memiliki View Mempesona Cocok Untuk Liburan

5 Tempat Wisata Terbaru 2024 Dataran Tinggi di Jawa Tengah yang Memiliki View Mempesona Cocok Untuk Liburan

5 Tempat Wisata Terbaru 2024 Dataran Tinggi di Jawa Tengah yang Memiliki View Mempesona--google

DISWAY JOGJA - Dataran tinggi merupakan salah satu destinasi wisata terbaru 2024 yang kerap didatangi masyarakat saat hari libur.

Jawa Tengah, dengan keindahan alamnya, menyuguhkan beragam destinasi wisata terbaru 2024 dataran tinggi yang cocok untuk merayakan liburan dan melepaskan penat.

Tempat-tempat wisata terbaru 2024 tersebut tersebar di berbagai penjuru wilayah Jawa Tengah, tentunya dengan daya tarik masing-masing.

Berikut adalah lima tempat wisata terbaru 2024 dataran tinggi di Jawa Tengah yang cocok dikunjungi selama liburan.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Labuhan Bajo: Destinasi Favorit Saat Libur Lebaran

1. Dieng, Wonosobo

Wilayah ini di himpit oleh Gunung dan Bukit yaitu antara lain Gunung Sindoro, Sumbing, Prau, Bukit Pakuwaja dan Sikunir.

Wilayah ini merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa karena berada di ketinggian 2000 mdpl. Adapun wisata yang ditawarkan adalah wisata vulkanik seperti Kawah Sikidang, Kawah Sibanteng, Kawah Candradimuka, Telaga Dringo, Telaga Warna, dan masih banyak lagi.

Terdapat juga pilihan wisata alam dan sejarah seperti Patean Tambi, Batu Angkruk, Sumur Jalatunda, Candi Arjuna, dan Museum Kailasa.

Untuk menuju kawasan wisata disini kamu perlu menempuh jarak sekitar 139 km atau sekitar hampir 4 jam perjalanan dari Kota Solo untuk menuju ke Dieng.

2. Sawangan, Magelang

Di daerah kawasan Sawangan, Magelang juga merupakan destinasi wisata dataran tinggi. wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan indah 7 gunung sekaligus, yaitu Merapi, Sindoro, Merbabu, Sumbing, Prau, Telomoyo, Tidar, dan Gunung Andong.

Wisata alam dataran tinggi yang bisa kamu kunjungi di sini diantaranya adalah Air Terjun Kedung Kayang, Ketep Pass, Sendang Maren, Bukit Rhema Gereja Ayam, dan lain sebagainya.

Di sini wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan menarik seperti wisata edukasi, glamping, camping, atau sekedar bersantai menikmati suasana sembari berfoto ria.

3. Baturaden, Banyumas

Baturaden terletak di lereng selatan Gunung Slamet, lebih tepatnya berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang berjarak 7,5 km dari Kota Purwokerto ke arah utara.

Beberapa wisata alam dengan fasilitas lengkap yang ada disini adalah Bukit Bintang, Curug Telu, The Village, Curug Jenggala, Lokawisata Baturaden, Taman Miniatur Dunia, Kebun Raya, dan masih banyak lagi yang menarik.

Jika ada wisatawan yang ingin berkunjung dari Solo ke Baturaden, maka harus menempuh 6 jam perjalanan atau sekitar 230 km.

BACA JUGA : Daya Tarik, Harga Tiket dan Lokasi Wisata Terbaru 2024 Jatim Park 2? Rekomendasi Libur Lebaran

4. Selo, Boyolali

Selo merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Boyolali yang lokasinya diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Bahkan tempat ini juga menjadi titik pendakian Gunung Merbabu. Ketinggiannya berada di atas 1000 mdpl.

Daya tarik utama dari wisata dataran tinggi tentu adalah pemandangan yang mempesona dan udaranya yang sejuk. Beberapa obyek wisata terbaru 2024 yang bisa kamu pilih antara lain yaitu, Bukit Sanjaya, Embung Manajar, Merapi Garden, Desa Samiran dan lainnya.

Pilihan fasilitas di setiap obyek wisata pun rata-rata sudah lengkap, mulai dari mushola, kamar mandi, tempat makan, spot outdoor untuk melihat view cantik, hingga tempat penginapan.

5. Tawangmangu, Karanganyar

Tawangmangu merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Karanganyar yang letaknya berada di kaki Gunung Lawu. Tempat ini bahkan telah menjadi tujuan wisata alam primadona bagi daerah-daerah sekitarnya.

Banyak wisata alam yang ditawarkan di tempat wisata dataran tinggi ini, diantaranya yaitu Air Terjun Grojogan Sewu, Air Terjun Jumog, Pleseran, Bumi Perkemahan Sekipan, dan lain sebagainya. Bahkan wisata sejarah pun ada disini yaitu Candi Cetho dan Candi Sukuh.

Jangan khawatir, fasilitas wisata yang tersedia pun sudah lengkap. Jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata ini, kamu hanya perlu menempuh sekitar 1 jam perjalanan menuju arah timur atau sekitar 38 km dari Kota Solo.

BACA JUGA : 5 Wisata Terbaru 2024 Bernuansa Alam di Jawa Barat Rekomendasi Spot Libur Lebaran

Demikian informasi mengenai 5 tempat wisata terbaru 2024 dataran tinggi di Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi saat liburan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: