9 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Yang Terkenal Di Bekasi

9 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Yang Terkenal Di Bekasi

Masjid Agung Al-Barkah-instagram @hendratno64-

DISWAY JOGJA - Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang berbatasan langsung dengan ibu kota Indonesia yaitu Jakarta. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke kota Bekasi hanya untuk wisata terbaru 2024 religi.

Bekasi memiliki beberapa tempat wisata terbaru 2024 religi yang bisa dikunjungi wisatawan. Wisata religi bisa untuk mengisi waktu, berkunjung ke tempat suci atau bersejarah, dan untuk berziarah.

Mengunjungi wisata terbaru 2024 religi di Bekasi dapat dikunjungi oleh masyarakat muslim atau mereka yang ingin menambah pengetahuan tentang Islam.

Ada beberapa tempat wisata terbaru 2024 religi yang terkenal di Bekasi, seperti masjid-masjid besar dengan arsitektur unik, taman pahlawan yang didedikasikan untuk para pahlawan Islam, dan makam tokoh-tokoh Islam yang dihormati.

Berikut 9 rekomendasi wisata terbaru 2024 religi yang terkenal di Bekasi :

1. Masjid Agung Al-Barkah

Masjid ini berdiri sejak 1890 termasuk dalam daftar masjid tertua di Indonesia. Masjid ini banyak dikunjungi oleh umat Muslim untuk berbagai tujuan keagamaan. Bangunan Masjid bergaya Timur Tengah dengan menyandingkan 4 menara yang menjulang tinggi dan memiliki tambahan kanopi dan 8 daun pintu ukir kaligrafi yang melambangkan 8 pintu surga, menambah keindahan dan makna spiritual dari masjid ini. Masjid ini menjadi tempat beribadah dan cocok bagi wisatawan yang ingin mengetahui kultur dan sejarah Islam di kota Bekasi.

2. Makam KH Noer Alie

KH. Noer Alie merupakan seorang ulama besar dan pahlawan nasional yang sangat berpengaruh bagi peradaban Islam di daerahnya dan salah satu pahlawan nasional di Bekasi yang dijuluki Singa Karawang Bekasi. KH Noer Ali dimakamkan di Pondok Pesantren Attaqwa Putri Desa Ujung Harapan, Kecamatan Babelan, Bekasi. Makam ini sering dikunjungi peziarah dari luar Jawa Barat.

3. Masjid Raya Al Azhar

Masjid Raya Al Azhar didesain khusus oleh mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Keunikan dari Masjid ini yaitu bangunannya terinspirasi dari bangunan Ka'bah di Baitullah, Makkah.

Masjid yang sangat megah ini terletak bersebelahan dengan Sekolah Islam Al Azhar. Selain berfungsi sebagai ibadah, seperti sholat dan pengajian, Masjid ini juga digunakan untuk kegiatan-kegiatan keagamaan seperti ceramah, kajian dan lain-lain.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 8 Wisata Religi Di Boyolali Cocok Dijadikan Pilihan Wisata Saat Ramadhan

4. Taman Pahlawan

Taman ini dijadikan tempat untuk beribadah dan berkumpul oleh masyarakat muslim di kota tersebut. Di taman ini terdapat beberapa patung yang menggambarkan para pahlawan Islam yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia dan juga terdapat beberapa plakat yang menyajikan tentang sejarah dan perjuangan para pahlawan Islam.

Taman Pahlawan menjadi tempat yang cocok bagi wisatawan yang ingin mengetahui informasi tentang para pahlawan Islam yang berjuang untuk merdeka.

5. Situs Kramat Batok Bekasi

Situs Kramat batok Bekasi ini ditemukan sekitar tahun 1636 Masehi dengan kisah menarik dan sejarah yang panjang. Kiai Gabid Bin Kiai Kabid dari Kerajaan Sumedang Larang adalah tokoh utama dalam situs ini. Sebagai pendakwah di Sumedang, beliau mendirikan pesantren sebagai pusat belajar masyarakat.

Makam ini telah diakui sebagai Cagar Budaya oleh pemerintah sejak 10 tahun yang lalu. Bahkan sebelumnya, makam ini telah menjadi tujuan ziarah bagi masyarakat Bekasi dan peziarah dari berbagai wilayah luar Bekasi.

6. Makam Mbah Keneng

Mbah Keneng merupakan seorang ulama kharismatik yang lahir pada tahun 1857 dan wafat tahun 1972. Bagi masyarakat setempat, Mbah Keneng merupakan waliyullah yang memiliki banyak karomah. Kabarnya, Mbah Keneng memiliki garis keturunan yang tersambung ke Rasulullah SAW.

7. Masjid Jami Al-Hidayah

Masjid Jami Al-Hidayah menjadi saksi perjuangan pribumi melawan penjajah Belanda. Didirikan pada tahun 1935 sebagai Masjid Jami an Nur. Dahulu, tempat ibadah umat Islam ini menjadi markas para pemuda anggota pasukan Hizbullah atau Sabilillah yang ditakuti para penjajah. Di seberang kiri masjid terdapat Pondok Pesantren Sullamul Istiqomah yang dapat menambah nilai sejarah dan religius kawasan ini.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi di Jakarta Cocok Untuk Ngabuburit

8. Makam Syekh Hasan Basri

Makam Syekh Hasan Basri merupakan sebuah makam yang dikenal sebagai makam seorang tokoh Islam yang terkenal dan dihormati di komunitas muslim di Bekasi. Beliau juga dikenal sebagai salah satu guru spiritual yang memiliki banyak murid. Makam ini sering dijadikan sebagai tempat ziarah oleh para jamaah yang ingin berdoa dan menambah ilmu.

9. Masjid Nurani

Masjid Nurani merupakan salah satu masjid terindah di Bekasi. Hal itu terlihat dari arsitektur bergaya Timur Tengah pada kubahnya dan arsitektur Andalusia pada bentuk jendelanya yang dibalut dengan sentuhan modern di bentuk masjid yang berbentuk kubus dengan dominasi warna cerah. Sehingga masjid ini menjadi salah satu wisata religi yang terkenal di Bekasi.

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Paling Populer Di Banyumas

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 religi yang terkenal di Bekasi. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: