Wisata Terbaru 2024? 7 Wisata Religi Di Cirebon Ramai Dikunjungi Saat Ramadhan

Wisata Terbaru 2024? 7 Wisata Religi Di Cirebon Ramai Dikunjungi Saat Ramadhan

Keraton Kasepuhan Cirebon-instagram @cinung13-

DISWAY JOGJA - Bulan Ramadhan selalu menjadi bulan yang sangat Istimewa bagi umat muslim. Banyak sekali yang menjadi ciri khas selama bulan puasa. Salah satunya yaitu wisata terbaru 2024 religi di Cirebon.

Cirebon merupakan salah satu kota yang memiliki peran penting dalam sejarah penyebaran Agama Islam di Jawa Barat dan Banten. Oleh karena itu, kota ini terkenal dengan beragam destinasi wisata terbaru 2024 religi yang menarik.

Biasanya wisata terbaru 2024 religi di Cirebon ramai dikunjungi saat ramadhan. Banyak masyarakat yang mengisi waktu ngabuburit dan juga melakukan ibadah, mencari ketenangan batin selama bulan ramadhan.

Selain itu, Cirebon juga dikenal dengan sebutan kota Parawali karena adanya dua dari Sembilan Wali Songo yang sempat tinggal di sini. Yaitu Syarief Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

Berikut 7 rekomendasi wisata terbaru 2024 religi di Cirebon yang dapat kamu kunjungi saat ramadhan :

1. Makam Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati merupakan salah satu anggota Wali Songo yang menyebarkan Islam di tanah Jawa terutama Cirebon. Kamu bisa menjelajahi area pemakaman yang memiliki desain arsitektur menarik. Bangunan makam ini mempunyai desain yang merupakan akulturasi antara budaya Jawa, Arab, dan Tiongkok.

Saat berkunjung ke Makam Sunan Gunung Jati, kamu tidak bisa secara langsung masuk ke area makam. Namun, para pengunjung hanya diperbolehkan masuk sampai ke area pintu gerbang. Total ada 9 pintu gerbang yang harus dilalui untuk bisa sampai ke makam dan terdapat 7 anak tangga di setiap pintu.

2. Masjid Cipta Rasa

Masjid Cipta Rasa dibangun pada era wali songo sejak abad ke-15, Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Agung Cirebon merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang menjadi bukti nyata dari perkembangan Islam di tanah Jawa.

Pintu-pintu kayu tua dengan ukiran halus menunjukkan keterampilan tangan-tangan trampil pengrajin masa lalu. Serta, langit-langit tinggi dengan ornamen cantik serta pencahayaan alami dari jendela-jendela besar memberikan suasana hening dan tenang bagi setiap peziarah yang datang.

Salah satu spot menarik dari masjid ini yaitu adanya sumur keramat yang dinamakan banyu cis di kawasan serambi kanan masjid Agung Cirebon. Dengan Azan Pitunya yang khas dan terkenal, masjid ini menjadi daya tarik bagi peziarah dari luar daerah.

BACA JUGA : 8 Rekomendsai Wisata Terbaru 2024 Religi Di Solo Cocok Dikunjungi Saat Ramadhan

3. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan merupakan kesultanan Islam yang didirikan pada tahun 1529 oleh Sunan Gunung Jati. Keraton Kasepuhan merupakan museum yang menyimpan berbagai peninggalan sejarah Kerajaan Cirebon. Di dalamnya terdapat berbagai artefak bersejarah, seperti Singgasana Sultan, Kereta Kencana, dan benda-benda lainnya.

4. Petilasan Sunan Kalijaga

Destinasi ziarah di Cirebon berikutnya adalah Petilasan Sunan Kalijaga yang ada di wilayah Harjamukti. Para pengunjung wisata religi menjadikan empat ini sebagai destinasi wisata terbaru 2024 religi di Cirebon saat ramadhan karena tempat tersebut merupakan pusat dakwah Sunan Kalijaga di Tanah Jawa.

Saat berkunjung ke Petilasan Sunan Kalijaga, kamu akan mendapati banyak monyet berkeliaran. Menurut cerita masyarakat setempat, monyet-monyet tersebut adalah santri yang dikutuk oleh Sunan Kalijaga.

5. Masjid Merah Panjunan

Masjid ini merupakan bangunan yang didirikan oleh Sunan Gunung Jati sekitar tahun 1480 dan mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Masjid ini mempunyai ciri khas pada dindingnya yang dibuat dengan batu bata merah dan mempunyai nama asli Masjid Al Athyah. Masyarakat menyebut masjid ini sebagai Masjid Merah karena peniadaaan salat Jumat.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Di Magelang Cocok Dikunjungi Saat Ramadhan

6. Goa Sunyaragi

Goa Sunyaragi merupakan salah satu wisata religi bersejarah yang konon katanya sering digunakan sebagai tempat meditasi bagi para sultan Cirebon beserta keluarganya. Di Tempat ini terdapat batuan karang yang bertumpuk dengan jumlah yang tidak terhingga.

7. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman merupakan salah satu bangunan Kerajaan Cirebon yang menjadi tonggak sejarah perkembangan Islam di Cirebon dan Jawa Barat. Didirikan oleh Pangeran Muhamad bin atau Pangeran Kartawijaya yang bergelar Sultan Anom pada sekitar tahun 1678 Masehi.

Keraton Kanoman memiliki luas hingga 6 hektar juga memiliki museum yang berisi pusaka dan benda bersejarah koleksi Sultan. Lokasinya tersembunyi di balik Pasar Kanoman.

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 religi di Cirebon yang ramai dikunjungi saat ramadhan. semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: