7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Di Magelang Cocok Dikunjungi Saat Ramadhan

7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Di Magelang Cocok Dikunjungi Saat Ramadhan

Masjid Agung Magelang-instagram @masjidtraveller.id-

DISWAY JOGJA - Magelang merupakan salah satu wilayah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Bukan hanya pemandangannya yang mempesona, Magelang juga memiliki beberapa destinasi wisata terbaru 2024 religi yang dapat didatangi. Wisata religi Magelang memiliki beragam tempat wisata religi yang bagus dan cocok dikunjungi saat Ramadhan.

Destinasi wisata religi di Magelang ini menawarkan peluang untuk merefleksi diri dan mendalami pemahaman tentang ajaran agama. Selain itu, destinasi wisata terbaru 2024 religi juga digunakan sebagai tempat untuk ziarah dan mencari ketenangan.

Berikut 7 rekomendasi wisata terbaru 2024 religi di Magelang cocok dikunjungi saat ramadhan :

1. Pemandian Candi Umbul

Candi Umbul adalah salah satu candi yang dibuat pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Tempat wisata terbaru 2024 religi asal Magelang satu ini digunakan sebagai tempat pemandian para putri dan putra bangsawan pada masa pemerintahannya. Menjadi salah satu pilihan wisata religi yang tepat saat Ramadhan. Berada di kecamatan Grabag, kamu bisa mengenang jaman-jaman kerjaan masa lalu di tempat ini.

2. Komplek Makam Gunung Pring

Wisata terbaru 2024 Religi Komplek Makam Gunung Pring di Muntilan Magelang Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dinamakan Gunung Pring karena ada sebuah bukit yangbanyak ditumbuhi pring di ditengah-tengah desa.Gunung Pring memiliki ketinggian 400 meter diatas permukaan air laut.

Di puncak Gunung Pring terdapat sebuah kompleksmakam milik Kraton Yogyakarta. Di sini dimakamkan salah seorang walitanahJawa, yakni Kyai Raden Santri (Pangeran Singosari Mataram), salahseorang putraKi Ageng Pemanahan, dan juga merupakan keturunan Prabu Brawijaya V.

Terdapat juga sebuah Mushola yang diberi nama MushalaPangeran Singosari, untuk mencapai komplek pemakaman tersebut parapengunjung harus berjalan kaki menaiki anak tangga.

3. Gunung Tidar

Gunung Tidar saat ini bisa dikunjungi 24 jam. Karena ternyata banyak pengunjung yang datang pada malam hari untuk melakukan ziarah. Gunung Tidar juga menjadi lokasi wisata religi karena terdapat maqom atau petilasan (tempat singgah) tokoh zaman dahulu.

Untuk pengunjung umum Kebun Raya Gunung Tidar tidak hanya untuk para peziarah wisata religi. Pengunjung umum yang ingin menyaksikan keindahan panorama alam juga bisa berkunjung ke sana. Termasuk pada malam hari. Kita bisa datang malam hari menjelang pagi untuk menyaksikan keindahan matahari terbit.

BACA JUGA : Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Dengan Konsep Alam Di Klaten Untuk Libur Lebaran Bersama Keluarga

4. Masjid Agung Magelang

Masjid ini merupakan masjid kota yang memiliki ukuran yang besar. Masjid ini menjadi pusat agama Islam di kota Magelang. Setiap Ramadhan masjid ini selalu ramai, karena biasanya akan diadakan banyak program – program yang menarik. Mulai dari buka bersama, tarawih bersama dan lain-lain. Masjid ini berada di kawasan alun – alun dan  memiliki daya tarik tersendiri.

5. Makam Kyai Raden Santri

Makam Kyai Raden Santri kini dijadikan sebagai salah satu tempat wisata religi di Kota Magelang yang cukup populer. Karena banyak dikunjungi oleh para peziarah. Selain itu, di sini juga bisa melihat aliran sungai yang dilintasi lahar saat gunung Merapi meletus.

Beliau bernama asli Pangeran Singasari, putra Ki Ageng Pemanahan pendiri kerajaan Mataram Islam. Alasan dikenal dengan Raden Santri karena alim dan nyantri ke sejumlah sepuh.

Dalam riwayat hidup Mbah Raden Santri, beliau menyiarkan agama Islam di wilayah Kedu dan sekitarnya. Adapun karomahnya yaitu dapat menghentikan aliran lahar Gunung Merapi di Sungai Lamat saat ia hendak menyebrang sepulangnya dari berkholwat.

6. Makam Sunan Geseng

Menurut sejarahnya, Sunan Geseng merupakan salah satu murid sunan Kalijaga yang terkenal di pulau Jawa. Sunan Geseng memiliki peran penting dalam perkembangan agama Islam di Nusantara. Sebagai pendakwah dan penyebaran ajaran agama Islam pada jaman dahulu, sampai sekarang Sunan Gesang masih menjadi teladan bagi masyarakat Jawa.

BACA JUGA : 5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Situs Paling Suci dalam Islam, Bisa Dicoba Selama Bulan Ramadan

7. Makam Kyai Siraj Payaman

Kyai Siraj Payaman dikenal dengan panggilan Romo Agung, nama ini diberikan oleh tentara Belanda pada masa itu. Lahir pada tahun 1878 yang masih memiliki nasab keturunan dengan Jaka Tingkir. Beliau telah mencapai maqam kelezatan dalam beribadah, mencapai ekstase tinggi dan shalat yang begitu lama ia mengira baru sebentar.

Itulah beberapa rekomendsai wisata terbaru 2024 religi di Magelang cocok dikunjungi saat ramadhan. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: