Dijuluki Kota 1000 Candi, Inilah Wisata Terbaru 2024 Mengusung Konsep Wisata Sejarah di Klaten

Dijuluki Kota 1000 Candi, Inilah Wisata Terbaru 2024 Mengusung Konsep Wisata Sejarah di Klaten

Candi Plaosan-disporapar prov jateng-

DISWAY JOGJA - Klaten merupakan salah satu kabupaten yang terletak di antara Solo dan Yogyakarta. Meskipun terbilang kecil, tempat ini menyimpan banyak destinasi wisata terbaru 2024 yang unik dan sayang untuk dilewatkan.

Selain memiliki tempat yang bernuansa alam, wisata terbaru 2024 di Klaten ini juga tersedia berbagai macam destinasi, mulai dari wisata edukasi juga banyak tempat rekreasi. Wisata di Klaten juga banyak memiliki tempat dengan sejumlah sejarah juga kebudayaan yang masih kental. Ada apa aja sih, wisata sejarah yang ada di Klaten? Yuk simak dibawah ini

BACA JUGA : Berkunjung ke Wisata Air Terseru di Klaten, Cuma bayar 15ribu!

Candi Sewu

Wisata terbaru 2024 di klaten yang cukup popular dan sangat instagramable di kalangan masyarakat adalah Candi Sewu. Tempat wisata ini memiliki nilai sejarah yang sarat akan banyak informasi tentang berbagai candi. Jumlah candi yang ada sekitar 249 candi dengan satu candi utama, delapan candi pengapit serta 240 candi perwara.

Tempat ini menjadi wisata terbaru 2024 yang wajib untuk dikunjungi bersama dengan keluarga, juga sahabat dan kerabat. Susunan candi ini cukup simetris dengan candi utama berada di tengah serta dikelilingi oleh candi pengapit dan candi prawara pada keempat sisinya.

Candi Prambanan

Tempat wisata di Klaten yang liburan di Klaten yang sangat populer juga terkenal hingga ke mancanegara adalah Candi Prambanan. Tempat yang terletak di perbatasan antara Klaten dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat yang menyajikan wisata sejarah dengan bangunan yang cukup ikonik.

Di Candi Prambanan juga selalu rutin diadakan Sendratari Ramayana pada hari-hari tertentu yang semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sana, juga diadakan konser musik setiap setahun sekali bahkan bisa lebih.

Candi Merak

Meski gak seluas Candi Plaosan, tapi pesona Candi Merak tetap menarik perhatian, lho! Candi ini menggunakan arsitektur Budha yang masih tampak jelas hingga saat ini.

Nuansa di sini pun begitu sejuk karena ada pepohonan di sekitar candi. Untuk sampai di sini, kamu juga bisa gunakan kendaraan pribadi, seperti motor atau mobil.Lokasi: Dusun I, Candi, Kec. Karangnongko, Klaten. Kamu dapat mengunjungi candi ini setiap hari mulai pukul 08.00-14.00 WIB secara gratis.

BACA JUGA : Ini 4 Rekomendasi Menu Makanan yang ada di Klaten! Wajib untuk Kalian Coba saat Berkunjung

Candi Plaosan

Salah satu objek wisata terbaru 2024 Klaten ini juga cukup populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan lokal juga mancanegara. Candi bercorak Buddha ini sering digunakan untuk acara doa saat perayaan Waisak. Candi Plaosan berdiri sangat kokoh dengan bangunan arsitektur yang sangat unik.

Sudah banyak wisatawan yang mengunggah foto di Instagram dan media sosial lainnya, sehingga wisatawan banyak yang penasaran dan tertarik untuk berkunjung dan melihat keunikan dan keindahan candi plaosan ini.

Kawasan Candi Plaosan jaraknya lebih dekat bila berangkat dari Kompleks Candi Prambanan. Banguanan Candi Plaosan dibagi menjadi dua bagian. Pertama yang terletak di sebelah utara, dinamakan Candi Plaosan Lor. Sedangkan di selatan, dikenal dengan nama Candi Plaosan Kidul

Lokasi Candi Plaosan berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dari pusat kota Klaten, jaraknya sekitar 15 km dengan waktu tempuh selama 25 menit.

Candi Sojiwan

Letaknya masih berdekatan dengan Candi Prambanan dan Keraton Ratu Boko. Memiliki corak perpaduan antara Hindu dan Buddha karena atapnya berbentuk stupa yang menggambarkan Buddha dan bentuk badan candi yang ramping menggambarkan Hindu.

Bangunan bersejarah ini didirikan oleh Raja Balitung sebagai bentuk kehormatan kepada neneknya. Nama Sojiwan juga berasal dari nama neneknya yaitu Sanjiwana. Ketinggian Candi Sojiwan mencapai 27 meter.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Tempat Wisata Indah dan Mempesona di Klaten! Cocok untuk Kalian Berlibur Bareng Keluarga

Candi ini memiliki keunikan karena beberapa panel relief bercerita tentang binatang yang mengandung pesan-pesan moral, sangat berguna untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Di atas tadi adalah beberapa destinasi wisata terbaru 2024 yang kaya akan sejarah dan sangat instagagrambel di Klaten. Jadi, kamu tertarik untuk berkunjung kemana? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: