7 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Badan Kamu Tidak Mudah Lelah Saat Berpuasa di Bulan Ramadan!

7 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Badan Kamu Tidak Mudah Lelah Saat Berpuasa di Bulan Ramadan!

Hal yang harus diperhatikan agar tidak mudah cape--pexels.com

Banyak orang yang memiliki kebiasaan begadang atau tidur larut malam di bulan Ramadhan. Hal ini menjadi salah satu pemicu utama tubuh mudah capek saat berpuasa.

Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap mengatur pola tidur dan beristirahat yang cukup sekitar 6-8 jam per hari.

Kekurangan jam tidur dapat membuat tubuh menjadi lemas dan meningkatkan risiko gangguan kesehatan lainnya. Apabila memungkinkan, sediakanlah waktu untuk tidur siang (qailulah) selama 1-2 jam untuk memulihkan tenaga.

5. Menjaga Pola Hidup Sehat 

Puasa bukan alasan untuk menghentikan pola hidup sehat kita. Justru, berolahraga ringan tetap dianjurkan asalkan dilakukan dengan porsi yang wajar.

Olahraga ringan seperti jalan kaki selama 30 menit dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membuat badan terasa lebih segar serta tidak mudah lelah.

Selain itu, jangan lupa untuk terus mengonsumsi banyak cairan seperti air putih dan jus buah setelah berbuka. Ini akan membantu mencegah dehidrasi yang menjadi penyebab tubuh capek dan loyo. Hindarilah kebiasaan merokok karena dapat menyebabkan dehidrasi dan mengganggu kesehatan.

BACA JUGA:Awas! Hindari 5 Amalan Yang Membatalkan Puasa

6. Beristirahat ketika Merasa Capek  

Memang sudah menjadi garis besar dalam Islam bahwa kita dianjurkan untuk terus beraktivitas dan beribadah seperti biasa pada saat berpuasa.

Namun, apabila rasa capek sudah tak tertahankan, kita diperbolehkan untuk beristirahat sejenak agar tubuh kembali bugar.

Hal ini berlandaskan pada hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

"Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, ia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berbuka puasa dengan beberapa buah kurma basah sebelum melaksanakan shalat. Jika tidak ada kurma basah, beliau minum beberapa teguk air." (HR. Al-Bukhari)

Dari hadits di atas, kita dapat memahami bahwa apabila rasa capek mulai mengganggu, kita bisa mengambil istirahat dengan cara berbuka puasa terlebih dulu lalu melanjutkan ibadah setelahnya. Tentunya, cara ini hanya dilakukan jika rasa capek sudah benar-benar tak tertahankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: