Wisata Terbaru 2024 Ramadan Terpopular Jawa Tengah? Berikut Deretan Wisata religi Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Wisata Terbaru 2024 Ramadan Terpopular Jawa Tengah? Berikut Deretan Wisata religi Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Masjid Sheikh Zayed Solo--Kementerian Agama

DISWAY JOGJA - Jawa Tengah memiliki keberagaman yang sangat berlimpah, terutama di sektor wisatanya. Tak berhenti di wisata terbaru 2024 bernuansa alamnya saja, namun ada juga wisata religi yang menyimpan banyak sejarah di baliknya.

Wisata terbaru 2024 religi di Jawa Tengah menjadi destinasi wisata menarik yang wajib sobat kunjungi, pasalnya di wilayah ini banyak tokoh-tokoh pejuang Islam yang menghabiskan semasa hidupnya untuk berjuang menyebarkan Islam.

Tak berhenti di situ, bahkan ada juga wisata terbaru 2024 religi berupa masjid yang merupakan hadiah dari raja Uni Emirat Arab. Berikut ulasan lengkapnya:

BACA JUGA : Tempat Religi Wisata Terbaru 2024: Ziarah ke Makam Wali Songo di Tanah Jawa

1. Masjid Menara Kudus

Destinasi religi popular yang patut sobat kunjungi adalah Masjid menara Kudus. Terletak di Jalan Menara, Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia, tempat ini tidak pernah sepi dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah.

Banyak hal unik yang dapat sobat jumpai jika bisa berkunjung ke tempat ini. Pasalnya masjid ini merupakan tinggalan dari salah satu Walisongo, beliau ialah Sunan Kudus yang sekaligus pendiri masjid ini.

Masjid ini memiliki ciri khas yang unik, karena memiliki ornamen bangunan berpadu dengan seni Hindu.

Selain itu, menara kudus menjadi icon para wisatawan untuk mengabadikan momennya, sangat disarankan saat sobat berkunjung ke tempat ini tiba diwaktu menjelang maghrib, karena pancaran sinar lampu akan nampak elok terlihat jika menyorot ke bagian menara masjid.

2. Masjid Agung Jawa Tengah

Wisata religi popular selanjutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah, terletak di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

Masjid ini memiliki bangunan yang megah dengan gaya arsitektur khas. Salah satunya di tandai dengan adanya payung raksasa bagai Masjid Nabawi Madinah.

Namun, masjid ini tidaklah menyuguhkan keindahan dan kemegahannya saja. Akan tetapi juga menjadi salah satu pusat kegiatan masyarakat. Seperti acara keagamaan, tempat wisata religi, bahkan juga menjadi tempat edukasi.

BACA JUGA : Sederhana Namun Lezat: Menu Buka Puasa yang Populer, Cocok untuk Bersama Keluarga

3. Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Wisata religi popular selanjutnya adalah Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia.

Masjid ini terletak di pusat Kota Surakarta atau Solo, masjid ini merupakan bentuk hadiah dari Sheikh Mohammed bin Zayed dari Uni Emirat Arab.

Hal ini lantaran adanya tali persahabatan yang kuat antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab sehingga beliau ingin menghadiahkan sebuah masjid di Indonesia, singkat cerita akhirnya didirikan Masjid Raya Sheikh Zayed tepatnya di Solo.

Masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah saja, akan tetapi juga menjadi tempat wisata religi yang memiliki pengunjung dari berbagai daerah.

4. Makam Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga merupakan salah satu Walisongo yang berdakwah di tanah Jawa. Makamnya selalu ramai didatang para peziarah yang datang dari berbagai daerah.

Terletak di Kelurahan Kadilangu, berjarak sekitar dua kilometer dari pusat kota. Perkembengan Islam yang ada di Pulau Jawa tak terlepas dari jasa besar beliau.

Dengan metode dakwahnya menggunakan pendekatan budaya yang dengan mudah dapat merangkul siapapun, sehingga Islam dapat tersebar dengan luas di kalangan masyarakat. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi sebagai tempat wisata religi.

5. Makam Sunan Muria

Wisata religi yang dapat sobat kunjungi jika berada di Jawa Tengah ialah makam Sunan Muria. Terletak di lereng GUnung Muria, Jawa Tengah.

Merupakan tempat situs bersejarah yang mempunyai daya tarik tersendiri, pasalnya beliau merupakan salah satu tokoh Walisongo yang mempunyai jasa besar dalam proses berkembangnya Islam.

Makam Sunan Muria selalu ramai didatangi oleh para peziarah yang datang dari berbagai daerah, sangat disarankan makam ini untuk diziarahi jika sobat berkunjung ke Jawa Tengah.

BACA JUGA : 10 Hal yang Membatalkan Puasa!!, Nomor 9 Sering Disepelekan!

6. Makam Sunan Kudus

Merupakan tempat wisata religi yang perlu sobat kunjungi adalah Makam Sunan Kudus. Terletak di sebelah barat Masjid Menara Kudus.

Sunan Kudus merupakan salah satu Walisongo yang mempunyai jasa besar dalam suksesnya penyebaran Islam di tanah Jawa.

Di sekitar makam Sunan Kudus juga terdapat banyak makam-makam dari keluarga dan tokoh penting Islam seperti KH. Asnawi Kudus, Pangeran Pontjowati, KH. Turaichan Adjuri, dan makam tokoh-tokokh lainnya.

Nah sobat itulah beberapa informasi mengenai wisata religi Jawa Tengah yang perlu sobat kunjungi, jangan lupa selalu jaga sopan santun kita saat berada di tempat tersebut, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: