50 Siswa MTs Negeri 1 Tegal Dilatih Menulis Berita dan Fotografi

50 Siswa MTs Negeri 1 Tegal Dilatih Menulis Berita dan Fotografi

Pemimpin Redaksi Radar Tegal sedang memberikan materi jurnalistik kepada siswa MTs N 1 Tegal.-DOK-

LEBAKSIU, DISWAYJOGJA - Sebanyak 50 siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) 1 Tegal mengikuti pelatihan jurnalistik. Kegiatan yang difokuskan dengan materi cara menulis berita dan fotografi itu diadakan di aula madrasah setempat, Sabtu, 9 Maret 2024.

Hadir sekaligus membuka acara pelatihan, Kepala MTs N 1 Tegal Arif Hanafi. Hadir pula wakil kepala MTs dan sejumlah guru yang merupakan pembina media sekolah. Selain itu, hadir Pemimpin Redaksi Radar Tegal Muhammad Fatkhurohman yang merupakan pembicara dalam pelatihan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Fatkhurohman melatih para siswa untuk praktik menulis sebuah berita dan mengambil gambar dengan mengggunakan kamera HP para peserta. Sebelum praktik itu, Fatur, panggilan Fatkhurohman megenalkan bentuk tulisan, cara menulis straight news dan foto jurnalistik.

BACA JUGA:FKIP UMUS Siap Gelar Pelatihan Jurnalistik Siswa SMA/SMK se Brebes dan Tegal

”Ada beberapa pertimbangan orang membaca tulisan. Karena itu, penulis harus memahami itu. Kemudian bentuk tulisan juga ada bermacam-macam. Saat mengawali menulis, kita akan menulis bentuk apa. Pahami juga bahwa foto jurnalistik adalah sebuah gambar atau visual yang memliki nilai berita atau news value,” ungkapnya.

Saat pembukaan pelatihan, guru MTs N 1 Tegal yang juga pembina jurnalistik Isnaen Widiayanti menjelaskan, pesera pelatihan yang berjumlah 50 siswa tersebut berasal dari perwakilan kelas. Mereka berasal dari kelas 7, 8 dan kelas 9.  ”Pelatihan ini mengambil tema "Membangun literasi media dan menafsirkan berita dengan cerdas". Peserta merupakan perwakilan kelas,” jelasnya

Sementara itu, sebelum membuka kegiatan, Kepala MTs N 1 Tegal Arif Hanafi mengajak kepada anak-anak atau para siswa untuk bisa menulis dan lebih kreatif tanpa harus dikerahkan oleh guru-guru pendamping.

BACA JUGA:Mahasiswa FH Unissula Semarang Ikuti Sekolah Jurnalistik PWI Jateng XVIII Daring

”Setelah mencari berita, menemukan berita kemudian ditulis atau ketik. Setelah itu dipilih mana yang layak untuk diterbitkan. Pahami sal modal dasar menjadi wartawan. Kami berharap kelas 7 nanti dapat dikembangkan untuk lebih kreatif dan mampu mengasah untuk sekolah yang lebih baik,” ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: