Wisata Terbaru 2024 Karanganyar : Jelajahi WIsata Sejarah dan Nikmati Pemandangan dari Kaki Gunung Lawu!

Wisata Terbaru 2024 Karanganyar : Jelajahi WIsata Sejarah dan Nikmati Pemandangan dari Kaki Gunung Lawu!

Candi Cetho-tripadvisor.com-

DISWAY JOGJA - Karanganyar merupakan sebuah kabupaten kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Wisata terbaru 2024 di Karanganyar memiliki daya tarik tersendiri, khususnya bagi pecinta sejarah.

Tersembunyi di antara perbukitan hijau yang indah, wisata sejarah Karanganyar menawarkan pengalaman yang mendalam dan memukau. Apa saja itu? Yuk intip deretan wisata terbaru 2024 yang mengusung konsep sejarah di Karanganyar berikut ini!

BACA JUGA : Wisata Sejarah di Taman Sari Yogyakarta, Lengkap dengan 5 Spot Foto Aestheticnya

1. Candi Sukuh

Wisata Terbaru 2024 Candi Sukuh sering disebut juga sebagai “Machu Picchu-nya Indonesia,” yang merupakan situs bersejarah lainnya yang layak dikunjungi di Karanganyar. Candi ini juga berasal dari era Majapahit dan menawarkan pemandangan yang spektakuler di lereng Gunung Lawu.

Arsitektur unik candi ini mencerminkan pengaruh Hindu dan Jawa kuno, dengan banyak relief dan patung yang menggambarkan ajaran-ajaran spiritual. wisata terbaru 2024 Candi ini berada di Tambak Berjo, Ngargoyoso, Kab.Karanganyar, Jawa Tengah

2. Candi Cetho

Candi cetho pertama kali ditemukan pada tahun 1842 namun rekonstruksi penggalian baru dilakukan tahun 1929 oleh Dinas Purbakala Hindia Belanda. Kawasan cetho merupakan sebuah pelataran dimana terhampar pemandangan yang sangat menakjubkan. Banyak pula pondok-pondok dan juga situs lingga yoni seperti yang berada di kawasan Candi Sukuh.

Kamu bisa mengunjungi Candi Cetho setiap hari Senin – Minggu, mulai dari jam 07.00 sampai 17.00. Harga tiket masuk sebesar Rp7.000 sampai Rp25.000. Fasilitas yang disediakan disini ada tempat parkir, warung makan bagkan penginapan. Candi Cetho berada di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

3. Sapta Tirta Pablengan

Sapta Tirta Pablengan merupakan tempat wisata terbaru 2024 bernuansa sejarah yang ditinggalkan oleh pemerintah Mangkunegara. Tempat wisata ini dikenal sebagai sebuah sumber mata air alami yang memiliki tujuh mata air yang berbeda.

Keunikan utama dari Sapta Tirta Pablengan adalah bahwa masing-masing mata air tersebut memiliki rasa dan khasiat yang berbeda, seperti manis, asin, asam, dan sebagainya.

Misal air soda, dipercaya mampu menyebuhkan penyakit dalam, menurunkan koleterol dan lain-lain. Konon, mata air-mata air ini telah digunakan oleh masyarakat setempat sejak zaman dahulu karena dipercayai memiliki khasiat kesehatan.

Tempat ini menjadi sangat berarti dalam sejarah Karanganyar karena merupakan salah satu tempat bersejarah yang terkait dengan budaya dan tradisi lokal. Kamu bisa mengunjungi wisata terbaru 2024 ini di Jl. TP Joko Songo, Bt. Argotilos, Pablen, Kec. Matesih Karanganyar.

4. Museum Purbakala Dayu

Salah satu wisata terbaru 2024 di Karanganyar adalah Museum Purbakala Dayu yang memiliki koleksi fosil purbakala yang bernilai sejarah. Koleksi museum Karanganyar ini adalah fosil purba kepala gajah dan kerbau.

Museum Dayu Karanganyar masih menjadi bagian dari Situs Manusia Purba Sangira yang dikelola oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangira. Terletak di Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, museum ini buka setiap hari mulai pukul 09.00. sampai jam 3 sore

5. De Tjolomadoe

Wisata terbaru 2024 di Karanganyar yang lainnya adalah De Tjolomadoe, yang terletak di Jl. Adi Sucipto No. 1 Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Tempat ini dulunya merupakan pabrik gula kolonial yang dibangun pada tahun 1861 oleh NV Maatschappij tot Exploitatie van de Tjolomadoe. Pabrik gula ini adalah salah satu yang terbesar di Hindia Belanda pada zamannya.

Saat ini bangunan bersejarah tersebut telah dipugar dan diubah menjadi kompleks wisata yang menawarkan pengalaman yang unik. Pengunjung dapat menjelajahi bangunan-bangunan tua yang menawan, museum gula, dan taman yang luas.

6. Candi Kethek

Wisata terbaru 2024 yang ada di Karanganyar dan wajib dikunjungi adalah Candi Kethek. Candi ini adalah sebuah peninggalan purbakala yang berasal dari masa Hindu-Buddha, sekitar abad ke-9 hingga abad ke-10 Masehi.

Keunikan candi ini terletak pada relief relief batu yang menghiasi dindingnya, yang menggambarkan cerita-cerita dari mitologi Hindu, seperti kisah Ramayana dan Mahabharata.

Selain itu, candi ini memiliki arsitektur yang menarik dengan atap bergaya candi Hindu yang khas. Candi Kethek terletak di lingkungan pedesaan yang indah, dengan sawah dan perbukitan hijau sebagai latar belakangnya.

Diatas adalah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 di Karanganyar yang mengusung konsep wisata sejarah dan budaya. Nah dari keenam rekomendasi wisata diatas kamu ingin mengunjungi yang mana? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: