Tips Mencerahkan Wajah dengan Beras, Begini Cara Mengolahnya, Pahami Langkahnya Guys!

Tips Mencerahkan Wajah dengan Beras, Begini Cara Mengolahnya, Pahami Langkahnya Guys!

Tips Mencerahkan Wajah dengan Beras--

DISWAY JOGJA- Selain menjadi makanan pokok yang mengandung karbohidrat, beras juga baik untuk merawat kecantikan. Hal ini karena beras mengandung banyak nutrisi serta antioksidan yang juga baik untuk kulit.

Khasiat beras untuk kulit telah dikenal dan digunakan sejak zaman dulu, terutama di daerah Asia, seperti Tiongkok, Korea, India, dan Jepang. Kini, beras juga banyak dijadikan sebagai bahan aktif dalam produk perawatan kulit wajah. Ini karena beras kaya akan vitamin B, vitamin E, zinc, dan antioksidan yang baik untuk kulit wajah.

Jika khawatir adanya efek samping pada saat melakukan perawatan berbahan kimia, maka Anda wajib mencoba menggunakan beras sebagai bahan alami memcerahkan wajah.

Artikel ini akan membahas terkait tips mencerahkan wajah dengan menggunakan beras. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA : Manfaat Yogurt Untuk Kulit! Bisa Memutihkan Kulit Dengan Cepat? Begini Cara Penggunaannya!

Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa ekstrak beras memiliki efek anti-aging, yang dapat digunakan untuk mengatasi flek hitam, memperhalus tampilan kerutan, dan memperbaiki kerusakan kulit.

Adanya kandungan yang ada di dalamnya, beras bermanfaat untuk membuat kulit tampak lebih putih, cerah, dan bersih. Berikut adalah cara memutihkan wajah dengan beras:

1. Mencuci Wajah dengan Air Rendaman Beras

Langkah pertama yang dilakukan untuk mencerahkan kulit dengan beras yaitu mencuci wajah dengan air rendaman beras. Caranya cukup mudah, rendamlah beras dengan air bersih selama sekitar 30 menit, lalu saring.

Jangan lupa untuk menekan-nekan beras ketika disaring dengan sendok supaya ekstraknya keluar. Setelah itu, dinginkan air rendaman beras di kulkas. Sebelum digunakan untuk wajah, campurkan air rendaman tersebut dengan air bersih.

Rutin membasuh muka dengan air beras dapat memutihkan, menenangkan, dan memperbaiki kulit wajah yang rusak.

2. Mencuci Wajah dengan Air Rebusan Beras

Air rebusan beras mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral, serta antioksidan yang baik untuk mencegah dan membantu mengatasi keriput di kulit dan menghilangkan flek hitam akibat penuaan. 

Air rebusan beras atau air tajin ini bisa dimanfaatkan sebagai toner alami wajah. selain itu, air rebusan ini juga baik untuk mengatasi kulit kering dan menjaga kelembapan kulit.

Cara menggunakan air rebusan beras untuk memutihkan dan membersihkan kulit cukup mudah. Anda hanya perlu mencuci beras, lalu ambil airnya. Setelah direbus selama kurang lebih 10 menit, diamkan air beras hingga dingin. Setelah itu, Anda bisa menggunakan air tersebut pada wajah.

BACA JUGA : Mulai Dari Cleansing Balm, 5 Urutan Pemakaian Skincare Malam Dijamin Kultitmu Makin Glowing dan Mulus

3. Membuat Scrub Wajah dari Tepung Beras

Cara memutihkan wajah dengan beras selanjutnya yaitu dengan membuat scrub wajah dari tepung beras. Tepung beras adalah salah satu bahan alami yang baik untuk membersihkan dan mengangkat sel kulit mati (eksfoliasi) dan memperhalus tekstur permukaan kulit.

cara pengolahannya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 2−3 sendok teh tepung beras, ½ cangkir susu, dan 3 sendok makan minyak zaitun. Setelah itu, oleskan scrub tepung beras pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Lalu, gosok wajah dengan lembut dan bilas dengan air hangat.

Agar hasilnya maksimal, Anda disarankan untuk menggunakan scrub tepung beras sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu.

4. Menggunakan Toner Wajah dari Air Beras dan Air Lemon

Air beras yang dicampur dengan air lemon dapat dijadikan sebagai toner untuk memutihkan wajah. Cara membuat toner ini cukup mudah, yaitu:

  • Rendam ½ cangkir beras ke dalam 1 cangkir air hangat semalaman.
  • Esoknya, saring air beras dan tambahkan 3 sendok makan air lemon.
  • Masukkan campuran tersebut ke dalam kulkas, lalu diamkan selama 1 jam.
  • Toner siap untuk digunakan pada wajah.

Untuk mengaplikasikan nya, Anda dapat menggunakan kapas. Basahi kapas dengan toner dan usapkan secara merata ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air.

5. Membuat Masker dari Campuran Tepung Beras, Oats, Susu, dan Madu

Campuran tepung beras, oats, susu, dan madu memiliki khasiat untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan noda atau flek hitam pada wajah. Madu dan oats juga bisa membantu mengatasi jerawat. Karena itu, bahan-bahan tersebut dapat dijadikan sebagai masker wajah.

Cara membuatnya cukup mudah, adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Campurkan 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh oats, 1 sendok teh susu, dan 1 sendok teh madu.
  • Aduk hingga rata, lalu oleskan masker ke seluruh wajah dan diamkan selama 10−15 menit.
  • Bilas masker hingga bersih.
  • Lakukan perawatan ini 2 atau 3 kali seminggu untuk memperoleh hasil yang optimal.

Selain melakukan cara-cara diatas, jangan lupa juga untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari, terutama ketika Anda hendak beraktivitas di luar ruangan.

Untuk Anda yang mempunyai tipe kulit sensitif, berminyak, atau berjerawat, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter kulit sebelum menggunakan beras sebagai pemutih wajah alami.

Apabila Anda mengalami reaksi alergi atau iritasi pada wajah, misalnya wajah menjadi kemerahan, kering, atau perih, setelah menggunakan beras untuk memutihkan wajah, maka sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

itulah beberapa tips dan cara dalam mengolah beras untuk membantu mencerahkan wajah secara alami. Selamat mencoba. (*).

BACA JUGA : Sangat Sederhana! 6 Cara Alami Ini Bisa Memutihkan Kulit Hanya dalam Hitungan Menit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: