10+ Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Khas Kuningan? Terlezat dan Legendaris, Dijamin Bikin Ketagihan!

10+ Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Khas Kuningan? Terlezat dan Legendaris, Dijamin Bikin Ketagihan!

Peuyeum Ketan Kuningan-instagram @photo_grain-

DISWAY JOGJA - Kuningan merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat. Kuningan terkenal degan ikon Kuda yang melambangkan semangat dinamis dan menegakkan keadilan. Wilayah ini berada di perbukitan dengan udara yang sejuk dan pemandangannya yang indah. Selain terkenal dengan wisata terbaru 2024 bernuansa alamnya, Kuningan juga terkenal dengan kuliner atau makanan khasnya yang lezat dan legendaris, serta memiliki rasa yang gurih hingga manis.

Berikut 10+ rekomendasi wisata terbaru 2024 kuliner khas Kuningan terlezat dan legendaris :

1. Nasi Kasreng

Nasi Kasreng merupakan nasi berbentuk kerucut dengan ukuran kecil dibungkus menggunakan keretas nasi. Wisata terbaru 2024 Nasi Kasreng biasanya disajikan dengan tambahan seperti ayam goreng yang garing, telur mata sapi, kerupuk, dan acar.

2. Sop Buntut Bakar

Sebelum dicampurkan dengan kuah, makanan ini terlebih dahulu dibakar dengan bumbu yang khas dan dioleskan dengan mentega untuk memberikan rasa yang kuat. Kuah sop ini menggunakan kuah kaldu untuk memberikan rasa yang gurih.

3. Hucap

Hucap merupakan singkatan dari tahu dan kecap. Bahan dari makanan ini adalah lontong atau ketupat dan sambal kacang. Wisata terbaru 2024 kuliner Hucap memiliki rasa yang manis karena penggunaan kecap cukup banyak. Selain itu, ada rasa gurih dari tahu yang digoreng sebentar.

4. Tahu Lamping

Dinamakan Tahu Lamping diambil karena pertama kali ditemukan di daerah Lamping, Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Bagian luarnya empuk dengan tekstur sedikit renyah, sedangkan bagian dalam lebih padat, namun tetap lembut ketika digigit. Kamu dapat menikmati makanan ini, dengan cabai hijau, petis atau sambal kecap.

BACA JUGA : BACA JUGA : 10 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Khas Cirebon? Paling Populer, Dijamin Bikin Ketagihan!

5. Rujak Kangkung

Hidangan ini terbuat dari campuran sayuran segar, seperti kangkung, kacang panjang, dan tauge yang dikukus/direbus, kemudian disiram dengan bumbu rujak asam jawa. Makanan ini biasa disajikan dengan sambal asem dan kerupuk mie.

6. Golono

Golono dibuat dengan cara mencampurkan ampas tahu dengan berbagai macam bumbu seperti cabai rawit, garam, daun bawang hingga penyedap rasa. Kemudian, ampas tahu dicelupkan ke dalam adonan tepung dan digoreng. Wisata terbaru 2024 kuliner Golono memiliki tekstur garing di luar dan lembut di dalam.

7. Lepet Khas Kuningan

Lepet ini terbuat dari ketan yang dibungkus dalam daun kelapa, kemudian dikukus hingga matang. Lalu, lepet disajikan dengan kelapa parut yang sudah dicampur dengan gula merah dan garam. Tekstur dari lepet ini yaitu kenyal, dan memiliki rasa manis dan gurih.

8. Peuyeum Ketan

Peuyeum Ketan terbuat dari beras ketan putih atau merah yang dikukus dan difermentasi dengan ragi. Setelah itu, peuyeum dibungkus dengan daun jambu untuk memberikan aroma dan rasa khas, serta ditambahkan daun katuk untuk warna hijau dan tekstur yang tidak mudah berair.

9. Kwecang

Bahan utama untuk membuat yaitu beras ketan dan air kapur yang dikukus hingga matang. Proses pembuatannya dibungkus dengan daun bambu sebelum dimasak. Kamu bisa menikmati makanan ini dengan saus yang terbuat dari gula merah atau gula pasir.

10. Kue Satu Kacang Hijau

Kue Satu Kacang Hijau terbuat dari kacang hijau yang disangrai, dihaluskan, dan dicampur dengan gula halus. Lalu, kue ini dibentuk menggunakan cetakan khusus.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Makanan Khas Betawi! Wisata Terbaru 2024 Kuliner Terpopuler dan Legendaris, Wajib Dicoba!

11. Papais

Papais terbuat dari bahan utama beras ketan atau singkong yang dijadikan adonan. Proses masaknya yaitu dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang. Wisata terbaru 2024 berupa makanan khas Kuningan ini berasa manis dan legit dengan tekstur empuk dan lembut.

12. Sate Maranggi

Sate Maranggi terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan dimasak dengan teknik pemanggangan khusus. Daging sapi yang digunakan diambil dari daging pilihan, seperti sirloin atau tenderloin, yang kemudian dipotong tipis-tipis. Daging dibaluri dengan campuran bumbu kecap manis, kecap asin, minyak, bawang putih, bawang merah, dan berbagai rempah-rempah lainnya.

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 kuliner khas Kuningan yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke sana. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: