Menjelajahi Keindahan Wisata Terbaru 2024 Air Terjun Grojogan Sewu: Pesona Alamnya Tak Pernah Gagal Memukau!

Menjelajahi Keindahan Wisata Terbaru 2024 Air Terjun Grojogan Sewu: Pesona Alamnya Tak Pernah Gagal Memukau!

Wisata terbaru 2024 Grojogan Sewu-Travel Kompas-google

DISWAY JOGJA - Grojogan Sewu merupakan salah satu destinasi wisata terbaru 2024 di Tawangmangu, Karanganyar dengan penampakan air terjun terindah. Meskipun air terjunnya di sini hanya ada satu, tetapi ada beberapa titik air terjun yang dapat dinikmati.

Arti Grojogan dalam Bahasa Jawa berarti air terjun dan sewu berarti seribu. Jika digabung Grojogan Sewu berarti air terjun seribu.

Meskipun demikian, terlepas dari asal usul nama, Grojogan Sewu tetap diakui sebagai air terjun yang sangat indah dan alami.

Tempat wisata ini berada di sekitar lereng Pegunungan Lawu, sekitar 27 kilometer tepat berada di sebelah bagian timur Kota Karanganyar.

BACA JUGA : Keindahan Wisata Terbaru 2024: Pesona Alam Bali, Air Terjun Tukad Cepung Surga yang Tersembunyi Cek Disini!

Lokasi Air Terjun Grojogan Sewu

Wisata terbaru 2024 Grojogan Sewu lokasinya berada di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Dapat diakses melalui dua arah, yaitu dari Solo sekitar 45 km ke arah timur, dan dari Madiun sekitar 75 km ke arah barat daya.

Fasilitas Air Terjun Grojogan Sewu

Wisata terbaru 2024 ini memiliki fasilitas yang lengkap guna untuk memudahkan wisatawan agar kunjungan ke tempat ini semakin seru dan menyenangkan.

Fasilitas tersebut diantaranya mulai dari kolam renang, taman binatang, kios makanan, tempat beristirahat, cenderamata, kios buah-buahan, dan tempat MCK. Wisatawan juga tidak pelu khawatir, karena tempat ini juga menyediakan mushala untuk beribadah yang pastinya dilengkapi dengan peralatan sholat yang memadai.

Jam buka Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu ini bisa kamu kunjungi setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB. Waktu terbaik untuk kamu berkunjung ke wisata ini adalah pada pagi hari, karena udaranya yang masih segar dan terjaga.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024: Serunya Taman Botani Baturaden? Info Harga Tiket, Jam Buka, dan Daya Tariknya!

Daya Tarik Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun di sini memiliki ketinggian sekitar 81 meter. Ketinggian inilah yang membuat wisatawan bisa berfoto atau selfie dengan berlatar belakang air terjun.

Salah satu lokasi menarik untuk mengambil foto di air terjun Grojogan Sewu adalah jembatan yang melintang di depan air terjun tersebut. Jembatan ini seringkali menjadi tempat favorit para wisatawan untuk mengabadikan moment atau sekedar menikmati keindahan air terjun dengan jarak yang lebih aman dan pastinya sejuk.

Wisatawan memang tidak diperkenankan berenang di area bawah air terjun, tetapi di sini ada kolam renang yang bisa untuk aktivitas berenang untuk semua kalangan, baik dewasa maupun anak-anak.

Di wisata terbaru 2024 Grojogan Sewu ini wisatawan juga bisa berjalan-jalan sambil menikmati alam. Kamu juga bisa melihat monyet yang berlalu-lalang di sekitar jalan setapak.

Tetapi perlu diperhatikan juga jika kamu membawa barang-barang agar lebih di awasi, mengingat bisa saja sewaktu-waktu monyet mengambil barang yang dibawa oleh wisatawan.

BACA JUGA : Curug Bayan: Destinasi Wisata Terbaru 2024 Banyumas? Pemandangan Estetik, Cocok Untuk Healing Akhir Pekan!

Kemudian yang tak kalah menariknya, wisata terbaru 2024 yang berjarak kurang lebih dua jam dari Kota Solo ini merupakan air alami. Keindahan juga terpancar dari air alami yang jernih dan suara airnya yang bisa menenangkan pikiran.

Jangan khawatir, di daerah sekitar ini juga ada penginapan, spot foto, restoran, serta kegiatan seru lainnya. Jadi, tidak heran jika wisata di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini selalu menjadi favorit para wisatawan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Grojogan Sewu

Berkunjung ke wisata alam Grojogan Sewu cukup terjangkau, dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 22.000 saja baik untuk weekday maupun weekend. Sedangkan untuk wisata mancanegara dikenakan biaya Rp. 175.000.

Itulah informasi mengenai tempat wisata terbaru 2024 air terjun Grojogan Sewu lengkap dengan lokasi, jam buka, harga tiket, fasilitas, hingga daya tarik. Selamat menikmati keindahan alam di Jawa Tengah ini ya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: