Tahun Ini, Pemkab Brebes Siapkan Rp 159 Miliar untuk Perbaikan Jalan Rusak

Tahun Ini, Pemkab Brebes Siapkan Rp 159 Miliar untuk Perbaikan Jalan Rusak

RUSAK - Kondisi ruas jalan Bulakamba-Slatri Kabupaten Brebes mengalami kerusakan parah. -EKO FIDIYANTO/ RADAR BREBES -

BREBES, DISWAYJOGJA - Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) menyiapkan anggaran sekitar Rp 159 miliar untuk perbaikan jalan rusak. Anggaran itu akan digunakan untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan rusak sesuai dengan skala prioritas. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Bima Marga DPU Brebes, Agus Pramono saat dikonfirmasi, Jumat, 23 Februari 2024.

Agus menyebutkan, untuk tahun ini anggaran perbaikan dan pemeliharaan jalan kabupaten mencapai Rp159.074.601.946. Total anggaran itu tersebar dibeberapa titik di jalan kabupaten.

Agus menambahkan, salah satu ruas jalan yang alan dilakukan perbaikan yakni ruas Tengguli-Luwunggede di Kecamatan Tanjung. Total anggaran untuk perbaikan ruas jalan tersebut kurang lebih mencapai Rp7,6 miliar.

BACA JUGA:Warga Kertayasa Tegal Protes, Tanam Pohon Pisang dan Mancing di Jalan Rusak

Selain di ruas jalan tersebut, ada juga ruas jalan Kecipir-Blangko, Desa Kecipir, Kecamatan Losari melalui DAK sebesar Rp8 milir. Kemudian Kecipir-Blangko di ruas 149 sebesar Rp2,5 miliar,katanya.

Meski anggaran yang terbatas, lanjut Agus, pihaknya akan terus memaksimalkan perbaikan jalan rusak yang ada di Kabupaten Brebes. "Tentu dengan anggaran yang ada kami akan memaksimalkannya untuk perbaikan jalan kabupaten," tandasnya.

Jalan rusak di Kabupaten Brebes hingga saat ini masih cukup panjang. Data DPU Brebes mencatat total ada 884.885 kilometer kondisi jalan kabupaten rusak yang rusak. Jumlah tersebut terbagi kondisi jalan mulai rusak sedang, ringan dan berat.

Total itu ada 884.885 Km jalan di Brebes kondisinya rusak. Baik rusak ringan, sedang dan berat," ungkap dia.

BACA JUGA:Warga Sucen Magelang Pasang Batu di Jalan Rusak, Truk Pasir Dilarang Melintas

Agus menyebutkan, data tersebut merupakan hasil survey DPU Brebes pada 2023 lalu. Total panjang ruas jalan kabupaten sendiri mencapai 1.210.194 Km. Dengan rincian, 352.309 Km kondisinya baik.

Sedangkan 414.677 Km kondisinya sedang, 140.007 Km kondisinya rusak ringan dan 330.210 Km kondisinya rusak berat atau kritis," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: