Kekayaan Tersembunyi di Kalimantan? Wisata Terbaru 2024 Taman Nasional Gunung Palung, Pesona Alam Indonesia!

Kekayaan Tersembunyi di Kalimantan? Wisata Terbaru 2024 Taman Nasional Gunung Palung, Pesona Alam Indonesia!

Wisata Terbaru 2024 Taman Nasional Gunung Palung-Celebes ID-google

DISWAY JOGJA - Kabupaten Kayong Utara merupakan salah satu daerah yang banyak menyimpan tempat wisata alam terbaru 2024 yang unik dan menarik. Karena destinasi wisata yang ada di Kayong Utara tidak kalah menariknya dari wisata di Bali.

Taman Nasional Gunung Palung merupakan satu-satunya kawasan hutan tropika Dipterocarpus terbaik dan terluas di Kalimantan. Lokasinya berada di Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat.

Taman Nasonal Gunung Palung merupakan salah satu destinasi wisata terbaru 2024 yang sangat populer di Kalimantan Barat.

Berada di Kabupaten Kayong Utara, Taman Nasional ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa, mulai dari gunung, hutan, hingga air terjun yang mempesona.

BACA JUGA : Rasakan Air Sebening Kaca? Wisata Terbaru 2024 Umbul Manten, Legenda Dibalik Keindahan Alam!

Asal kamu tahu, Taman Nasional Gunung Palung ini memiliki luas sekitar 90.000 hektar dan juga menjadi tempat perlindungan bagi beberapa spesies flora dan fauna langka, termasuk orangutan Kalimantan.

Selain itu, juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa indah dan beberapa aktivitas menarik di dalamnya. Salah satu daya tarik utama dari wisata terbaru 2024 Taman Nasional Gunung Palung yaitu keberadaan hutan hujan tropis yang masih sangat asri.

Disini, wisatawan bisa menjelajahi hutan dengan berbagai cara mulai dari trekking, hiking, hingga camping. Selain itu juga wisata ini menawarkan beberapa aktivitas wisata air seperti rafting dan kano.

Fasilitas di Taman Nasional Palung cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, seperti area camping, area parkir, pusat informasi, toilet, dan beberapa tempat atau pondok peristirahatan yang terletak di kawasan wisata terbaru 2024 ini.

Disamping kekayaan flora dan fauna, terdapat daya tarik wisata di Taman Nasional Gunung Palung yang menjadi unggulan. Penasaran apa saja? Simak penjelasannya dibawah ini, ya.

1. Lubuk Baji

Lubuk Baji merupakan destinasi wisata alam terbaru 2024 air terjun yang berada di kawasan perbukitan dengan sungai berbatu di Desa Sedahan Jaya.

Bila kamu akan kesini, aksesnya cukup mudah yang berupa jalur pendakian sederhana. Disekitar kawasan air terjun Lubuk Baji terdapat berbagai macam jenis pepohonan seperti pohon matoa, ulin, bunga bangkai, hingga anggrek tanah. Selain itu juga ada pohon benuang, yang menjadi sarang lebah penghasil madu.

2. Batu Barat

Batu Barat adalah lokasi rekreasi di Taman Nasional Gunung Palung. Wilayah didalam area taman ini dipisahkan oleh sungai besar yang mengalir mulai dari Matan sampai Teluk Melano, yang menjadi pemisah dengan taman nasional.

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Petik Buah Apel di Malang? Simak Alamat dan Harga Tiket Masuknya!

3.  Riam Berasap

Lokasi dari tempat wisata terbaru 2024 ini yaitu Sungai Siduk, Desa Riam Berasap Jaya, Kabupaten Kayong Utara. Destinasi wisata ini berupa air terjun yang berada di kawasan antara perbukitan dan pegunungan serta sungai berbatu.

4. Bukit Peramas

Di kawasan inilah pengunjung dapat mengamati berbagai jenis flora dan fauna yang kemungkinan akan dijumpai. Bukit Pramas terletak di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara yang dimana pada bagian baratnya langsung berbatasan dengan Pantai Pulau Datok.

Harga Tiket

Untuk harga tiket masuk ke Taman Nasional Gunung Palung ini yaitu, untuk wisatawan lokal dikenakan biaya kurang lebih Rp. 10.000 per orang, dan untuk wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya kurang lebih Rp. 150.000 per orang.

Tetapi jika kamu ingin mendapatkan harga yang lebih murah, disarankan ketika berkunjung bersama rombongan atau dalam kelompok.

Tempat wisata terbaru 2024 ini wajib kamu kunjungi jika tertarik dengan wisata konversi alam. Jangan lupa tetap jaga kebersihan Taman Nasional Gunung Palung ya, demi melestarikan kekayaan alam Indonesia. Semoga petualangan kamu menyenangkan!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: