Lakukan Kebiasaan Ini, Cara Memutihkan Kulit Kusam! Biar Pesonamu Makin Glowing, Simak Ulasannya

Lakukan Kebiasaan Ini, Cara Memutihkan Kulit Kusam! Biar Pesonamu Makin Glowing, Simak Ulasannya

Lakukan Kebiasaan Ini, Cara Memutihkan Kulit Untuk Kulit Kusam ! Simak Ulasannya--freepik.com

JOGJA DISWAY - Kulit kusam memang menjadi momok bagi banyak orang. Faktor penyebabnya beragam dan cara mengatasinya pun tidak selalu sama untuk semua orang. Hal ini menjadikan kulit kusam sebagai salah satu masalah kulit yang cukup sulit diatasi.

Memiliki kulit cerah, sehat, dan bersih adalah dambaan setiap orang. Kabar baiknya, hal ini dapat dicapai oleh siapapun, tanpa memandang warna kulit. Tak perlu selalu merogoh kocek dalam untuk perawatan mahal, karena ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk mencerahkan kulit.

Salah satu kunci utama untuk mendapatkan kulit cerah dan sehat adalah dengan menjaga hidrasinya. Pastikan kamu minum air putih yang cukup setiap hari agar kulit terhidrasi dengan baik. Hal ini akan membantu menjaga kelembapannya, sehingga kulit menjadi lebih lembut dan cerah.

BACA JUGA : Kulit Wajahmu Terganggu Bekas Jerawat Menghitam? Pakai 4 Bahan Alami Yang Ada di Rumah, Rasakan Khasiatnya!

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita ulas lebih dalam mengenai kebiasaan apa saja yang dapat membantu kulit menjadi lebih putih dan bercahaya:

1.   Membersihkan Kulit Wajah dengan Rutin

Membersihkan kulit wajah terutama menggunakan metode double cleansing. Membersihkan kulit wajah dilakukan dengan micelar water atau cleansing balm terlebih dahulu, agar lebih rata membersihkan sisi wajah yang sulit dijangkau.

Selanjutnya membersihkan kulit wajah dengan menggunakan sabun cuci muka. Usahakan memilih sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit, dan yang bersifat gentle. Agara sehabis cuci muka kulit wajah kamu tidak terasa tertarik.

Membersihkan wajah secara rutin akan membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit yang dapat menyebabkan wajah kusam hingga berjerawat.

BACA JUGA : 7 Cara Menghilangkan Jerawat!! Bahan Alami Jadi Rahasianya, Terbukti Ampuh Cobain Sendiri!

2.   Banyak makan buah tinggi vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting untuk kesehatan kulit. Vitamin ini bekerja dengan meningkatkan produksi kolagen, protein yang bertanggung jawab untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan produk skincare mengandung vitamin C selama 12 minggu dapat menunda gejala penuaan dini. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen, yang membuat kulit lebih kencang dan bercahaya.

Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi jeruk, pepaya, mangga, dan jambu biji.

3.   Rutin Menggunakan Sunscreen

Memiliki kulit sehat dan bercahaya merupakan dambaan banyak orang. Namun, tahukah kamu bahwa salah satu faktor utama yang dapat merusak kesehatan kulit adalah paparan sinar matahari berlebih?

Saat berada di luar ruangan, kulit terpapar langsung oleh sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai efek negatif, termasuk kulit kusam dan gelap.

Kamu disarankan menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Apply ulang sunscreen kamu setiap 2-3 jam sekali, terutama saat kulit terkena air ataupun berkeringat.

BACA JUGA : Kelihatan Sepele?? Ini 6 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Efektif, Buktikan Sendiri!!

4.   Tidur yang Cukup

Saat tidur, tubuh memproduksi hormon pertumbuhan yang membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk kolagen. Kolagen adalah protein yang membuat kulit kenyal dan kencang.

Kurang tidur dapat meningkatkan kadar kortisol, hormon stres yang dapat memecah kolagen dan elastin, sehingga menyebabkan keriput dan garis halus.

Tidur yang cukup membantu melancarkan aliran darah di bawah kulit, sehingga kulit mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk tetap sehat.

5.   Olahraga secara rutin

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Salah satu manfaat utama olahraga adalah meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, termasuk jaringan kulit.

Olahraga membantu mengeluarkan racun dari tubuh melalui keringat. Hal ini membantu membuat kulit lebih cerah dan bercahaya.

Kamu bisa melakukan jogging, berjalan, berenang, dan bersepeda. Lakukan aktivitas olahraga ini dengan rutin setidaknya tiga hari dalam seminggu untuk mendapatkan hasilnya.

6.   Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Air putih bukan hanya penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, manfaatnya akan terlihat pada kulit.

Air membantu menjaga kolagen dan elastin, protein yang membuat kulit kenyal dan lembab. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih plump dan kenyal, sehingga mengurangi munculnya keriput dan garis halus. Air juga dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh melalui keringat, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bercahaya.

BACA JUGA : Selamat Tinggal Wajah Kusam! Ini Dia 5 Rahasia Untuk Wajah Jadi Glowing, Cek Disini ya

7.   Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi adalah jenis perawatan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Pada dasarnya, kulit akan melakukan regenerasi secara otomatis. Tetapi, hasilnya akan lebih maksimal jika dibantu dengan melakukan eksfoliasi wajah.

Kulit kusam dan warna kulit tidak merata dapat disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati. Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

Sel-sel kulit mati dapat menghambat penyerapan produk skincare. Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga produk skincare dapat terserap lebih efektif.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kulit yang putih dan cerah. Namun cara ini tidak sepenuhnya instan. Kamu harus cukup rutin melakukan kebiasaan ini agar mendapatkan kulit yang putih. Selamat mencoba bestie (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: