Penasaran Makanan Khas Pati? Wisata Terbaru 2024 Kuliner Nasi Gandul Hingga Segotewel, Nikmati Sensasi Rasanya

Penasaran Makanan Khas Pati? Wisata Terbaru 2024 Kuliner Nasi Gandul Hingga Segotewel, Nikmati Sensasi Rasanya

Alun-Alun Pati--

DISWAY JOGJA – Daearah yang terkenal dengan julukan Pati Bumi Mina Tani ini merpakan salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Letaknya, berada diantara Kabupaten Kudus dan Kabupaten Rembang juga terkenal dengan wisata terbaru 2024 kuliner khasnya. Dengan citarasa unik dan lezat, menjadi incaran bagi siapapun yang berkunjung ke daerah ini.

Nah, dibawah ini adalah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 makanan tradisional khas daerah Pati. Yuk simak, ada makanan apa aja sih?

BACA JUGA : Makan Soto Pinggir Sawah Estetik? Wisata Terbaru 2024 Kuliner Semarang, Tampilkan Lanskap View 3 Gunung!

1. Nasi Gandhul

Bagi sebagian orang mungkin akan mengenali salah satu jenis makanan tradisional ini. Wisata terbaru 2024 makanan dengan sebutan Nasi Gandul alias “sega gandhul” ini adalah sajian kuliner yang paling jadi andalan dari Kabupaten Pati.

Cara penyajian nasi gandhul ini tergolong unik, karena dalam penyajiannya piring dialasi dengan pisang. Makanannya juga tidak menggunakan sendok, melainkan dengan suru, yaitu daun pisang yang dipotong memanjang dan dilipat dua untuk digunakan sebagai pengganti sendok. Akan tetrapi biasanya para penjual juga menyediakan sendok mapuun garpu untuk persiapan apabila pembeli tidak dapat menggunakan suru.

2. Soto Kemiri

Soto merupakan makanan khas nusantara yang memiliki banyak varian jenis dan rasa yang beragam. Banyak daerah di Indonesia memiliki versi tersendiri dari kudapan berkuah ini. Begitu pula Kabupaten Pati yang memiliki wisata terbaru 2024 kuliner khas Soto Kemiri.

Soto kemiri memiliki kuah berwarna kuning pekat. Cita rasanya kaya akan rempah. Disajikan dengan kecambah/tauge dan bawang goreng, soto ini lumrah dinikmati dengan lauk pendamping berupa potongan ayam kampung.

3. Petis Runting

Jika ditanya tentang kuliner khas Pati, kebanyakan orang mungkin akan menjawab nasi gandul atau soto kemiri. Namun, sebetulnya ada hidangan lain khas Pati yang tak kalah lezat, namanya petis runting.

Jangan dibayangkan petis runting berbumbu hitam kental seperti isian tahu petis. Wisata terbaru 2024 Petis Runting merupakan rebusan balungan (tulang) kambing yang dihidangkan dalam kuah kental berwarna kecokelatan.

Makanan yang berasal dari Dukuh Runting, Desa Tambaharjo, Kecamatan Pati ini penampilannya mirip tengkleng atau gulai, namun kuahnya berwarna lebih gelap.

Selain itu juga lebih kental karena mengandung tepung beras yang masih bertekstur. Warung-warung petis runting banyak terdapat di Dukuh Runting, Desa Tambaharjo.

BACA JUGA : Berkunjung ke Tegal? Jangan Lewatkan Wisata Terbaru 2024, Sedapnya Kuliner Legendaris Khas Tegal, Cek Disini!

4. Segotewel

Jika Yogyakarta punya gudeg, Pekalongan punya segomegono, dan wilayah Sumatera Barat punya gulai nangka. Tak mau kalah, Pati juga punya kuliner tradisional andalan berbahan baku nangka muda.

Wisata terbaru 2024 kuliner khas Pati Segotewel, dikenal sebagai kuliner khas yang berasal dari Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati. Di sana, ada banyak warung tradisional yang menjajakan sajian tersebut.

Satu di antara yang paling legendaris ialah warung SegoTewel Mbah Rasiah yang berada di Desa Ngerang.  Segotewel disajikan di atas piring berlapis daun jati. Nasi dengan guyuran sayur tewel (nangka muda) hangat itu mampu membuat ketagihan.

Irisan cabai membuat sensasi pedas yang nikmat. Apalagi jika dipadukan dengan tempe goreng dan bakwan hangat. Makin mak nyus! Keistimewaan lain dari segotewel ialah alas daun jati muda yang memunculkan aroma khas yang menambah kelezatan segotewel.

5. Jangan Mrico/Sayur Merica

Wisata terbaru 2024 Jangan mrico atau sayur merica (lada) merupakan sejenis masakan ikan laut. Masakan ini biasanya menggunakan ikan kakap, ikan kerapu, ikan ekor kuning, atau ikan manyung.

BACA JUGA:Buruan Coba! 5 Rekomendasi Kuliner di Wisata Terbaru 2024 Yogyakarta? Siap Manjakan Lidah, Gugah Selera Makan!

Sajian ini terasa segar karena memiliki kuah bening dengan rasa pedas merica dan cabai. Selain itu, juga terdapat rasa asam yang berasal dari tomat atau asam jawa.

Keunikan lain dari masakan ini adalah adanya daun singkil yang digunakan sebagai penyedap. Daun ini juga berfungsi sebagai penghilang aroma amis pada ikan

6. Mangut Kepala Manyung

Sesuai namanya, Wisata terbaru 2024 Mangut Kepala Manyung menggunakan kepala ikan manyung sebagai bahan utama. Sebelum memasak ikan manyung bersama kuah, para pembuat sajian ini akan mengolah kepala ikan manyung dengan proses pengasapan terlebih dahulu. Kepala ikan manyung yang telah diasapi akan memberikan aroma dan rasa yang khas.

Makanan ini identik dengan cita rasa pedas dengan kuah santan berwarna kuning. Warna kuning tersebut didapatkan dari kunyit sebagai salah satu bumbu rempahnya.

Itu dia beberapa wisata terbaru 2024 makanan khas Pati yang terkenal akan kelezatannya yang maknyuss. Mungkin saja masih ada banyak lagi makanan khas Pati yang lainnya, akan tetapi kali ini cukup 6 dulu saja. Semoga dilain kesempatan dapat kita bahas yaa. Oh iya, buat kamu yang akan berkunjung ke daerah ini, selamat menikmati makanan tradisional khas Bumi Tani Mina Padi!! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: