Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Khas Kudus? Sensasi Masakan Kaya Rempah, No. 4 Wajib Kamu Coba!

Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Khas Kudus? Sensasi Masakan Kaya Rempah, No. 4 Wajib Kamu Coba!

Ikon Kudus Saat Malam Hari-gurusiana-

DISWAY JOGJA - Kudus tidak hanya terkenal sebagai kota kretek saja, tapi juga kulinernya yang maknyus alias mantap. Wisata terbaru 2024 Kuliner yang ada di kota penghasil jenang itu cukup beragam dan sayang kalau hanya dilewatkan begitu saja tidak mampir mencicipi.

Kuliner Kudus tak kalah lezat dibanding dengan kota lain yang ada di Jawa Tengah. Makanan khas Kudus yang mungkin kerap terdengar di telinga sebagian masyarakat adalah soto Kudus, namun sebenarnya masih banyak ragam wisata terbaru 2024 kuliner lain yang perlu kamu jelajahi. Simak ulasan lengkapnya :

1. Soto Kudus

Banyak orang yang belum mengetahui versi Soto Kudus yang sebenarnya yaitu menggunakan daging kerbau namun ada juga yang menggunakan daging ayam.

Dahulu kala ketika Sunan Kudus tiba di Kudus beliau membuat larangan menyembelih sapi untuk menghormati penduduk asli Kudus yang mayoritas beragama Hindu.

Budaya ini masih ada hingga sekarang meskipun beberapa orang sudah berani menyembelih sapi saat Idul Adha dengan alasan sudah tidak ada orang Hindu di Kudus. Selain daging yang digunakan, isian lainnya juga berbeda. Jika Soto Semarang menggunakan tambahan soun dan telur ayam, wisata terbaru 2024 Soto Kudus hanya kecambah, daun bawang, dan seledri.

BACA JUGA : Kota Kretek! Kudus Menyimpan Wisata Terbaru 2024 yang Wajib Dikunjungi, Suguhkan Pemandangan yang Mempesona

2. Pindang Kerbau

Makanan khas Kudus ini memiliki tampilan seperti rawon yang terkenal di Jawa Timur. Kuah kuliner wisata terbaru 2024 ini gelap dengan potongan daging kerbau sebagai bahan baku utama. Warna hitam masakan tersebut berasal dari kluwak. Pindang kerbau biasanya disajikan pada saat acara hajatan, seperti pernikahan dan pengajian

3. Sate Kerbau

Jenis kuliner ini sangat mudah ditemukan di berbagai sudut kota Kudus. Wisata terbaru 2024 kuliner sate kerbau disajikan dengan nasi dan sambal bumbu kacang secara terpisah. Selain itu juga disediakan cabai merah dan hijau rebus untuk menambah sensasi pedas.

BACA JUGA : 7 Makanan Khas Kudus yang Rasanya Otentik Banget, Kamu Harus Coba!

4. Lentog Tanjung

Salah satu makanan khas Ku dusyang terbuat dari sayur gori (nangka muda), sayur lodeh tahu, dan potongan lontong. Nama lentog tanjung memiliki arti lentog yang berarti lontong dan tanjung merupakan nama daerah asal makanan tersebut.

Wisata terbaru 2024 kuliner yang memiliki rasa mirip lontong cap go meh ini disajikan menggunakan daun pisang dengan taburan rebusan cabai tanpa diiris. Sayur gori yang terdapat dalam kuliner ini tidak membuat hidangan menjadi manis sepertihalnya gudeg.

5. Opor Sunggingan

Berbeda dengan makanan khas Kudus yang banyak berbahan dasar menggunakan daging kerbau. Bahan utama opor sunggingan berupa daging ayam. Konon, opor sunggingan dipercaya sebagai kegemaran Sunan Kudus.

Perbedaaan opor sunggingan dengan opor ayam biasa terletak pada pengolahan ayam. Pada pengolahan opor sunggingan menggunakan ayam bakar utuh.

Cara penyajiannya adalah nasi ditaruh di atas piring yang telah dilapisi dengan daun pisang, kemudian diberi suwiran ayam panggang dengan cara digunting-gunting, dan ditambah tahu goreng yang memiliki cita rasa manis pedas.

BACA JUGA : Menelusuri Wisata Asik di Kudus, Mengungkap Pesona Tersembunyi.

6. Pecel Pakis

Hidangan wisata terbaru 2024 kuliner Pecel Pakis merupakan pecel yang menggunakan sayur-sayuran serta tumbuhan pakis yang disiram dengan kuah kacang.

Warung yang menyediakan pecel pakis biasanya menyediakan lauk tambahan, seperti telur dadar atau mata sapi, perkedel, tempe goreng, dan gimbal udang.

7. Lepet

Lepet berasal dari kata “lepat” atau “luput” dalam Bahasa Jawa yang artinya kesalahan. Hidangan ini sering dibuat pada lebaran ketupat atau hari ke tujuh Idul Fitri. Makanan ini terbuat dari beras ketan dan kelapa parut yang dibungkus menggunakan daun kelapa lalu direbus.

Biasanya isi lepet ditambah dengan Kacang Tolo namun sekarang sudah dikreasikan dengan ditambah nangka atau pisang sesuai selera. Uniknya ada cerita di balik makanan ini.

BACA JUGA : 10 Kulineran Khas Kudus yang Unik dan Lezat, Nomor 4 Sih Kalian Belum Pernah Dengar

Orang yang lebih muda mengirimkan Lepet ini bersama Ketupat ke rumah keluarga yang lebih tua, misalnya ibu. Makanan ini digunakan sebagai simbol permintaan maaf maka disebut Lepet.

Nah, diatas tadi adalah 7 rekomendasi wisata terbaru 2024 kuliner yang ada di Kudus, jika kamu sedang singgah atau berlibur jangan sampai tida mencicipi kuliner khasnya yang sanagt unik dan maknyus itu yaa!!! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: