Wisata Terbaru 2024 Studio Alam Gamplong Yogyakarta? Tempat Syuting Film Bumi Manusia, Banyak View Klasik!

Wisata Terbaru 2024 Studio Alam Gamplong Yogyakarta? Tempat Syuting Film Bumi Manusia, Banyak View Klasik!

Studio Gamplong 2024--google

DISWAY JOGJA - Yogyakarta memang menyimpan banyak sekali wisata terbaru 2024, baik itu wisata alam maupun buatan. Salah satu wisata buatan yang tidak kalah menarik adalah Studio Alam Gamplong.

Studio Alam Gamplong ini merupakan wahana edukasi perfilman pertama yang ada di Indonesia loh. Terletak di Jl. Gamplong No.1, Sleman, yanng berjarak sekitar 19 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Meskipun jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, tetapi kalian lebih baik menggunakan kendaraan pribadi saja. Karena disana tidak ada akses angkutan umum yang dapat langsung menuju lokasi.

Cerita Dibalik Pembuatan Studio Alam Gamplong

Tempat wisata terbaru 2024 ini mendapat sebutan Mini Hollywood Indonesia karena sangat mengedepankan berbagai spot unik yang berkaitan dengan karakteristik jaman dulu. Dan tentunya tidak lepas dari setting tempat pada film Sultan Agung yang mengambil setting sekitar abad 16 dan 17.

BACA JUGA : 9 Wisata Yogyakarta Penuh Sejarah! Yuk Simak Destinasi Menariknya!

Sebagai pendiri Mustika Ratu dan cucu Keraton Yogyakarta, Mooryati Soedibyo meminta Hanung Bramantyo, sutradara ternama untuk membuat film sejarah tentang kepemimpinan Sultan Agung di zaman Mataram. Pembuatan film tersebut dengan tujuan memberikan pelajaran tentang pengembangan karakter dan kepemimpinan.

Awalnya tempat wisata terbaru 2024 ini adalah tanah kosong milik kas Desa Gamplong. Tanah ini menjadi pilihan untuk tempat syuting dalam proses pembuatan film “Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta” karya sutradara Hanung Bramantyo dan mulai dibangun sejak tahun 2017.

Karena mengambil setting abad ke 16 dan 17, saat itu Indonesia berada pada kekuasaan Belanda. Sehingga di Studio Alam Gamplong ini terdapat benteng Belanda, bangunan Cina, Joglo hingga nuansa betawi. Setelah proses syuting selesai, Mooryati Soedibyo menghibahkann syudio ini kepada pemerintah daerah setempat.

Selain film Sultan Agung, Studio Alam Gamplong ini juga pernah dijadikan lokasi tempat syuting film Bumi Manusia dan film Habibie Ainun. Kini Studio Alam Gamplong sudah dijadikan obyek wisata, disana kalian dapat foto dengan backgorund tempo dulu dan sudah tidak digunakan lagi untuk proses syuting film.

Spot Foto

Ketika kamu memasuki Studio Alam Gamplong ini kamu langsung merasakan atmosfir kolonial yang sangat kental. Kemudian saat kamu berada di dalam studionya, kamu akan disajikan dengan berbagai bangunan kuno yang masih berdiri kokoh.

BACA JUGA : 7 Destinasi Wisata Jogja, Cocok Dikunjungi buat Healing Bersama Teman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: