Taman Kota Lama Banyumas, Wisata Terbaru 2024! Tempatnya Estetik, Banyak Nilai Sejarahnya

Taman Kota Lama Banyumas, Wisata Terbaru 2024! Tempatnya Estetik, Banyak Nilai Sejarahnya

Wisata Kota Lama Banyumas--Youtube

Museum ini letaknya berada di komplek pusat pemerintahan Banyumas tempo dulu yang berlokasi di Kecamatan Banyumas yang berjarak 15 km arah timur dari kota Purwokerto.

Museum Wayang Sendang Mas yang merupaka wisata terbaru 2024 ini menyimpan koleksi berbagai macam wayang seperti wayang gagrag Banyumasan, Surakarta, Yogyakarta, pesisiran, wayang purwa, wayang beber,wayang kancil dan bermacam-macam  koleksi benda purbakala.

BACA JUGA : Menara Pandang Teratai Purwokerto, Wisata Terbaru 2024! Pesonanya Bak di Menara Eifel, Wajib Kamu Kunjungi!

3. Pendopo Duplikat Si Panji Banyumas

Sejak akhir tahun 2022, nama Pendopo Duplikat Si Panji Banyumas berganti nama menjadi Bale Adipati Mrapat. Pergantian nama ini dilakukan oleh Bupati Banyumas, Achmad Husen dan seniman Ahmad Tohari.

Kompleks Pendopo Duplikat Si Panji Banyumas ini pernah menjadi pusat administratif Kabupaten Banyumas pada tahun 1937. Perubahan siginifikan terjadi pada tahun 1936 oleh Bupati Banyumas ke-19 Sujiman Gandasubrata yang memindahkan Pendopo Si  Panji dari Kota Lama Banyumas ke Purwokerto.

4. Masjid Nur Sulaiman

Masjid yang  terletak di sebelah barat Alun-alun Kabupaten Banyumas dulunya dikenal dengan sebutan Masjid Agung Banyumas yang kemudian pada tahun 1992 berganti nama menjadi Masjid Agung Nur Sulaiman.

Masjid ini merupakan peninggalan Kyai Nur Sulaiman dari Gumelem. Masjid ini sudah berusia 400 tahun, adapun untuk arsitek yang membuat adalah Kyai Nurdaiman Demang dari Gumelem.

Itulah empat spot ikonik dari wisata terbaru banyumas 2024, Taman Kota Lama Banyumas, yang wajib kamu datangi bersama dengan keluarga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: