Hanya di Tegal! Ini Wisata Terbaru 2024 Terbaik, Cocok untuk Pelajar

Hanya di Tegal! Ini Wisata Terbaru 2024 Terbaik, Cocok untuk Pelajar

Museum Situs Semedo--Bacaekon.com

DISWAY JOGJA - Wisata di Indonesia tentu sangat beragam, apalagi di Tegal, Jawa Tengah. Wisata terbaru 2024 di Tegal bukan hanya untuk hiburan atau hanya bermain, melainkan juga ada loh berwisata sambil belajar, tapi sepertinya bisa juga untuk study tour.

Wisata terbaru 2024 yang cocok untuk pelajar, salah satunya Museum Situs Semedo khusunya di Tegal. Seperti yang kita ketahui jika ada kata ‘Museum’ tentu saja sambil belajar, namun kali ini dalam Museum Semedo kita belajar tentang sejarah.

Ada nggak sih kalian yang suka banget pelajaran sejarah? Namun pada umumnya hampir sebagian tidak pada suka, apalagi yang nggak suka membaca, hadeh jangan di tanya lagi. Sejarah sebenarnya menyenangkan kok Prenz, karena sejarah itu ibarat kayak novel, isinya cerita semua. Tapi, tidak jenuh dengan wisata terbaru 2024 bernuansa sejarah di Tegal kan?

Kita kalo dengerin orang cerita gitu pada seneng kan? Ibaratnya gitu tuh, kadang kalo mau belajar sejarah sebenarnya kita hanya perlu baca berulang-ulang, nggak perlu di hafal, karena sejarah itu ibarat kayak novel. Emang kamu pernah lihat orang suka novel tapi bacanya dengan metode di hafal? Nggak ada kan, yaudah.

Kalo semisal kamu nggak suka membaca, ya kamu bisa tuh belajar dengan cara menggunakan metode Auditorial, dimana dalam metode tersebut kita bisa belajar lewat video, seperti aplikasi youtube maupun yang lainnya.

"Museum Situs Semedo" terdapat di Desa Semedo, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Wisata terbaru 2024 berupa museum ini dibangun sekitar tahun 2015 yang pada waktu itu bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tegal. Kemudian diresmikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Oktober 2022.

Museum Situs Semedo ini didirikan untuk melestarikan kehidupan manusia purba, dengan harapan bisa memberikan edukasi serta nilai penting Semedo salah satu situs arkeologi kepada masyarakat Indonesia. Yuk simak, apa saja yang ada di wisata terbaru 2024 Museum Situs Semedo!

Dalam wisata terbaru 2024 Museum Situs Semedo ini terdapat himpunan artefak litik yang berupa alat batu masif dan non-masif, serta beragam fosil fauna seperti gajah purba dan gajah kerdil purba atau Stegodon endemik Semedo. 

Alat batu masif terdiri dari kapak penetak, kapak perimbas, kapak genggam, batu inti, dan batu pukul. Sedangkan alat batu non-masif berupa alat serpih, serpih, serut, dan gurdi. Sedangkan alat batu non masif terdiri dari alat serpih, serpih, serut dan gurdi.

Selain itu, ada juga beragam fosil fauna seperti Elephantidae atau gajah purba, Stegodon atau gajah kerdil purba, Gigantopithecus blacki atau kera raksasa, Mamalia Rhinocerotidae atau badak purba, Hippopotamidae atau kuda nil, Bovidae atau hewan berkuku belah, dan pemamah biak seperti Bison, Banteng, Kerbau, Domba dan lainnya.

Kemudian, ada juga fosil dari para hewan purba yang ditemukan berasal dari bagian anatomis, seperti tulang belakang, tengkorak, tulang paha, hingga tulang rusuk.

BACA JUGA : Museum Situs Semedo, Saksi Bisu Perjalanan Kehidupan Homo Erectus

Itulah beberapa yang ada di wisata terbaru 2024 Museum Situs Semedo, bagi kamu yang penasaran dan suka banget sama pelajaran sejarah, terutama tentang Manusia Purba, bisa banget untuk kunjungi Museum ini tepatnya di Tegal, Jawa Tengah. Selain itu, Museum ini juga sangat cocok digunakan untuk study tour, karena selain bisa belajar sejarah kitajuga bisa secara langsung melihat yang mereka temukan di desa Semedo di beberapa tahun sebelumnya.

Jadi, belajar sejarah menyenangkan bukan? Kita bisa tahu cerita-cerita di masa lalu dan ternyata sekeren itu dari yang sebelumnya kita bayangkan. Hal ini patut dihargai dan kita lestarikan setiap perkembangannya dengan berkunjung ke wisata terbaru 2024 di Tegal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: