Lawang Satus!! Wisata Terbaru 2024 Kota Tegal, Sepupu Lawang Sewu Semarang, Eksotik Buruan Cobain Deh

Lawang Satus!! Wisata Terbaru 2024 Kota Tegal, Sepupu Lawang Sewu Semarang, Eksotik Buruan Cobain Deh

Lawang Satus Wisata Terbaru 2024 Tegal--

DISWAY JOGJA - Kota Tegal terletak di provinsi Jawa Tengah yang secara geografis berada di Pantai Utara Jawa. Kota Tegal menyimpan banyak wisata terbaru 2024, salah satunya Lawang Satus.

Ezzt sabar, sebelum mimin eksplore lebih jauh tentang Lawang Satus. Mimin akan menjelaskan dulu tentang wisata terbaru 2024 Kota Tegal.

Kota tegal mempunyai banyak sebutan yang kita harus tau. Kota tegal dan Kabupaten Tegal secara administratif sudah berbeda wilayah dan kepala daerahnya. Termasuk, destinasi wisata terbaru 2024 jelas berbeda.

Salah satu sebutan Kota Tegal yaitu Kota Bahari. Kenapa disebut Kota Bahari ? sebutan kota Bahari sudah ada sejak 1950 an dan kini menjadi daerah wisata terbaru 2024.

Wilayah Kota Tegal berada di sekitar pesisir Laut Utara Jawa sehingga punya potensi wisata terbaru 2024 bernuansa bahari. Bukan hanya karena letaknya, namun karena mayoritas kehidupan masyarakat Kota Tegal tidak jauh dari sektor kelautan.

BACA JUGA : Daftar 5 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru 2024 Kopeng! Menarik dan Cocok Untuk Liburan Keluarga

Lawang Satus terletak pada pusat kota Tegal. Tepatnya berada di Jalan Pancasila, Kelurahan Panggung Kota Tegal.

Wisata Lawang Satus ini juga banyak yang mengatakan sepupu dari Lawang Sewu yang terletak di Semarang. Wisata terbaru 2024 ini memiliki banyak nilai sejarah dan historis. 

Lawang Satus merupakan sebutan bagi Gedung Semarang Cheriboon Strootram Maatschappij (SCS). Atau yang sering dikenal sebagai Gedung Birao. 

Gedung SCS ini memiliki hubungan yang erat dengan perkeretaapian pada masanya. Oleh karenanya destinasi wisata ini tidak terlalu jauh dari stasiun Tegal.

Gedung ini juga menjadi saksi sejarah dari masa Hindia Belanda. Pada tanggal 10 September 1945 bangunan ini digunakan sebagai tempat pengibaran bendera Merah Putih.

Sebagai bukti pergerakan warga lokal Kota Tegal memerangi penjajah yang menjajah pada saat itu. 

Atau bahkan bisa dibilang berada didepan stasiun. Hanya berjarak kurang lebih 50-100 meter dari stasiun Tegal.

BACA JUGA : Cek Disini! 5 Wisata Terbaru 2024 Jogja Wajib Dikunjungi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: